Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Screening Saham Gratis

Screening saham bisa dilakukan dengan cara analisa screening manual dan screening saham melalui software tertentu. Saat ini, banyak software screening saham yang bisa digunakan untuk kepentingan analisa trader. Screening saham melalui software / aplikasi banyak digunakan oleh trader yang ingin "menyederhanakan" proses screening saham.   


Screening saham melalui aplikasi, sebenarnya juga bisa dilakukan menggunakan software  atau aplikasi gratis. Jadi anda tidak perlu membayar mahal untuk mendapatkan fitur-fitur screening saham.

Pada beberapa pos sebelumnya, saya juga sudah membahas beberapa software saham gratis, yang bisa digunakan juga buat screening saham. Yap, anda bisa baca-baca kembali ulasannya disini: 4 Aplikasi Screening Saham Gratis, Aplikasi Saham Gratis: Data Saham Indonesia, Investing Chart Saham, 2 Aplikasi Chart Saham Gratis

Anda bisa pelajari dan perdalam cara-cara screening saham yang simpel, praktis dan efektif untuk menemukan saham-saham stock pick yang bagus disini: Panduan Simpel & Efektif Screening Saham Bagus.

Screening saham gratis juga bisa dilakukan menggunakan SOFTWARE ONLINE TRADING yang anda gunakan / daftarkan di sekuritas. Setiap software online trading (seperti Indopremier, Danareksa, Mirae, Trimegah, Panin, Mandiri Sekuritas dan lain-lain) pasti menyediakan fitur untuk screening saham. 

Biasanya nama menu screeningnya adalah "Scanner" atau "Screening". Saya coba kasih satu contoh tampilan software screening saham pada salah satu sekuritas yang saya gunakan, yaitu Sucor Sekuritas (SPOT). 


Pada SPOT, disediakan fitur screening saham, yang bisa anda lihat menu-menunya diatas. Yap, pada SPOT ada menu automatic screening seperti RSI, Stochastic, Candlestick Open = Low, Open = High, Golden Cross dan Death Cross dan masih banyak pilihan-pilihan lainnya untuk screening. 

Sebagai contoh, pada screening saham di software SPOT, anda bisa melakukan screening saham-saham apa saja yang lagi memberikan sinyal golden cross antara dua perpotongan Moving Average, di mana Moving Average-nya bisa di setting sesuai kebutuhan masing-masing: 

Klik gambar untuk memperbesar

Misalnya saya ingin melihat saham-saham yang lagi golden cross antara perpotongan MA10 dengan MA20, maka setelah saya lakukan screening, didapatkanlah daftar saham yang sedang golden cross seperti yang anda lihat pada daftar tabel saham diatas. 

Demikian juga, kalau saya misalnya ingin screening saham berdasarkan candlestick open = low. Maka saya tinggal pilih menu screening candlestick At Low dan didapatkanlah saham-saham yang candle terakhirnya membentuk pattern open = low seperti berikut ini: 

Klik gambar untuk memperbesar

Kalau anda sekarang sedang mencari softaware-software gratis untuk screening, anda bisa manfaatkan fitur screening yang disediakan masing-masing sekuritas. Jadi anda tidak perlu repot mencari software-software / aplikasi screening khusus, karena setiap sekuritas sudah menyediakannya. 

Software-software online trading sekuritas seperti Indo Premier, Mirae, SPOT memiliki variasi menu screening yang cukup banyak. 

Buat anda yang sudah membuka akun saham dan sudah trading, anda bisa coba utak-atik menu screening saham yang sudah disediakan oleh sekuritas anda pada software trading. Siapa tahu ada fasilitas menu-menu screening yang memang anda butuhkan.  

KELEMAHAN SCREENING SAHAM APLIKASI 

Di aplikasi manapun, automatic screening memiliki kelemahan, yaitu tidak ada menu screening yang benar-benar lengkap. Sebagai contoh, setiap software online trading sekuritas, memiliki menu screening yang berbeda-beda. 

Pada software SPOT yang saya contohkan diatas, memberikan menu screening saham seperti Open = Low, screening indikator RSI atau Stochastic untuk melihat saham-saham yang jenuh beli dan jenuh jual, dan menu-menu screening lainnya. 

Namun pada aplikasi software trading lainnya, menu-menu ini BELUM TENTU TERSEDIA. Aplikasi software trading lainnya bisa saja memberikan menu-menu screening yang berbeda dengan software lainnya. 

Selain itu, kesalahan data seperti delay bisa saja terjadi. Sebagai contoh, banyak sekuritas maupun software screening gratis lainnya yang menampilkan menu automatic screening candlestick Open = Low. Tetapi kalau anda melakukan screening tersebut pada saat awal jam buka market, biasanya yang terjadi adalah masih menggunakan data closing candle kemarin. 

SCREENING SAHAM APLIKASI HANYALAH TAHAP AWAL SCREENING 

Bagaimanapun juga, screening saham aplikasi merupakan tahapan screening saham awal. Anda tidak disarankan untuk "menelan mentah-mentah" hasil automatic screening dari aplikasi. 

Karena saham-saham hasil screening belum tentu bagus untuk trading. Anda harus melihat banyak analisa lainnya, misalnya likuiditas saham, pattern, indikator-indikator lainnya, kondisi market. 

Selain itu, pada aplikasi screening saham gratis biasanya akan ditampilkan saham-saham yang sesuai dengan kriteria screening yang sudah dipilih. Nah, masalahnya hasil automatic screening biasanya masih menampilkan saham dengan jumlah yang cukup banyak. 

Misalnya, anda bisa perhatikan kembali hasil screening saham diatas. Setelah saya lakukan screening, masih ada 40 saham lebih dari hasil screening aplikasi. Tentu saja, anda tidak mungkin mentradingkan 40 saham tersebut, dan tidak semua saham bagus untuk trading. 

Jadi setelah anda mendapatkan hasil dari screening saham aplikasi, langkah selanjutnya adalah: Anda harus menganalisa lagi dengan metode SCREENING MANUAL, untuk menemukan saham-saham yang sinyal atau momentumnya paling bagus buat trading. 

Yap, bagaimanapun juga screening manual alias analisa manual itu adalah hal yang terpenting di dalam screening saham, apapun aplikasi trading (automatic screening) yang anda gunakan. 

Anda bisa perdalam full praktik dan strategi screening saham yang simpel, praktis dan efektif untuk menemukan saham-saham bagus disini: Ebook Panduan Simpel & Efektif Screening Saham Bagus.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.