Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Membaca Laporan Keuangan Saham

Membaca laporan keuangan perusahaan adalah salah satu bagian dari belajar dan analisis saham yang harus anda lakukan. Setiap dari anda yang memutuskan untuk terjun ke dunia saham, entah anda menjadi trader atau investor, anda harus bisa membaca laporan keuangan perusahaan. 

Karena anda membeli saham, setidaknya anda harus mampu mengetahui apakah perusahaan yang anda beli (sahamnya), memiliki kinerja yang sehat atau tidak. Hal ini bisa anda pelajari salah satunya dari laporan keuangan. 

Di dalam analisis saham, laporan keuangan termasuk dalam ANALISIS FUNDAMENTAL. Jadi, laporan keuangan harus benar-benar anda pahami apabila anda ingin menjadi INVESTOR saham. 

Yup, karena untuk menjadi investor, pengambilan keputusan utama (membeli saham) ada pada analisis fundamental (salah satunya dari interpretasi laporan keuangan). Sedangkan kalau anda trader, anda harus pahami analisis teknikal. Baca juga: Analisis Teknikal dan Analisis Fundamental, Mana yang Terbaik?

Dalam investasi saham, membaca laporan keuangan harus lebih mendalam lagi (bukan hanya sekedar teori), karena nantinya akan anda gunakan untuk mencetak profit (membeli saham). 

Untuk anda yang ingin bisa membaca laporan keuangan saham, anda bisa pelajari lengkap analisis laporan keuangan dan cara membaca laporan keuangan untuk investasi saham disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert. 

Poin-poin penting yang harus anda pahami dalam membaca laporan keuangan adalah sebagai berikut: 

- Membaca dan memahami seluruh komponen laporan keuangan emiten 
- Membaca laporan keuangan secara detail per pos 
- Menginterpretasikan laporan aset, utang, ekuitas dan laba 
- Menganalisis tren laba perusahaan
- Interpretasi analisis keuangan yang bagus untuk investasi
- Memahami laporan keuangan yang bagus untuk investor saham
- Memahami laporan keuangan yang menjebak investor saham

Anda harus memahami lebih detail analisis2 laporan keuangan setiap pos mulai step by step. Hal ini karena untuk investasi saham, anda tidak bisa menyimpulkan perusahaan bagus hanya karena labanya naik atau asetnya naik misalnya. 

Faktanya, banyak perusahaan yang labanya naik, bahkan di periode tersebut laba bisa naik ratusan persen, namun harga sahamnya justru hanya 'digoreng' bandar, dan dalam jangka panjang harga sahamnya balik turun lagi. 

Yap, oleh karena itu, nggak semua perusahaan yang bisa mencetak kenaikan laba fantastis, berarti fundamental perusahaan bagus dan layak investasi jangka panjang. 

Itulah perlunya anda membaca laporan keuangan sekaligus menginterpretasikan setiap pos laporan keuangan dengan benar, agar anda bisa 

Pada Ebook Analisis Fundamental, kita sudah membahas semua hal yang dibutuhkan agar anda bisa menganalisis laporan keuangan dengan benar, termasuk membaca perusahaan yang layak dan tidak layak investasi.

Jadi anda tidak hanya sekedar melihat laba naik, berarti perusahaannya bagus. Namun anda bisa mengetahui lebih dalam analisa2 detail dan komprehensif dalam analisis laporan keuangan. 

Membaca laporan keuangan tidaklah sulit seperti yang dibayangkan kebanyakan orang. Banyak investor yang bukan berasal dari basic keuangan, namun dapat memahami laporan keuangan. 

Jadi, anda yang ingin bisa membaca laporan keuangan untuk melihat saham2 apa yang bagus, anda harus memulai dengan cara yang benar, dan bertahap. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.