Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

8 Saham Bagus yang Bisa Dibeli dengan Modal Rp100 Ribu

El Heze
Trading saham bisa dilakukan dengan modal kecil. Saat ini banyak trader saham yang ingin memulai beli saham pakai modal kecil-kecilan yang bisa dimulai dari Rp100 ribu untuk trading saham. 




Saya sering dapat pertanyaan dari rekan-rekan trader trader: "Bung Heze saham apa saja yang bisa dibeli pakai modal Rp100 ribu. Apa ada referensinya?"

Maka dari itu, saya ingin menjawab pertanyaan rekan-rekan trader melalui pos ini. Berdasarkan pengalaman trading saya, ada 8 saham bagus yang sudah bisa anda dapatkan hanya dengan modal Rp100 ribu. 

Catatan: Saham bagus yang kita bahas disini mengacu pada pergerakannya secara ANALISA TEKNIKAL (chart, likuiditas), bukan secara fundamental (valuasi dan lain2). Berikut 8 saham yang bisa anda beli dengan modal Rp100 ribu: 

1. ANTM 

Saham ANTM
PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM) merupakan saham yang "langganan" di saham LQ45. Artinya, ANTM memiliki likuiditas harga saham yang cukup bagus, sehingga sahamnya bisa anda pertimbangkan untuk trading. Harga saham ANTM di kisaran Rp600 per saham. 

Dengan modal Rp100 ribu, anda bisa memiliki saham ANTM sebanyak 1 lot (sudah ditambah dengan fee beli). Pada chart ANTM diatas, anda bisa melihat support-support maupun resisten yang jelas (tanda panah). 

Selain itu, volume saham ANTM juga relatif stabil (tanda persegi) dan sahamnya memiliki pola fluktuatif. Untuk anda yang mencari saham murah secara nominal, ANTM merupakan salah satu saham yang teknikalnya cukup bagus. 

2. PWON 

Saham PWON
PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) berada di kisaran harga 400-600. Dengan modal Rp100 ribu, anda bisa dapat 1-2 lot saham PWON. Sama seperti ANTM, saham PWON ini juga hampir setiap periode konsisten masuk di saham LQ45. 

PWON juga memiliki likuiditas yang bagus dan pergerakan chartnya cukup teratur. Ada titik-titik support, resisten. Titik-titik rebound dan koreksi harga saham yang cukup jelas, sehingga relatif memudahkan trader untuk menganalisa sahamnya.  

3. CTRA

Saham CTRA
Saham PT Ciputra Development Tbk (CTRA) berada di kisaran harga 600-700. CTRA sektornya sama dengan PWON yaitu sektor properti. Dengan modal Rp100 ribu, anda bisa mendapatkan saham CTRA sebanyak 1 lot. Sama seperti PWON dan ANTM, CTRA cukup konsisten masuk di indeks saham LQ45 dan chart CTRA juga memiliki pola support resisten yang bisa anda analisa. 

4. Saham BJTM  

Saham BJTM
Saham PT Bank Jatim Tbk (BJTM) berada di kisaran harga Rp500-600. Dengan modal Rp100 ribu, anda bisa memiliki BJTM sebanyak 1 lot. Walaupun BJTM tidak se-likuid PWON, CTRA, ANTM, (volumenya tipis) namun BJTM masih memiliki pola-pola rebound dan koreksi yang bisa menjadi acuan trading.

Anda bisa lihat tanda panah pada saham BJTM, di mana BJTM ada pola koreksi dan rebound. Demikian juga pada tanda persegi, ada pola2 rebound setelah harganya turun / sideways. 

Saham BJTM juga identik dengan dividend trap. Jadi ada baiknya anda juga harus waspadai dividend trap di saham ini. Baca juga: Ciri-ciri Dividend Trap Saham. 

5. Saham BRIS

Saham BRIS
Saham PT Bank Rakyat Indonesia Syariah Tbk (BRIS) juga memiliki pola teknikal cukup fluktuatif, walaupun saham BRIS ini terkadang juga sideways. Harga saham BRIS di kisaran 300-350. Dengan modal Rp100 ribu, anda bisa memiliki 3 lot saham BRIS. 

6. Saham ELSA 

Saham ELSA
Saham PT Elnusa Tbk (ELSA) pergerakannya cukup likuid. Pada chart ELSA diatas terdapat titik-titik support kuat (tanda persegi) yang bisa menjadi acuan trading. Sama seperti pola saham2 diatas lainnya, anda bisa lihat chart ELSA memiliki fluktuatif yang bisa menjadi acuan trading. 

Harga saham ELSA di kisaran Rp230-240. Dengan modal Rp100 ribu, anda bisa memiliki 4 lot saham ELSA. ELSA merupakan perusahaan produk komoditas bidang minyak dan gas bumi, sehingga pergerakan sahamnya cukup sensitif terhadap tren harga minyak dunia. 

7. Saham WSBP 

Saham WSBP
Saham PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) bisa anda pertimbangkan untuk trading dengan modal kecil. Harga saham WSBP di kisaran Rp200-220. Dengan modal Rp100 ribu, anda bisa memiliki saham WSBP sebanyak 4 lot. 

Pola chart WSBP diatas menunjukkan pola-pola candle yang cukup rapi. Sehingga anda bisa menggunakan analisa teknikal tersebut untuk melihat titik-titik harga support resisten, sebagai dasar trading. 

8. Saham CLEO 

Saham CLEO
Saham PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) sahamnya relatif sideways, tapi masih memiliki likuiditas yang cukup bagus dan titik-titik support-nya juga cukup jelas (garis horizontal misalnya sebagai acuan support terdekat). Sehingga, CLEO bisa anda pertimbangkan untuk trading. 

Harga saham CLEO di kisaran Rp465. Dengan modal Rp100 ribu, anda bisa mendapatkan CLEO sebanyak 2 lot. 

Itulah daftar 8 saham bagus yang bisa anda beli dengan modal Rp100 ribu. Kalau kita rangkum, dengan modal Rp100 ribu, anda bisa dapat sekitar 1-4 lot dari saham tersebut. Berikut rangkuman tabelnya:    

Beli saham modal 100 ribu
Pada tabel diatas, hitungan yang saya masukkan sudah ditambah dengan fee beli. Saya pakai contoh fee beli 0,17%. Sebagai contoh, jika anda beli saham PWON dengan modal Rp100 ribu di harga 420, maka perhitungannya: Rp420 x 2 lot x 100 lembar saham (ditambah fee beli) = Rp84.143 (modal yang harus anda keluarkan untuk dapat saham PWON). 

Anda mungkin bertanya: "Pak Heze kok cuma 8 saham? Kan saham murah banyak banget, yang bisa kita beli pakai modal kecil."

Sesuai judul pos ini, saham yang kita ulas disini adalah SAHAM BAGUS (secara teknikal). Ya sebenarnya banyak sekali saham yang bisa anda tradingkan dengan modal Rp100 ribu. Saham2 yang harganya Rp50, Rp60 per saham sangat banyak, jumlahnya ada ratusan. 

Namun saham2 tersebut memiliki pola chart yang jelek, sahamnya mayoritas tidak likuid, bahkan tidak sedikit yang jadi saham tidur. Jadi, kalau anda ingin memilih saham yang bisa dibeli dengan modal kecil, anda juga harus selektif dan menganalisa. 

Jangan asal membeli saham hanya karena harganya murah. Harus saya akui, memang tidak banyak saham murah yang teknikalnya bagus dan risikonya kecil. 

Jadi kalau anda ingin punya pilihan saham yang lebih banyak buat trading, saran saya anda juga harus menambah modal trading. Modal trading ideal untuk trader pemula adalah Rp1-3 juta. Anda bisa pelajari ulasannya disini: Modal Ideal Trading Saham. 

Dengan modal trading ideal ini, selain 8 saham bagus yang bisa anda pilih, anda juga bisa menambah daftar pilihan saham murah yang berkualitas lainnya terutama yang ada di indeks LQ45. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.