Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Ringkasan Kinerja Perusahaan Tercatat di IDX

El Heze
Kalau anda membaca dan menganalisa laporan keuangan, maka anda harus meneliti analisis-analisis dan rasio keuangan perusahaan untuk menilai kinerja fundamental (dari sisi kuantitatif). 

Tetapi di situs Bursa Efek Indonesia atau IDX menyediakan ringkasan performa perusahaan yang diambil dari kinerja di laporan keuangan selama beberapa tahun. Jadi anda bisa melihat ringkasan kinerja dan ukuran2 keuangan perusahaan yang disajikan dalam data tran. 

Berikut cara mencari ringkasan kinerja perusahaan tercatat di situs IDX

1. Buka situs www.idx.co.id 

2. Masuk ke menu Data Pasar --> Laporan Statistik --> Ringkasan Performa Perusahaan Tercatat. Tampilannya sebagai berikut: 

Ringkasan Performa Perusahaan Tercatat
3. Perhatikan tampilan berikut: 


Untuk bisa mendapatkan ringkasan kinerja perusahaan, anda bisa klik 'unduh' pada perusahaan yang ingin anda lihat kinerjanya. Setelah anda unduh, akan muncul tampilan ringkasan kinerja perusahaan dalam file PDF sekitar 3 halaman. 

4. Anda juga bisa mencari perusahaan secara spesifik yang ingin anda analisa melalui menu 'Search By' lalu ketikkan nama perusahaan atau kode sahamnya. Misalnya sebagai berikut: 


Setelah anda unduh, anda sudah bisa membuka file PDF yang berisik ringkasan kinerja perusahaan tercatat saham HMSP. Berikut contoh isi ringkasan kinerja perusahaan tercatat: 


Jadi pada ringkasan kinerja / performa perusahaan di IDX, anda bisa melihat ukuran-ukuran kinerja keuangan seperti rasi-rasio EPS, DER, ROA, ROE dan lain2 selama 4-5 tahun kebelakang. 

Jadi untuk anda yang ingin melakukan analisis fundamental, anda bisa membandingkan tren kinerja perusahaan dari tahun ke tahun. 

Ringkasan perusahaan tercatat ini biasanya berguna untuk anda yang ingin menganalisa fundamental perusahaan namun anda memiliki waktu yang terbatas (entah karena anda bekerja dan lain2) untuk membedah laporan keuangan satu per satu. 

Maka di ringkasan kinerja perusahaan yang dikeluarkan oleh Bursa Efek ini, sudah disusun ukuran-ukuran keuangan sedemikian rupa yang penting untuk diperhatikan oleh investor. 

2 komentar:

  1. Anonymous13:37

    Saya baru saja coba buka websitenya, tapi tampilannya sudah beda ya. Ringkasan Performa Perusahaan Tercatat sudah tidak ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menu-menu nya kurang lebih sama. Cuma di IDX sekarang lebih banyak sub menu-nya.

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.