Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Memilih Saham Terbaik untuk Trading & Investasi

Pada saat anda memutuskan trading maupun investasi saham, anda akan dihadapkan pada ratusan jumlah saham di Bursa Efek. Semua saham yang sedang diperdagangkan, bisa anda tradingkan maupun investasikan jangka panjang. 




Namun tidak semua saham di Bursa Efek adalah saham-saham yang menguntungkan. Itu artinya, anda harus memilih saham-saham terbaik yang bisa menghasilkan profit. 

Tapi bagaimana caranya memilih saham terbaik dari sekian banyak saham yang ada di Bursa Efek? Apakah saham dengan brand ternama bisa dikatakan saham terbaik? Apakah saham yang sedang ramai itu bisa dikatakan saham terbaik? Apakah saham yang banyak dibicarakan adalah saham yang menguntungkan? 

Jawabannya, tidak. Untuk memilih saham terbaik, ada beberapa hal yang harus anda pahami dan praktikkan:     

1. Analisa utama untuk memilih saham

Simpel, namun masih banyak pebisnis saham yang melupakannya. Kalau anda ingin memilih saham terbaik, analisa yang benar adalah jawaban agar anda mengetahui saham2 yang layak dibeli. 

Jika anda ingin trading, maka gunakan ANALISA TEKNIKAL untuk memilih saham. Anda harus menggunakan kombinasi analisis teknikal yang simpel dan mudah dipraktikkan, karena analisa teknikal itu ada banyak.

Pilihlah, pelajari dan praktikkan dengan benar seni analisa teknikal. Yap, karena saham-saham yang bagus untuk jangka pendek, sesungguhnya tercermin dari pola-pola chartnya, sehingga kalau anda paham cara menganalisa dengan baik, analisa teknikal akan memberikan profit maksimal untuk anda. Pelajari juga: Buku Saham Full Praktik Trading. 

Jika anda ingin investasi jangka panjang, maka gunakan ANALISA FUNDAMENTAL agar anda bisa mengetahui saham2 mana yang paling prospek dan menguntungkan jangka panjang. Pelajari juga: Ebook Analisis Fundamental Saham.

Hal ini karena di dalam analisa fundamental, mencakup analisa-analisa simpel yang memberikan pemahaman pada anda untuk memilih saham-saham apa saja yang layak diinvestasikan, sehingga anda dapat menghindari untuk membeli saham2 yang tidak prospek.  

Analisa teknikal maupun fundamental juga bisa anda kombinasikan dengan analisa market (IHSG). Artinya, anda harus perhatikan kondisi pasar saham saat itu jika ingin mengoleksi saham2 tertentu. 

Kalau market sedang jelek / bearish, ada baiknya anda menahan diri untuk tidak membeli dalam jumlah besar. Anda bisa membeli bertahap saham2 yang bagus secara teknikal atau fundamental, sehingga saat market mulai naik, anda bisa menambah porsi saham, dan memperoleh profit maksimal. 

Kalau anda paham cara menganalisa saham, percayalah anda akan jauh lebih mudah untuk memilih saham terbaik, karena anda sudah punya DASAR dan PENGETAHUAN. 

Sayangnya, banyak trader dan investor pemula yang malas mempelajari analisa-analisa utama untuk meraih profit. Banyak trader & investor beranggapan bahwa analisa-analisa tersebut tidak terlalu bermanfaat karena saham hanya digerakkan bandar. 

Oleh karena itu, luruskan mindset-mindset yang kurang tepat tersebut. Kalau anda ingin memilih saham yang menguntungkan, pelajari dahulu analisa-analisa utama yaitu analisa teknikal & fundamental. 

2. Screening saham untuk mendapatkan stock pick bagus 

Di dalam memilih saham, ada yang namanya ilmu SCREENING SAHAM. Sesuai namanya, screening saham berarti menyaring saham2 yang layak ditradingkan, dan membuang saham2 yang tidak layak dibeli. 

Sehingga, setelah anda melakukan screening, anda akan memiliki daftar saham alias stock pick yang paling bagus untuk anda, dan berisi saham2 yang bisa anda prioritaskan untuk trading. 

Screening saham harus anda aplikasikan dalam trading, dan screening saham juga harus kita kombinasikan dengan analisa teknikal. 

Seperti yang kita bahas sebelumnya, bahwa dari sekian banyak saham yang ada, tidak semua saham layak dibeli. Oleh karena itu, dengan melakukan screening saham yang berkualitas, anda bisa memiliki daftar beberapa saham saja yang paling bagus untuk diprioritaskan di dalam trading.  

Anda bisa pelajari cara-cara screening saham yang layak untuk trading, panduan menemukan stock pick berkualitas, dan kriteria-kriteria saham untuk watchlist dan trading disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih (Screening) Saham Bagus.

Sehingga nantinya, di jam trading, anda sudah memiliki saham-saham watchlist untuk anda sendiri. 

3. Karakter pribadi anda masing-masing 

Saham terbaik bisa berbeda antara anda dengan orang lain. Trader lain bisa saja mengatakan saham ELSA adalah saham yang bagus dan menguntungkan. Tetapi, bisa saja anda mengatakan ELSA adalah saham yang kurang enak untuk trading. 

Oleh karena itu, sebagai trader ataupun investor, anda harus mempraktikkan sendiri beli jual saham berdasarkan analisa (poin 1) dan screening (poin 2). Dengan cara inilah, anda akan mengetahui saham-saham apa yang paling menguntungkan buat anda. 

Saran saya, jangan pernah meniru membeli saham yang dibeli oleh trader lain hanya karena opini trader yang mengatakan: "Saham A bagus", "Saham B potensi naik", tanpa memberikan dasar analisa. 

Setiap dari anda memiliki karakter trading yang unik. Maka, kalau anda sudah terbukti profit di saham-saham tertentu, saham2 itulah yang menguntungkan untuk anda, bukan apa kata trader dan investor lain. 

Kesimpulannya, suatu saham bisa dikatakan sebagai saham terbaik apabila ada kriteria-kriteria sebagai berikut: 

- Saham tersebut bisa memberikan profit untuk anda.
- Anda bisa membaca pola pergerakan sahamnya 
- Anda bisa menganalisa saham tersebut lebih mudah dibandingkan beberapa saham lainnya 

Nah, untuk menemukan kriteria2 saham seperti itu, tentu saja harus disertai dengan kemampuan anda untuk mengplikasikan langsung analisa saham yang simpel, serta paham cara melakukan screening saham pilihan. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.