Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Khusus Menentukan Support dan Resisten Saham

Analisis teknikal yang sangat berperan penting dalam pengambilan keputusan trading adalah analisis support dan resisten. Tentang dasar-dasar support resisten, bisa anda baca disini: Makna Penting Garis Support dan Resisten Part IMakna Penting Garis Support dan Resisten Part II, dan Makna Penting Garis Support dan Resisten Part III. 

Sederhananya, support dan resisten itu adalah sebuah garis yang digunakan untuk menentukan batas bawah (support) dan batas atas (resisten) harga saham. Tujuannya adalah untuk menentukan titik-titik penting harga saham, di mana harga saham tersebut berpotensi untuk naik dan turun dalam batas garis tertentu. 

Tentunya, menentukan support dan resisten ini sangatlah penting. Jadi, meskipun anda sudah tahu indikator ini dan itu, namun kalau anda tidak paham support-resisten, maka analisis anda masih jauh dari kata komplit. 

Terkait support-resisten ini, saya juga banyak membahas strategi-strateginya di kedua ebook yang saya terbitkan di web Saham Gain ini: Ebook Saham. Saya sering sekali mendapat pertanyaan maupun diskusi dari rekan2 soal support-resisten.. Beberapa diskusi yang sering saya jumpai kira-kira seperti ini: 

"Pak Heze, apakah ada cara khusus untuk menentukan garis support-resisten"

"Apakah dibutuhkan software khusus untuk membuat garis support-resisten?"

"Bung Heze, di software saya kok nggak ada support-resisten ya? Gimana caranya memunculkan garis support-resisten?"

"Pak Heze, ajarin donk cara bikin garis support-resisten yang akurat"

Terkait menentukan garis support-resisten, anda harus memahami 2 poin penting cara menggunakan garis support-resisten: 

1. Support resisten sifatnya sangat subjektif

Sama seperti penggunaan analisis teknikal lain, cara membaca garis support resisten itu sangatlah subjektif. Setiap orang bisa punya interpretasi yang berbeda satu sama lain. 

Katakanlah saham BJBR sekarang harganya 2.000. Anton bisa saja menilai support terdekat BJBR ada di 1.950 dan resisten 2.100. Sedangkan, Yoyo bisa saja menilai garis support ada di 1.800 dan garis resisten di 2.200. 

Mana yang lebih benar? Tentu saja tidak ada. Setiap orang akan memiliki cara sendiri dalam menentukan support-resisten. Artinya, tidak ada ukuran yang pasti bagaimana cara menentukan support resisten yang paling ideal.

Selain itu, penentuan titik support-resisten bisa juga dipengaruhi time frame trading setiap orang. Anda yang punya time frame trading rendah, biasanya akan menenetukan titik support-resiten yang lebih dekat, sebaliknya jika trader dengan time frame lebih panjang.  

2. Support resisten adalah garis manual 

Garis support resisten adalah garis manual bukan indikator. Artinya, kalau anda mau menentukan garis support-resisten, anda harus menarik garis horizontal sendiri. Garis horizontal ada di setiap software saham, anda tarik-tarik garis di grafiknya. Mudah kan? Support resisten termasuk dalam analisa teknikal klasik. Baca juga: Analisis Teknikal Klasik Vs Teknikal Modern

Sedangkan indikator (seperti MA, stochastic dan lain2) sudah tersedia garis-garisnya ketika anda menggunakannya. Anda mungkin hanya perlu menentukan time framenya. 

Support resisten sebenarnya bisa menggunakan garis bantu, yang biasa kita sebut sebagai gari Fibonacci. Anda bisa baca-baca lagi ulasannya disini: Praktik Cara Menggunakan Fibonacci Retracement - Part IPraktik Cara Menggunakan Fibonacci Retracement - Part II, dan Praktik Cara Menggunakan Fibonacci Retracement - Part III.      

Namun, cara membaca support-resisten tetaplah subjektif, dan meskipun anda bisa menggunakan Fibo, anda tetap harus mampu menggunakan analisis support-resisten manual, karena support-resisten ini bisa menjadi dasar analisa yang baik, yang dikombinasikan dengan analisa2 lainnya, seperti chart pattern. 

Dari poin-poin yang saya jelaskan diatas, kita sudah bisa menyimpulkan jawabannya: Tidak ada cara khusus menentukanGaris support dan resisten, anda tidak memerlukan software khusus untuk menentukan support-resisten, garis support-resisten adalah anda sendiri yang menentukan, dan tidak ada cara paling benar menentukan support-resisten.

Dalam trading, anda harus menguasai analisis support-resisten ini, dan sekali lagi, anda sendirilah yang harus menentukan level2 support-resisten harga saham dengan cara tarik menarik garis... 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.