Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

PER Saham yang Bagus

Pric Earning Ratio (PER) merupakan salah satu rasio keuangan untuk analisis fundamental, yang berguna buat menghitung valuasi saham sederhana. Dengan PER, anda bisa melihat apakah harga saham saat ini sudah murah atau masih mahal secara valuasi. 



PER banyak digunakan oleh para investor, serta analis saham. Kalau anda sering baca berita2 tentang ulasan saham, rasio PER sering dipakai, karena PER merupakan analisa rasio yang perhitungannya cukup mudah dan sederhana. 

Anda bisa pelajari cara menghitung dan interpretasi analisa PER disini: Analisis Fundamental Saham: Price Earning Ratio. 

Dengan PER, anda nggak perlu menggunakan metode2 rumit buat menghitung valuasi suatu saham. Karena PER merupakan analisa valuasi saham yang sering menjadi acuan para investor, seringkali kita menemukan pertanyaan2 tentang PER misalnya seperti berikut: 

"Berapa PER saham yang bagus buat investasi?"
"Pak, kalau PER saham A sekarang 7 kali, apakah sudah bagus?"
"PER yang bagus itu PER yang besar atau PER kecil?"  

Agar PER saham dapat dikatakan bagus, dan saham tersebut sudah layak investasi dari segi valuasi harga, berikut poin-poin penting yang menunjukkan PER saham yang bagus

1. PER yang bagus adalah PER yang murah 

Kalau anda diberikan pilihan: Beli saham yang PER-nya mahal atau beli saham yang PER-nya murah, maka PER saham yang murah lebih menguntungkan untuk investor. 

Memang bukan berarti PER saham yang sudah tinggi/ mahal, harga sahamnya nggak bisa naik lagi. Walaupun PER saham mahal, harga saham tetap bisa naik jika fundamentalnya bagus. 

Namun saham-saham yang valuasinya murah / terdiskon, memiliki peluang naik lebih cepat dibandingkan saham2 dengan PER mahal yang biasanya kenaikannya sudah mulai lambat atau cenderung stagnan. 

Karena di pasar saham, saham-saham yang murah dan diskon akan lebih banyak diincar, sehingga harganya relatif lebih cepat naik dan bisa menghasilkan profit lebih maksimal tentunya. 

Konsep ini sama ketika anda membeli barang di supermarket. Ketika ada barang2 yang sedang diskon, apalagi barang2 kebutuhan pokok, pasti barang2 diskon ini akan lebih banyak dibeli dan diserbu oleh pelanggan dibandingkan ketika tidak ada harga diskon. 

Tapi apa ukuran PER saham yang murah? Apakah PER 5 kali dikatakan murah? Apakah saham yang punya PER 7 kali berarti valuasinya sudah diskon? Untuk memahaminya, anda bisa lanjut ke poin berikutnya. 

2. PER murah dibandingkan sektor industri sejenis 

PER dikatakan murah apabila saham tersebut memiliki PER yang rendah dibandignkan RATA-RATA di SEKTOR INDUSTRINYA. 

Karena untuk melihat PER mahal atau murah, harus ada pembandingnya. Cara paling akurat untuk membandingkan PER mahal atau murah, yaitu dengan melihatnya dengan rata2 PER di industri sejenis. 

Katakanlah di sektor perbankan anda ingin menganalisa PER saham BBRI. PER BBRI sebesar 7 kali. Tetapi rata2 PER di sektor industri perbankan saat itu adalah 4 kali. Maka PER BBRI sebesar 7 kali dapat dikatakan relatif mahal. 

Anda bisa mempelajari analisa-analisa cara mencari PER murah dengan perbandingan industri sejenis pada pos-pos berikut: Cara Mengetahui Saham Undervalue dan Mencari Saham Undervalue Terkini. 

3. PER murah + fundamental bagus 

Walaupun PER suatu saham murah, belum tentu saham tersebut layak untuk dibeli. Saham dengan PER murah, belum tentu sahamnya diborong investor dan harganya pasti lebih mudah naik. 

Kalau anda ingin investasi dengan mencari saham yang PER-nya bagus, saran saya carilah saham2 yang PER-nya murah dan didukung juga dengan kinerja fundamental perusahaan yang bagus. 

Saham2 yang valuasinya murah dan fundamental bagus jauh lebih menarik, dibandingkan saham2 yang PER-nya murah tetapi kinerja fundamentalnya kurang menarik. 

Kalau anda perhatikan momen-momen saat IHSG pernah jatuh seperti tahun 2008, 2015, 2020 (saat Virus Corona), saham2 yang sudah turun, PER-nya murah dan fundamentalnya bagus seperti saham2 blue chip lebih mudah naik ketika market pulih. 

Jadi analisa valuasi saham seperti PER adalah analisa fundamental yang juga perlu dikombinasikan dengan analisis lainnya (kinerja keuangan perusahaan), untuk mengambil keputusan investasi di market.

Itulah cara menganalisa dan mengetahui PER saham yang bagus. Jadi PER yang baik adalah PER yang murah (dibandingkan sektor industri sejenis) plus memiliki kinerja fundamental yang baik juga. 

Rekan-rekan bisa pelajari full praktik menganalisa perusahaan2 bagus untuk investasi saham dan analisa2 valuasi saham lanjutan, analisa laporan keuangan untuk analisis fundamental saham disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.