Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Tools Analisa Teknikal Saham

Analisa teknikal memiliki banyak variasi analisis dan tool yang bisa anda gunakan. Dengan beragam variasi analisis teknikal, anda harus mengetahui tool-tool apa saja yang digunakan dalam analisa grafik. 

  

Banyak trader saham pemula yang masih bingung bagaimana cara menggunakan tool analisa teknikal saham. Maka dari itu, di pos ini, kita akan bahas alat-alat analisa teknikal umum apa saja yang bisa digunakan untuk analisa saham-saham spesifik. 

[Pelajari juga kombinasi analisis teknikal simpel untuk mencari saham-saham yang bagus yang berpotensi naik disini:  Ebook Saham Full Praktik Analisis Teknikal.]

Karena tanpa memahami tool-tool penting buat analisa teknikal, anda tidak akan bisa melakukan analisa grafik dengan efektif. Oke, apa saja tool-tool umum untuk analisa chart? Berikut tool analisa teknikal saham yang bisa anda gunakan: 

1. Garis horizontal manual 

Garis horizontal adalah garis manual yang anda tentukan sendiri untuk melakukan analisis support resisten saham. Garis horizontal sudah tersedia pada setiap software saham. 

Anda tinggal menggunakannya saja untuk kepentingan analisa grafik. Seperti ini contoh penggunaan garis horizontal manual di grafik saham. 

Tool Analisa Teknikal Saham

Perhatikan yang saya beri tanda panah. Yap, itulah yang dinamakan garis horizontal, di mana kita menentukan sendiri level titik support resisten suatu saham untuk menentukan titik harga yang bagus buat trading saham. 

Tool garis horizontal ini sangat penting, karena anda bisa melihat lebih jelas titik-titik harga yang bagus untuk menentukan pada harga berapa anda sebaiknya membeli atau akumulasi saham.

Namun garis horizontal ini memiliki 'kelemahan', karena sifatnya yang subjektif. Anda bebas menenetukan titik support resisten tanpa ada patokan yang baku, sehingga tidak sedikit trader yang bingung cara efektif menentukan support resisten dengan garis horizontal. 

Oleh karena itu, agar anda bisa menggunakan garis horizontal secara efektif untuk analisa chart, anda bisa pelajari cara-cara menentukan support resisten dengan garis horizontal disini: 
Pelajari juga analisa support resisten simpel untuk menemukan saham yang akan naik disini: Menemukan Saham Naik dengan Variasi Support Resisten. 

2. Garis tren (trendline) 

Garis tren merupakan tool pada yang analisa teknikal yang berguna untuk menentukan garis 'batas' trend suatu saham. Garis tren sebenarnya juga merupakan garis manual yang anda tentukan sendiri untuk melihat area support resisten jangka menengah pada grafik. 

Garis tren dilakukan dengan menempatkan tren searah pada support resisten saham. Perhatikan contoh garis tren pada chart berikut:  

Garis tren

Garis tren dapat digunakan untuk melihat titik-titik krusial dalam tren saham. Sebagai contoh, perhatikan tanda-tanda lingkaran. Ketika harga saham bertahan di garis trennya, maka saham bisa rebound. 

Demikian juga ketika saham sudah mulai naik dan menyentuh garis tren di resisten puncak (lihat tanda2 persegi), maka harga saham akan turun / koreksi.  

3. Indikator saham 

Indikator saham yaitu analisa yang digunakan untuk melihat sinyal beli dan jual, serta sebagai alat bantu trader dalam menentukan tren, support resisten saham, melihat 'kekuatan' pasar. 

Ada banyak contoh indikator saham. Kita juga sudah pernah bahas disini: Analisis Teknikal: Indikator Leading Vs Indikator Lagging. Perhatikan contoh indikator2 saham berikut: 

Indikator saham

Indikator saham contohnya seperti Moving Average (tanda panah) atau Volume (persegi) dapat memberikan anda banyak informasi untuk melihat sinyal saham guna mengambil keputusan trading. 

4. Fibonacci 

Tool analisa teknikal saham yang cukup populer adalah garis Fibonacci. Fibonacci dapat memberikan petunjuk pada trader mengenai titik support resisten saham, titik reversal potensial dari chart suatu saham. 

Mengenai Fibonacci, tidak akan kita bahas di pos ini, karena kita sudah mengulasnya pada pos-pos berikut: 
Beberapa tool analisa teknikal saham ini perlu anda pahami dan kuasai untuk trading. Sebagai tambahan praktik trading analisis teknikal, anda bisa pelajari strategi dan full praktik analisa teknikal untuk memilih saham2 yang potensial disini: Buku Saham Full Praktik Trading. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.