Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Contoh Grafik Saham Gorengan

El Heze
Di pos ini: Daftar dan Contoh Saham Gorengan, kita sudah membahas bersama tentang ciri-ciri pergerakan saham gorengan itu seperti apa. Di pos tersebut, saya juga memaparkan beberapa contoh saham gorengan

Nah, di pos ini saya akan memberikan beberapa contoh grafik saham gorengan. Sebenarnya mayoritas saham di Bursa Efek adalah saham gorengan (saham lapis tiga). Di jam trading, anda bisa perhatikan banyak sekali saham yang pergerakan harganya nggak beraturan, dan tidak likuid.

Selain itu, mayoritas saham2 IPO juga selalu masuk dalam saham gorengan. Karena sekarang syarat IPO lebih mudah, maka banyak emiten yang sudah bisa go public hanya dengan mengeluarkan jumlah saham beredar yang kecil, sehingga sahamnya sangat rentan digoreng.  

Maka, anda juga perlu mengetahui ciri-ciri / tipe saham gorengan jika kita lihat dari chartnya. Oke, berikut beberapa contoh saham gorengan di Bursa Efek:  

1. Saham WICO



Lihat chart WICO, di mana harga saham bisa naik-turun secara drastis (lihat candle yang panjang). Tapi kemudian sahamnya jadi saham tidur cukup lama. Volumenya juga tidak beraturan. Kadang bar volume tinggi, terkadang sangat tipis / nyaris tidak ada volume. 

2. Saham VINS


Saham VINS juga punya pola chart yang tidak beraturan, di mana harga saham ini bisa naik dan turun dengan sangat drastis hanya dalam 1-2 hari (tanda persegi), tapi setelah itu nyaris nggak ada transaksi setelahnya (tanda lingkaran). Ini menunjukkan bahwa saham ini hanya dimainkan bandar sesaat, setelah itu sahamnya 'ditinggal' bandar.   

3. Saham BCIP 


BCIP juga memiliki pola chart yang aneh, di mana saham ini hampir nggak ada transaksi, sideways lamaaaa. Kemudian tiba2 harganya melonjak dalam sekejap. Namun setelah itu, harga saham terus turun tanpa ada yang mengangkat lagi harganya (tanda lingkaran). 

4. Saham BIPI


Saham BIPI bisa anda lihat polanya, di mana harga sahamnya naik-turun puluhan persen dalam 2 hari (lingkaran), setelah itu jadi saham tidur lagi. 

5. Saham CAKK


Grafik CAKK juga terlihat bahwa saham ini tidak bergerak dalam rentang yang sangat lama. Namun tiba2 saham ini naik dengan cepat hanya dalam 3 hari. Tapi tidak lama kemudian, saham ini juga langsung turun puluhan persen dalam 2 hari. 

Walaupun pola kenaikan saham CAKK ini bisa anda manfaatkan juga buat scalping, namun tentu anda juga harus mempertimbangkan risikonya. Kalau anda mau scalping, pakailah modal sekecil mungkin, dan disiplinlah dalam cut loss. 

6. Saham POOL 


Saham POOL juga demikian. Saham ini awalnya sideways lama. Kemudian dalam hitungan beberapa hari sahamnya naik drastis. Namun seteah itu, sahamnya kembali sideways, dan kemudian turun drastis, dan tidak ada yang mengangkat harganya lagi. 

Itulah contoh grafik saham gorengan. Tentu saja ada banyak sekali pola-pola saham gorengan, yang tidak bisa saya sebut satu per satu, soalnya saham gorengan ini, setelah saya screening, jumlah buanyaak amat, ratusan lebih. 

Semoga dengan tulisan ini, anda bisa meningkatkan pemahaman tentang saham gorengan. 

Tapi perlu anda ketahui juga, bahwa saham yang berisiko untuk trader bukan cuma saham2 gorengan seperti pola2 diatas. Saham-saham yang terkesan likuid pun, bisa berisiko untuk trader. Jadi di dalam trading, anda harus cermat dalam memilih saham. Baca juga praktik2nya disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus. 

Di pos-pos selanjutnya, nanti akan saya tulis pengalaman pribadi saya tentang jebakan saham gorengan. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.