Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Belajar Saham: Ketagihan Trading

Pernahkah anda mengalami 'ketagihan trading'? Ketagihan trading saham biasanya terjadi ketika seorang trader berhasil mendapatkan profit dari satu atau beberapa kali transaksi saham secara berturut-turut... 

Karena trader berhasil profit, trader ingin bisa mencetak profit lagi seperti transaksi trading sebelumnya. Akhirnya trader trading terus-menerus tanpa mempertimbangkan diversifikasi portofolio yang sehat dan analisis yang matang. 

Beberapa ciri-ciri trader yang sudah ketagihan trading adalah: 

- Terlalu sering melakukan trading dalam jangka waktu pendek 
- Menyimpan puluhan saham di portofolio dalam waktu singkat 
- Tidak bisa berhenti trading, tidak tahan kalau tidak 'tutup laptop'
- Ingin dapat profit setiap saat (setelah anda berhasil untung)
- Terus melakukan averaging down  / up tanpa pertimbangan yang baik

Apakah anda sekarang sedang mengalaminya? Kalau anda mengalami salah satu saja dari poin2 diatas, maka kemungkinan besar anda sekarang sedang ketagihan trading. 

Ketagihan trading akan berdampak pada overtrading. Saay pernah bahas tentang overtrading juga disini: Cara Mengatasi Overtrading Saham. 

Ketagihan trading bisa dialami oleh semua trader, baik dalam time frame apapun. Swing, intraday trader bisa mengalami yang namanya ketagihan trading. Tetapi pada umumnya, ketagihan trading  sering dialami oleh trader harian atau scalper trader.

Hal ini karena frekuensi trading seorang trader harian cenderung lebih besar dibandingkan trader yang hold saham lebih lama, sehingga trader harian bisa jadi ada kecenderungan ketagihan trading ketika berhasil mendapatkan beberapa profit dalam waktu lebih singkat. 

Itulah mengapa banyak trader yang menyarankan cara mengurangi ketagihan trading adalah dengan memperpanjang time frame trading. 

Tetapi faktanya, dengan memperpanjang time frame trading, hal ini juga tidak menjamin anda bakalan bebas dari ketagihan trading. Karena seperti yang saya tuliskan diatas, bahwa semua trader bisa mengalami ketagihan trading. 

Jadi, untuk mengatasi ketagihan trading, anda harus punya trading plan yang benar, yaitu anda harus bisa membatasi jumlah (frekuensi) trading anda, dan lakukan diversifikasi portofolio yang wajar. Kita sudah pernah bahas tentang trading plan disini: Strategi Trading Saham & Membuat Trading Plan. 

Terutama untuk trader harian, anda harus mengelola batas maksimal trading dan portofolio anda, sehingga kalau anda sudah trading di batas wajar (dan anda saat itu sudah profit), maka anda nggak perlu trading lagi. Anda juga bisa pelajari strategi2 trading harian yang benar untuk profit maksimal disini: Ebook Intraday & Intraday Trading Saham. 

Tujuannya, supaya anda tidak ketagihan trading, overtrading, yang justru ujung2nya akan membuat trading anda akan menjadi tidak terarah dan rugi. 

Kalau anda punya arah trading yang benar, maka anda pasti bisa menghindari ketagihan trading. Ketagihan trading ini cukup berbahaya bagi trader karena ketika anda ketagihan trading, anda akan membeli saham tanpa pertimbangan rasional. 

Sehingga, risiko saham nyangkut, membeli saham2 yang pergerakannya kurang bagus akan semakin besar. Jadi, jangan menyepelehkan ketagihan trading.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.