Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

MEDC Uptrend, Peluang Profit Masih Terbuka Lebar

El Heze

Saham MEDC membentuk posisi strong uptrend sejak bulan Desember 2023. Sempat mengalami koreksi minor pada awal 2024, namun berhasil melanjutkan kenaikan tren (pada Februari 2024) dan menembus resisten psikologis 1.300. Perhatikan chart MEDC berikut: 



Analisa Teknikal Saham MEDC

Perhatikan tanda panah biru pertama. Itu ada titik di mana MEDC berbalik arah menjadi strong uptrend yang terjadi pada Februari 2024. Kemduan setelah menyentuh harga tertinggi di 1.630, terjadi koreksi cukup drastis, sehingga secondary trend MEDC berubah menjadi downtrend. 

Perhatikan tanda panah biru kedua. Penurunan MEDC terhenti disitu, pada harga 1.230 (5 Maret). Setelah itu, MEDC kembali bergerak naik dengan volume sedang, sehingga major trend MEDC tetap berada dalam posisi uptrend. 

Kalau kita tarik dengan trendline sejajar, maka support dan resisten MEDC sejajar naik dengan trendline-nya (perhatikan dua garis trendle warna biru diatas). Setelah reversal dari support 1.230, MEDC berhasil naik diatas tren Moving Average 200 (MA200). 

Dan pada trendline garis merah, kalau kita tarik sejajar dari support reversalnya, MEDC juga membentuk tren naik. 

REKOMENDASI SAHAM MEDC 

Peluang naik saham MEDC masih terbuka lebar, karena secara tren membentuk strong uptrending, dan MEDC sudah dua kali mengalami koreksi yang cukup tajam, namun berhasil dibuktikan dengan kembalinya MEDC ke jalur uptrend lagi. 

Ini menunjukkan bahwa masih terjadi minat bullish yang besar di saham MEDC. Untuk yang ingin buy on weakness, anda bisa pertimbangkan beli MEDC pada support 1.380-1.400 (Lihat tanda persegi). Harga tersebut adalah harga trendlinenya (garis merah) jika kita tarik garis tren. 

Resisten terdekat MEDC akan menguji terlebih dahulu pada harga resisten psikologis 1.500. Jika berhasil breakout 1.500, maka MEDC berpotensi kembali jalur resisten 1.550-1.610, dan ada kemungkinan untuk kembali breakout dari 1.630. 

Tipe saham MEDC ini cocok untuk swing trading. Analisa tambahan: Seberapa kuat MEDC berada di jalur uptrend akan tergantung juga dari beberapa sentimen seperti laporan keuangan kuartal 2 (biasanya terbit bulan Juli), dan sentimen harga minyak dunia. Jadi anda juga harus mencermati sentimen-sentimen yang ada di sektor ini. 

Setiap analisa di pos Saham Gain ini, perlu rekan-rekan lakukan analisa pribadi, dan sesuaikan dengan trading plan masing-masing trader. Salam profit.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.