Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Praktik Cara Menggunakan Fibonacci Retracement - Part II

Baca Part I: Praktik Cara Menggunakan Fibonacci Retracement - Part I.  Oke sekarang saya akan memaparkan bagaimana cara menentukan highest swing dan highest low untuk menentukan titik fibonacci retracement yang akurat. Saya akan menggunakan chart saham uptrend, yaitu NIKL. Perhatikan chart NIKL dibawah ini.



Chart NIKL tampak membentuk uptrend, sehingga garis fibo ditarik dari titik tertinggi (highest swing) ke titik terendah (lowest swing). Pertanyaannya, yang mana titik tertinggi dan titik terendah? Titik tertinggi adalah titik harga yang paling tinggi dalam chart.

Kalau anda menemukan ada upper shadow yang tertinggi di chart, maka itulah highest swingnya. Ingat, upper shadow maupun lower shadow juga dipertimbangkan dalam menentukan penarikan garis fibo, bukan hanya body candle. 

Pada contoh NIKL diatas juga terlihat bahwa terdapat upper shadow pada titik tertinggi, sehingga itulah titik tertingginya. Sehingga, titik tertinggi dalam chart adalah yang saya beri tanda lingkaran diatas. Dan titik terendah dalam chart adalah yang saya beri tanda lingkaran di bawah.

Kalau ditarik garis fibonacci retracement, maka akan menjadi seperti ini:



Kalau saya panjangkan lagi time framenya menjadi 18 bulan, maka tampak level-level fibonacci retracement:



LEVEL PENTING FIBONACCI RETRACEMENT

Sekarang anda bisa melihat titik-titik dalam level garis fibonacci. Terdapat level-level tertentu. Level-level dalam fibo sendiri dibagi menjadi persentase sebagai berikut: 

- 0%
- 23,6%
- 38,2%
-50,0%
- 61,8%
- 76,4%
- 100%
- 123,6%
- 138,2%
- 150,0%
- 161,8%

Beberapa trader menggunakan acuan level 38,2% dan 61,8% sebagai titik yang penting dan krusial. Namun dalam praktikknya, semua level2 tersebut sesungguhnya lebih menunjukkan titik2 support dan resisten terdekat yang akan tersentuh. Semua level memiliki peran pentingnya sendiri2. Sudah paham sampai disini? 

Lalu, bagaimana cara membaca dan mengaplikasikan fibonacci retracement pada saham uptrend dan saham downtrend menggunakan level2 tersebut? Ingin tahu analisisnya? Baca part selanjutnya: Praktik Cara Menggunakan Fibonacci Retracement - Part III.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.