Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Belajar Analisis Laporan Keuangan

Investasi saham jangka panjang ibarat anda 'membeli perusahaan'. Maka dari itu, anda harus memahami dengan baik seperti apa kinerja perusahaan yang ingin anda investasikan sahamnya. 



Salah satu kinerja perusahaan bisa anda pelajari dan ketahui dari LAPORAN KEUANGAN-nya. Di situs idx.co.id, anda bisa download data laporan keuangan perusahaan sebagai dasar untuk belajar analisis laporan keuangan. Baca juga: Cara Mendapatkan Laporan Keuangan Perusahaan. 

Laporan keuangan dapat memberikan informasi-informasi penting mengenai pencapaian kinerja perusahaan selama periode waktu tertentu. Laporan keuangan yang bagus menunjukkan bahwa perusahaan bisa memaksimalkan sumber daya dan operasionalnya untuk mendapatkan profit. 

Semakin bagus kinerja perusahaan, investor akan lebih percaya untuk membeli saham perusahaan. Brand image yang bagus juga membuat trader lebih tertarik mentradingkan sahamnya, sehingga harga sahamnya akan naik dalam jangka panjang. Ada beberapa hal penting yang bisa anda dapatkan dari informasi di laporan keuangan: 

- Kesehatan kinerja perusahaan secara kuantitatif
- Rasio utang yang sehat
- Kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba
- Kemampuan kinerja perusahaan dalam jangka panjang
- Keunggulan perusahaan dibandingkan sektor sejenis 
- Kesehatan kas perusahaan
- Dan masih banyak lainnya. 

[Di web Saham Gain ini, anda yang ingin mempelajari analisa-analisa dan cara lengkap membaca laporan keuangan mulai basic, sampai ke analisa laporan keuangan untuk praktik memilih saham buat investasi, anda bisa dapatkan dan pelajari disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert.] 

Laporan keuangan sendiri (khususnya perusahaan go public), terdiri dari 5 komponen utama: 

1. Laporan neraca / posisi keuangan
2. Laporan laba rugi komprehensif
3. Laporan ekuitas / perubahan modal 
4. Laporan arus kas 
5. Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) 

Laporan neraca menggambarkan posisi dan komposisi aset, utang serta ekuitas (modal sendiri). Dari laporan neraca ini, anda bisa mengetahui apakah perusahaan memiliki size (aset) yang besar dan unggul dibandingkan sektor industri sejenis. 

Anda juga bisa melihat apakah aset-aset perusahaan dapat didayagunakan dengan maksimal untuk menghasilkan keuntungan. Hal ini bisa dilihat melalui analisa rasio keuangan yaitu membandingkan total aset / laba bersih atau Return on Asset (ROA). 

Laporan neraca juga memuat komposisi besarnya utang dan ekuitas yang dimiliki perusahaan, sehingga dari informasi ini anda bisa melihat apakah perusahaan memiliki tingkat utang yang wajar (dibandingkan ekuitasnya), apakah perusahaan bisa mengelola struktur utang dengan baik? 

Karena utang yang besar dapat berakibat buruk bagi perusahaan, dan meningkatkan risiko gagal bayar. 


Laporan keuangan neraca (aset, utang, ekuitas). Klik gambar untuk memperbesar

Laporan laba rugi memberikan informasi mengenai pendapatan, beban dan biaya yang dikeluarkan perusahaan serta laba bersih yang berhasil diraih dalam periode tertentu. 

Laba bersih adalah HASIL AKHIR kinerja perusahaan, karena perusahaan yang berhasil mencetak laba bersih yang besar, stabil, konsisten / meningkat, menunjukkan bahwa perusahaan lebih memiliki ketahanan operasional jangka panjang yang baik. 

Investor saham biasanya menggunakan laporan laba rugi sebagai dasar utama untuk menilai kinerja perusahaan, dan kemampuan perusahaan dalam mengifisiensikan biaya. 

Terutama investor2 saham di Indonesia yang masih sering menggunakan analisa bottom line alias laba bersih, untuk melihat apakah perusahaan layak diinvestasikan jangka panjang atau tidak. 

Laporan laba rugi Indofood CBP. Klik gambar untuk memperbesar 

Laporan perubahan ekuitas memberikan informasi mengenai perubahan naik turunnya ekuitas / modal perusahaan. Komponen perubahan ekuitas pada perusahaan go public umumnya terdiri dari rumus berikut: Laporan ekuitas awal tahun + laba bersih - dividen (jika perusahaan membayar dividen). 

Artinya, kalau perusahaan bisa memperoleh kenaikan laba bersih, hal ini juga akan mempengaruhi peningkatan ekuitas. Meningkatnya ekuitas semakin bagus untuk fundamental perusahaan, karena ekuitas dapat digunakan untuk menunjang operasional emiten. Baca juga: Analisis Fundamental: Ekuitas Negatif.   

Laporan ekuitas (klik gambar untuk memperbesar)

Laporan arus kas memberikan informasi tentang berapa arus kas masuk dan keluar perusahaan. Kas adalah aset yang paling likuid. Oleh karena itu, perusahaan yang sehat adalah perusahaan yang mampu mengelola arus kas-nya dengan baik. Baca juga: Analisis Fundamental: Laporan Arus Kas & Net Cash Flow. 

Laporan arus kas (klik gambar untuk memperbesar)

CALK adalah informasi yang terletak dibawah laporan keuangan perusahaan. CALK berisi informasi dan penjelasan darimana angka-angka pada laporan keungan diperoleh. 

Jadi kalau anda ingin mengetahui darimana saja angka2 di laporan laba rugi, neraca diperoleh, anda bisa melihatnya melalui CALK tersebut. Baca juga: Pengertian dan Contoh Catatan Atas Laporan Keuangan. 

Analisis laporan keuangan bisa dikombinasikan dengan analisis rasio keuangan. Analisa rasio keuangan juga merupakan bagian dari analisa laporan keuangan untuk membandingkan pos-pos kinerja keuangan perusahaan. 

Rekan-rekan yang ingin mempelajari analisis laporan keuangan lengkap, mulai dari cara membaca laporan keuangan, hingga analisa laporan keuangan untuk memilih saham, anda disarankan untuk mempelajari praktik2 analisis fundamental disini: Ebook Analisis Fundanental Saham.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.