Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Membeli Saham Blue Bird

El Heze

Salah satu perusahaan Indonesia di sektor transportasi yang cukup ternama adalah perusahaan PT Blue Bird Tbk (BIRD). Saya yakin anda pasti mengetahui taksi blue bird yang cukup ternama di perusahaan sektor transportasi. 



Kita banyak menemukan tranportasi blue bird hampir di setiap kota. Hal ini menunjukkan bahwa PT Blue Bird Tbk memiliki ekspansi yang bagus dan brand image yang ternama di kalangan masyarakat. 

Blue Bird mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 5 November 2014. Artinya, sebagai masyarakat umum, anda memiliki kesempatan untuk menjadi investor perusahaan Blue Bird dengan cara membeli kepemilikan sahamnya di Bursa Efek.  

Lalu bagaimana cara membeli saham blue bird? Apakah membeli saham melalui perusahaannya langsung? Apakah harus melalui notaris dan lain2? Tentu tidak. Saat ini anda bisa membeli saham perusahaan dengan mudah hanya melalui software online trading. 

Anda bahkan bisa membeli saham hanya dari rumah. Berikut panduan cara membeli saham Blue Bird: 

1. Buka akun saham di kantor sekuritas / online 

Langkah pertama, anda harus membuka akun rekening saham di kantor sekuritas terdekat atau secara online. Hal ini karena membeli saham dilakukan melalui software online trading dari kantor sekuritas yang terhubung dengan perdagangan saham Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Namun anda juga bisa membuka akun saham secara online, melalui website resmi perusahaan sekuritas, jadi anda tidak perlu datang langsung ke kantor sekuritas. 

Untuk langkah-langkah membuka akun saham di kantor sekuritas maupun secara online, serta rekomendasi sekuritas yang bagus, bisa anda pelajari pada free ebook (33 halaman) berikut: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

2. Login ke software trading --> Trade --> Buy 


Anda bisa login ke software trading menggunakan username dan password yang sudah anda daftarkan, kemudian pilihlah menut trade --> buy (untuk beli saham).

3. Kemudian muncul tampilan order buy sebagai berikut

Cara Membeli Saham Blue Bird

Perhatikan nomor 1. Untuk bisa membeli saham Blue Bird, anda harus ketikkan kode sahamnya. Kode saham PT Blue Bird Tbk adalah: BIRD. Setlah itu, akan muncul tampilan order bid dan offer seperti yang anda lihat pada tanda persegi merah. 

Anda harus bisa membaca mekanisme perdagangan saham Bid dan Offer, karena sebagai dasar untuk memasukkan order beli. Kalau anda belum paham cara baca bid dan offer, anda bisa pelajari disini: 
Perhatikan nomor 2. Setelah itu, anda bisa memasukkan harga beli (Price) dan jumlah Lot (Lots) yang anda inginkan. Dalam perdagangan saham, harga 1 lot setara dengan 100 lembar saham. Minimal pembelian saham adalah 1 lot dan kelipatannya. 

Dan untuk melihat harga saham BIRD terkini, anda bisa melihatnya melalui harga best offer alias harga offer yang paling atas. Pada tampilan diatas, harga best offernya adalah Rp1.300. Tapi kalau anda ingin membeli harga lebih murah tetap bisa, namun anda harus antri. 

Katakanlah anda ingin membeli saham BIRD di harga Rp1.300 sebanyak  7 lot. Maka modal yang harus anda keluarkan untuk membeli saham BIRD adalah sebesar = Rp910.000 (Rp1.300 x  7 lot x 100 lembar). 

Jangan lupa untuk menghitung juga fee beli saham sekuritas. Fee beli biasanya hanya sekitar 0,15-0,18% dari nilai transaksi beli saham anda. Baca juga: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya.  

Perhatikan nomor 3. Setelah anda memasukkan order beli BIRD, anda bisa klik 'Buy' dan anda sudah dinyatakan memiliki saham Blue Bird. 

4. Analisis grafik saham Blue Bird 

Tujuan kita membeli saham adalah untuk dapat profit, yaitu membeli di harga rendah dan menjual di harga yang lebih tinggi. Jadi sebelum beli saham, anda harus melakukan analisis terlebih dahulu untuk memutuskan apakah saham yang akan anda beli harganya sudah bagus atau belum. 

Salah satu cara melakukan analisis saham adalah dengan melakukan analisis teknikal alias analisis grafiknya. Perhatikan grafik saham BIRD berikut: 

Saham Blue Bird

Ketika harga saham turun, anda bisa membelinya. Untuk melakukan lebih banyak kombinasi analisis teknikal, anda bisa mempelajari lebih banyak referensi analisis saham disini: Buku Saham Analisis Teknikal. 

Itulah panduan cara membeli saham Blue Bird. Semoga bermanfaat untuk anda. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.