Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

BBCA Lagi Turun Banyak, Menarik untuk Long Term

El Heze

Dengan turunnya mayoritas saham blue chip, maka ini adalah kesempatan / peluang emas bagi anda untuk koleksi saham-saham blue chip yang harganya sedang diskon besar. Salah satu saham blue chip yang worth it untuk hold jangka panjang adalah saham BBCA. Perhatikan chart BBCA berikut:


Grafik Saham BBCA

Saham BBCA sudah melemah sekitar 18% sejak 13 Maret 2024 sampai awal Juni dari harga 10.400 hingga 8.775. Jika digambar garis tren (lihat dua garis biru), maka terdapat penurunan tren  hingga menembus kebawah Moving Average 200 (garis kuning). 

Ini menunjukkan bahwa BBCA sudah berada dalam fase tren turun. BBCA tertahan pada harga support kuat-nya di 8.750-8.800 (lihat tanda persegi biru).

Tren BBCA mulai menarik setelah koreksi besar, karena bisa anda lihat ada technical rebound di support kuat disertai volume yang sangat besar. Ini menunjukkan bahwa ada rejection bearish continuation pada support kuat, dengan volume besar yang menandakan potensi pembalikan arah ke bullish.

Secara historis, ketika saham BBCA sudah turun diatas 15% hingga 20%, maka BBCA ada potensi untuk berbalik arah menjadi tren bullish. Dan saat ini BBCA sudah turun sekitar 18% dari harga tertingginya sebelum jatuh. Jadi ini adalah peluang yang menarik untuk koleksi BBCA. 

REKOMENDASI SAHAM BBCA

Support 9.050-9.300 adalah support ideal BBCA saat ini, yaitu support kuat kedua BBCA dan support di MA200-nya. Anda bisa koleksi di area support-support tersebut (perhatikan kedua garis merah horizontal diatas). 

Dalam jangka menengah, ada potensi untuk kembali ke level 9.800, dan jika berhasil menembus kembali resisten 10.000, ada potensi menuju ke 10.300-10.400 (perhatikan garis horizontal hijau).

Sentimen positif tambahan: Dengan di suspensi-nya saham BREN beberapa waktu lalu, dan BREN mulai masuk papan pemantauan khusus, ini menjadi kesempatan para pelaku pasar untuk kembali mengoleksi saham-saham big caps berfundamental bagus di harga murah seperti BBCA. 

Hal ini juga menjadi sentimen positif untuk saham-saham big bank lainnya seperti BBRI, BMRI dan BBNI, mengingat harganya saat ini sudah terdiskon cukup besar. 

BBCA bagus untuk long term, dan masih berpotensi untuk kembali naik diatas level 10.000.

Setiap analisa di pos ini, bukan merupakan ajakan beli / pom-pom. Setiap analisa harus anda sesuaikan dengan strategi dan trading plan masing-masing. Salam profit.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.