Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Investing Chart Saham

Yang ingin belajar analisis teknikal tapi anda belum membuka rekening efek / rekening saham di sekuritas, anda bisa memanfatkan fitur-fitur charting gratis terlebih dahulu. Saat ini, banyak aplikasi atau website gratis yang menyediakan fitur analisa teknikal yang lengkap. 


Salah satunya adalah aplikasi atau website dari Investing.com. Investing merupakan salah satu aplikasi analisis teknikal (grafik) yang lengkap, di mana pada Investing anda bisa melihat analisa grafik saham, termasuk indikator-indikator saham yang cukup lengkap. 

Anda tidak perlu instal aplikasi atau sofware-software khusus. Untuk menggunakan Investing, anda cukup membuka situs Investing.com. Lalu masuk ke menu Chart --> Stocks Charts. Lalu muncul tampilannya berikut ini: 
Investing Chart Saham

Kalau anda membuka Investing.com dan setelah masuk menu Charts --> Stock Charts, maka anda akan menemukan tampilan awal Investing Chart seperti yang anda lihat diatas. Perhatikan juga menu-menu penting pada Investing yang saya beri keterangan. 

Untuk lebih mudah membaca chart, anda bisa ubah grafik garis menjadi grafik candlestick. Klik pada gambar "candlestick" yang saya beri keterangan diatas, sehingga nanti tampilan grafik akan menjadi seperti ini: 


Dengan grafik candlestick, anda lebih mudah menganalisa grafik saham. Pada Investing, grafik saham juga real time market, sehingga Investing bisa dimanfaatkan untuk analisa teknikal yang lebih akurat. Berikut beberapa menu-menu penting di Investing: 

1. Kode saham lengkap (Indonesia dan luar negeri) 

Pada investing, anda bisa melihat kode saham-saham bukan hanya Indonesia. Kode saham luar negeri, seperti saham-saham Amerika (Saham Apple, saham Facebook, saham Google, Tesla dan lain-lain) juga bisa anda lihat. 

Jadi kalau anda ingin melihat grafik saham-saham luar negeri namun tidak tersedia pada software online trading anda, anda bisa coba manfaatkan web Investing ini. 

2. Candlestick dan chart historis  

Anda bisa melihat candlestick historis seperti yang anda lihat diatas, dan real time sesuai perdagangan di market. Kalau anda ingin memperpanjang periode grafiknya, anda tinggal scroll (zoom in untuk memperpendek historis candlestick, dan zoom out untuk memperpanjang historis candlestick). 

3. Indikator-indikator saham

Di Investing, disediakan indikator saham yang lengkap. Indikator-indikator umum seperti Stochastic, RSI, Moving Average, Bollinger Bands, dan lain-lain semuanya ada di Investing. Berikut tampilan menu-menu indikator Investing Chart: 

Indikator Investing

Indikator investing cukup lengkap, di mana anda bisa memilih indikator bermacam-macam, mulai dari yang populer, sampai indikator2 yang kurang populer. Anda bisa cari nama indikator di menu Search untuk lebih mudah menemukan indikator yang anda incar. 

4. Garis trendline, garis horizontal (Support resisten)  

Anda bisa menambahkan garis horizontal & trendline manual pada menu kiri (Lihat keterangan pada chart pertama). Tujuannya untuk menentukan titik support resisten pada grafik. Sama seperti grafik pada software saham, di mana setiap software online trading pasti menyediakan menu garis horizontal dan trendline. 

5. Time frame 

Anda bisa setting time frame candlestick, mulai dari time frame menitan, jam, harian (daily), mingguan. Untuk analisa pasar saham Indonesia, usahakan gunakan / prioritaskan time frame daily. Kita sudah pernah bahas juga disini: Time Frame yang Bagus untuk Trading Saham.

6. Save chart 

Supaya settingan grafik yang anda terapkan di Investing tidak hilang, anda bisa save chart. Tetapi untuk bisa save chart di Investing, anda harus register dan login terlebih dahulu (Gratis tidak dipungut biaya apapun). 

Kalau anda sudah login dan register pakai akun anda, anda bisa simpan analisa-analisa grafik dan settingan chart yang sudah anda gunakan, sehingga anda tidak perlu melakukan setting dari awal lagi. 

Itulah menu-menu di Investing Chart yang bisa anda gunakan buat analisa teknikal. Kalau anda ingin mencari grafik IHSG di Investing, anda tinggal ketikkan kodenya yaitu: JKSE (Kepanjangan dari Jakarta Composite Index). 

Untuk referensi belajar dan mendalami analisis teknikal, anda bisa perdalam strategi2 analisa teknikal mulai level pemula - expert dan analisa-analisa chart disini: Ebook Saham Full Analisis Teknikal Pemula - Expert.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.