Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Analisis: Pola Gap Down pada Saham BBCA

Satu lagi saham perbankan yang tampak jelas membentuk pola candlestick gap down, yaitu saham PT Bank Central Asia (BBCA). Saham BBCA tampak membentuk gap down yang dikarenakan common gap (gap umum yang paling sering terjadi). Perhatikan grafik BBCA dibawah ini.


BBCA membentuk gap down di harga 15.025-15.200 (perhatikan tanda kotak). Common gap biasanya akan dapat ditutup segera dengan cepat. Setelah BBCA membentuk gap down, harga saham BBCA terus turun sampai ke level 14.000. Namun, pada grafik BBCA perlahan-lahan tampak rebound.

Tetapi, ketika BBCA mulai rebound, BBCA berusaha kembali untuk menutup gap-nya di 15.025-15.200. Dan benar saja, BBCA akhirnya menutup gapnya di harga 15.125. Setelah BBCA berhasil menutup gapnya, harga saham BBCA langsung koreksi lagi. Setelah menutup gapnya, saat ini, BBCA masih berada dalam fase konsolidasi, dan belum mampu naik lagi di harga gap atau melebihi harga gap-nya. 

Saya nggak ngerti nih, kok Bung Heze bicara soal gap mulu. Apa arti analisis ini Bung Heze? Tanya Anda. 

Gap yang saya bahas di pos ini, bertujuan untuk memaparkan salah satu analisis gap pada anda: Bahwa anda bisa mengambil keputusan beli-jual saham berdasarkan gap yang terbentuk pada candlestick. Jika anda menemukan saham yang membentuk gap down, dimana gap yang terbentuk adalah common gap, maka anda bisa membeli saham tersebut ketika sedang turun.

Karena gap (common gap) adalah ibarat utang yang harus dibayar, maka pada umumnya cepat atau lama gap tersebut akan tertutup dengan sendirinya. Jika anda membeli harga saham yang sedang turun, katakanlah anda membeli BBCA di harga 14.500, anda bisa mengambil target take profit di harga 15.025-15.200. 

Dari grafik BBCA diatas, tampak bahwa analisis gap cukup akurat untuk dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan target tak profit.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.