Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Pengertian Return Saham, Kegunaannya, Cara Menghitungnya

El Heze
Pada saat anda main saham, anda harus mmapu menghitung berapa return saham yang mampu anda peroleh. Return saham adalah hasil keuntungan (capital gain) atau kerugian (capital loss) yang diperoleh dari hasil investasi atau trading saham dalam kurun waktu tertentu. Bagaimana cara menghitung return saham? 

Katakanlah Parman membeli saham KAEF di harga Rp2.000. Sekarang harganya sudah Rp3.000. Artinya, return saham Parman sebanyak Rp1.000 atau sebesar. Didapatkan dari perhitungan= (3.000-2000) / 2.000. Sebaliknya jika Parman membeli KAEF di harga 2.000 dan kemudian harganya turun menjadi Rp1.500, maka return saham Parman adalah negatif

Jadi, return saham bisa dibedakan menjadi 2 jenis. Apabila return saham positif artinya anda mengalami keuntungan. Return saham positif disebut juga dengan capital gain. Sedangkan, jika return saham negatif disebut dengan capital loss. Return saham dapat dirumuskan sebagai berikut:

Return = (Pt-Pt-1)/ Pt-1

Pt adalah harga saham pada perioda ke-t, sedangkan Pt-1 adalah harga saham pada periode satu hari sebelumnya (t-1). Untuk kepentingan tertentu, untuk mencari return saham, biasanya dicari return saham per hari. Karena banyaknya data return saham, akan lebih baik jika anda menghitungnya menggunakan rumus Ms. excel.

Untuk mencari return IHSG, caranya juga sama persis seperti diatas. Data IHSG biasanya dicari selama data satu tahun. Oleh karena itu, caranya menghitungnya adalah dengan mencari return IHSG setiap hari, kemudian anda cari rata-rata return selama satu tahun. 

Kalau anda pemain saham, anda perlu mencari return IHSG selama setahun kemudian dibandingkan dengan return saham yang anda dapatkan. Lebih besar mana, antara return IHSG atau return saham anda? Kalau return saham anda mampu melebihi return IHSG, maka dapat dikatakan return saham anda bagus.

Tetapi, bisa jadi itu hanyalah kebetulan. Jadi, ketika anda mengetahui return saham anda lebih tinggi dari return IHSG, anda jangan merasa diri anda hebat. Anda harus tetap evaluasi kinerja anda. Baca juga: Cara Mendapatkan Data Historis Harga Saham (belum terbit.. Coming soon). 

Sebagai pemain saham, anda perlu menghitung berapa besar return yang anda dapatkan dalam sebulan, satu tahun. Mengetahi return saham berguna bagi anda untuk mengetahui kinerja evaluasi trading anda. Dengan mengetahui return saham, anda bisa memantau seberapa kemampuan anda dalam trading sehari-hari. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.