Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Pola Gap Down pada Saham BBRI

Setelah berada dalam pola uptrend yang cukup panjang, akhirnya saham BBRI koreksi juga. Dan koreksi saham BBRI ini nggak main-main, karena dari harga 12.500 turun ke harga sekitar 10.400. Saham BBRI ini perlahan sudah tampak mulai rebound, tetapi rasa-rasanya sih bakal koreksi lagi, karena kenaikan harga saham BBRI sudah cukup tinggi. Perhatikan grafik saham BBRI dibawah ini.





Ada satu pola grafik BBRI yang unik yang saya amati (anda bisa gunakan analisis ini untuk saham-saham lainnya juga). BBRI tampak membentuk gap down yang cukup besar gapnya (perhatikan tanda persegi). Terjadi gap down saham BBRI di rentang gap 11.750-12.425. Gap yang terjadi pada saham BBRI termasuk dalam jenis common gap (gap yang umum dan paling sering terjadi).  

Kalau melihat pola saham BBRI ini, BBRI memang sekilas tampak sudah rebound, namun karena kenaikan BBRI sudah terjadi selama sekitar satu minggu, maka BBRI harus diwaspadai akan koreksi lagi. Nah, ketika BBRI sudah mulai rebound lagi, maka kemungkinan besar BBRI akan kembali memantul dan menutup gapnya di  11.750-12.425.

Di pasar saham, gap ibarat utang yang harus dibayar. Apalagi jika gap yang terjadi adalah common gap, maka cepat atau lama gap biasanya akan tertutup kembali. Pada umumnya, gap ini akan ditutup kembali, entah nantinya setelah gap tertutup akan lanjut naik atau koreksi lagi. Tetapi yang jelas, gap pada chart biasanya akan ditutup ("dilunasi") terlebih dahulu. 

Mumpung BBRI masih koreksi, dan belum menutup gap-nya, yukkk dibeli sahamnya dan target take profit di harga gap ☺. Pola gap down pada saham BBRI ini merupakan salah satu analisis gap yang bisa anda manfaatkan untuk membeli saham di harga bawah dan kemudian take profit di area gap tersebut. Seringkali saham2 membentuk pola gap, baik gap up maupun gap down. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.