Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Sudah Pengalaman Main Saham, Berapa Profit Ideal Sebulan?

Kalau anda pembaca setia web Saham Gain, saya tidak pernah bosan mengatakan bahwa salah satu kunci bisa mendapatkan profit dalam main saham adalah pengalaman. Semakin pengalaman anda, maka anda semakin mampu membaca arah pasar dengan. 

Jadi kalau anda sering merasa panik dengan kondisi pasar saham yang turun, dan anda baru main saham 1 tahun, maka itu adalah hal yang wajar. Tapi kalau anda sudah trading beberapa tahun, seharusnya anda sudah mampu lebih tenang dalam menghadapi pasar saham. 

"Lalu berapa potensi profit yang bisa didapatkan jika trader sudah pengalaman main saham selama 3 tahun? 5 tahun?" Tanya anda penasaran.

Well, itu tergantung dari cara anda menyerap informasi dan melakukan analisis, dan seberapa sering anda meluangkan waktu untuk melakukan analisis saham. Di satu sisi, setiap orang juga memiliki cara, proses belajar dan praktik, dan pemahaman yang berbeda-beda. 

Maka dari itu, meskipun anda dan orang lain sudah pengalaman trading selama 5 tahun, namun potensi profit yang didapatkan mungkin bisa berbeda satu sama lain. 

Namun idealnya, kalau anda sudah lumayan pengalaman main saham, anda pasti sudah bisa menekan kerugian sekecil mungkin, karena seperti yang saya katakan, semakin banyak pengalaman, anda akan semakin mampu untuk membaca arah pasar dan harga saham dengan lebih baik.

Itulah mengapa saya menyarankan pada anda, agar anda mau untuk belajar dan praktik, bukan hanya sekedar menyontek dan menelan mentah2 rekomendasi saham, meskipun 'katanya' orang rekomendasi di tempat2 tertentu sangat bagus. 

Kalau anda ingin bisa meraih profit konsisten di saham, dan bisa menekan kerugian sekecil mungkin, anda bisa membacanya mendapatkan materinya disini: Praktik dan Cara Memilih Saham Bagus. 

Tapi kalau anda selama ini jarang melakukan praktik secara langsung, alias lebih sering nyontek rekomendasi saham, maka kemungkinan besar walaupun anda sudah trading cukup lama di pasar saham, anda mungkin masih tetap sulit mendapatkan profit. 

Jadi, profit ideal main saham kalau anda sudah pengalaman adalah tergantung dari apa yang sudah anda praktikkan di pasar saham. 

Namun kalau boleh saya simpulkan, profit ideal adalah ketika anda bisa mendapatkan profit konsisten ketika kondisi pasar saham sedang normal (bukan saat krisis ekonomi), dan bisa menekan kerugian. Menekan kerugian disini bukan berarti nggak pernah rugi sama sekali, tapi menekan kerugian adalah anda bisa meminimalkan risiko. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.