Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Pola Gap Down Pada Saham BBTN

Saham BBTN membentuk pola gap down di tengah-tengah penurunan IHSG (perhatikan tanda persegi). Gap down saham BBTN terjadi di harga 1.815-1.890. Setelah membentuk gap down, dilanjutkan dengan penurunan harga saham BBTN kembali sampai ke level 1.600-an. Perhatikan grafik BBTN dibawah ini.


Grafik Saham BBTN yang Membentuk Gap Down
Gap yang terjadi pada saham BBTN adalah jenis common gap atau gap umum atau gap yang paling sering terjadi. Seperti yang saya bahas pada pos-pos sebelumnya, common gap yang terbentuk pada grafik, maka cepat atau lama gap tersebut akan tertutup. Gap ibarat utang yang harus dibayar. Jadi, ketika harga saham turun dan kemudian rebound lagi, maka biasanya harga saham akan menutup gapnya terlebih dahulu. 

Anda bisa baca lagi beberapa pos yang saya bahas mengenai gap disini: Pola Gap Down Pada Saham BBCAPola Gap Down Pada Saham BBNI. Pola Gap Down Pada Saham BBRI. Pada saham BBTN setelah saham membentuk gap, gap tampak tertutup di harga 1.835 (perhatikan candlestick yang saya beri tanda panah).

Setelah naik ke 1.835, BBTN langsung koreksi dan saat ini harga sahamnya turun jauh dibawah gap tersebut. Dari grafik BBTN tampak bahwa kenaikan saham BBTN setelah terkoreksi, seakan-akan hanya ditujukan untuk menutup kembali gap-nya kembali. Artinya, gap ini sebenarnya memiliki makna bagi seorang trader. Apa maknanya? 

Ketika terjadi gap down dan dilanjutkan kembali dengan penurunan harga saham, maka sesungguhnya gap down bisa menjadi suatu garis resisten. Garis resisten ini bisa anda gunakan sebagai dasar untuk menentukan titik take profit, ketika anda sudah membeli harga sahamnya di harga support. Masih bingung? Silahkan lanjut baca tulisan ini sampai habis. 

Gap BBTN terjadi pada rentang harga 1.815-18.90, kemudian BBTN kembali terkoreksi sampai ke harga 1.600-1.680. Nah, disini anda bisa buy saham BBTN di rentang harga 1.600-1.700. Target take profit anda sebaiknya ada di area gap tersebut, yaitu 1.815-1890. Sehingga, gap ini seakan menjadi sebuah garis resisten. Jadi, ketika harga saham BBTN mulai naik, dan sudah menutup gap-nya, paling tidak di 1.820, anda harusnya sudah ancang2 untuk melakukan take profit.

Pola analisis common gap ini hampir selalu tepat. Kalau anda perhatikan saham2 yang membentuk gap down, kemudian harga sahamnya turun lagi, biasanya gap tersebut akan tertutup kembali ketika harga sahamnya mulai rebound. Dan setelah gap tertutup, harga saham cenderung kembali terkoreksi. 

6 komentar:

  1. pak, saya melihat saham BMRI gap nya di antara tgl 10 sampai 11 bulan ini blm ditutup.. Melihat chart nya, menurut bapak apakah saham ini layak dibeli utk short term? MAkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gap pertama ada di antara tanggal 11-12 sudah tertutup sampai 11.000. Tinggal menunggu gap kedua (tanggal 10 sampai 11) ditutup. Saran saya Kalau BMRI break diatas 11.000, kemungkinan besar BMRI akan lanjut menutup gap pertamanya

      Delete
  2. berarti lbh baik menunggu break 11000 baru di beli ya? Kalau skrg beli gimana ya pak? MAksud saya bila sampai tutup gap nya, profit bisa lebih besar daripada menunggu break out..Cuma memang lbh risk yahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini IHSG sedang turun dan BMRI termasuk saham kapitalisasi besar. Jadi, kemungkinan BMRI masih akan koreksi lagi atau paling tidak sideways.. Ada baiknya tunggu konfirmasi terlebih dahulu

      Delete
  3. Gap ibarat utang yang harus dibayar ==> apakah ini berlaku baik ketika bearish dan juga bullish?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berlaku untuk bullish dan bearish. Namun, tidak 100% gap pasti tertutup. Gap yang biasanya tertutup adalah common gap

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.