Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mendapatkan Laporan Keuangan Perusahaan

Jika Anda bercita-cita menjadi seorang investor (fundamentalist), maka Anda harus mampu membaca laporan keuangan perusahaan. Namun, masalahnya sebelum membaca laporan keuangan Anda harus mampu mendapatkan laporan keuangan perusahaan yang relevan. Mungkin masih banyak dari Anda yang belum paham cara mencari laporan keuangan perusahaan, baik Anda yang berniat untuk menjadi calon investor, ataupun Anda yang hnya sekedar ingin mencari laporan keuangan untuk kebutuhan lainnya.

Dimanakah Anda bisa mendapat laporan keuangan perusahaan?

Anda bisa mendpatkan laporan keuangan di situs www.idx.co.id. Cara mencari laporan keuangan melalui situs www.idx.co.id adalah sebagai berikut.

Pertama. Buka website www.idx.co.id , maka akan muncul menu home dari situs IDX. 

Kedua. Untuk download laporan keuangan, pada bagian kiri halaman web, silahkan klik Perusahaan Tercatat --> Laporan Keuangan & Tahunan. Perhatikan gambar dibawah. 
















Ketiga. Setelah Anda klik Laporan Keuangan & Tahunan, akan muncul menu seperti gambar dibawah.



Perhatikan gambar diatas. Jika Anda ingin download laporan keuangan, silahkan pilih Laporan Keuangan. Kemudian masukkan kode perusahaan, tahun yang Anda inginkan, dan Perioda (Triwulan I, Triwulan II, Triwulan III, Audit, atau Unaudit).

Keempat. Setelah Anda mencari kode perusahaan yang Anda inginkan, beserta tahun yang Andacari dan perioda yang Anda cari, silahkan klik: Cari. 

Maka Anda akan menemukan Lampiran laporan keuangan perusahaan dalam bentuk PDF. Klik PDF tersebut. Itulah laporan keuangan perusahaan Tbk resmi yang di-publish melalui Bursa Efek Indonesia (BEI).

Catatan: Pada situs IDX, Anda bisa menemukan laporan keuangan perusahaan selama 10 tahun kebelakang. Jadi, jika sekarang tahun 2016, maka Anda bisa mencari laporan keuangan perusahaan mulai tahun 2007-2016. Jika Anda mencari laporan keuangan perusahaan, Anda hanya memasukkan kode saham perusahaan, bukan nama lengkap perusahaan. Jika Anda belum haal kode saham perusahaan, silahkan mencari di Idsaham, atau Saham OK atau Britama

2 komentar:

  1. jika mencari tanggal submit laporan keuangan 2013-2015 ke BAPEPAM, caranya bagaimana ya? (hehe...maklum newbie:D)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Maraya,

      Kalau mencari tanggal submit laporan keuangan di IDX tidak bisa. Yang bisa hanya mencari laporan keuangan per kuartal, atau tahunan saja.

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.