Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Aplikasi Saham Gratis: Data Saham Indonesia

Ada banyak aplikasi saham gratis yang bisa anda gunakan untuk berbagai macam analisa saham, mulai dari analisis chart (teknikal), bandarmologi, analisa top stock, screening saham dan lain-lain. Beberapa aplikasi saham gratis yang pernah kita ulas di web ini antara lain Investing, Yahoo Finance, RTI Business, Trading View. 


Ada satu lagi aplikasi saham gratis yang bisa anda manfaatkan untuk melengkapi analisis saham anda, yaitu aplikasi Data Saham Indonesia. Data Saham Indonesia juga banyak digunakan oleh para trader, maupun trader-trader pemula yang baru belajar saham, karena fitur-fiturnya cukup membantu trader untuk analisa saham. 

[Untuk mendalami lebih banyak full praktik analisis teknikal dan analisa screning saham bagus, anda bisa perdalam praktik-praktikknya disini: Ebook Saham Full Praktik Trading dan Ebook Panduan Memilih Saham Bagus]. 

Keunikan aplikasi Data Saham Indonesia adalah adanya menu SCREENING SAHAM yang bisa anda manfaatkan untuk memilih saham berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Oke, untuk mendapatkan aplikasi Data Saham Indonesia, pertama-tama anda download dahulu di Google Playstore, melalui smartphone anda. 

Ketikkan "Data Saham Indonesia" atau "Indonesia Stock Exchange Data"dan kemudian di Google Playstore akan muncul aplikasi-nya seperti ini:  

Data Saham Indonesia

Anda bisa install aplikasinya dan kemudian buka aplikasi yang sudah anda instal. Pertama-tama, anda disuruh untuk login terlebih dahulu. Anda bisa memilih login melalui akun Akun Facebook atau gmail. Supaya lebih cepat, anda bisa login langsung pakai akun Facebook anda, dan kemudian muncullah tampilan awal aplikasi Data Saham Indonesia.

APLIKASI DATA SAHAM INDONESIA 

1. Menu Utama (Watchlist, Index, Portofolio) 

Seperti berikut ini tampilan awal aplikasi Data Saham Indonesia:

Klik gambar untuk memperbesar

Ada menu Watchlist, Index dan Portofolio. Kemudian perhatikan yang saya beri tanda lingkaran merah di pojok kiri atas. Itu adalah menu untuk menampilkan screening saham. 

Pertama-tama, kita akan bahas menu WATCHLIST. Seperti yang anda lihat diatas. Itu adalah menu watchslit default yang ada pada aplikasi. Kalau anda ingin merubah saham-saham yang anda ingin masukkan watchlist, anda tinggal klik menu 'Search' pada bagian kanan bawah (lihat tanda panah biru). 

Disitu anda bisa mengganti saham-saham yang mau anda watchlist sesuai keinginan, atau menambah daftar watchlist yang baru, sehingga analisa watchlist saham bisa anda lakukan juga dengan aplikasi ini. Pelajari juga cara watchlist saham disini: Membuat Watchlist Saham dan Cara Memantau (Watchlist) Saham.

Setelah itu, kita masuk ke menu INDEX. Menu Index digunakan untuk melihat seluruh pergerakan fluktuatif indeks di Bursa Saham baik IHSG, indeks sektoral, LQ45 dan lain-lain. Perhatikan tampilan menu Index berikut: 


Menu Index berguna untuk trader jangka pendek, karena dengan melihat pergerakan Index tertentu atau IHSG, sehingga anda bisa melihat potensi market secara garis besar. Sayangnya untuk aplikasi Data Saham Indonesia, tidak menampilkan Index luar negeri. 

Kalau anda ingin melihat index luar negeri, anda bisa menggunakan aplikasi atau situs Trading Economics. Kita sudah pernah bahas disini: Data Trading Economics untuk Trader Saham. Setelah itu, kita bisa lihat menu PORTOFOLIO. Berikut tampilan menu portofolio: 

Menu portofolio di Data Saham Indonesia, bisa menampilkan banyak informasi penting untu trader yaitu: Data fundamental perusahaan, analisis teknikal (grafik), overview saham, order book (analisa bid offer), broker summary, trade book, bandarmologi, berita terbaru yang terkait perusahaan tersebut. 

Jadi di menu portofolio ini tampilannya sangat lengkap dan bisa dijadikan acuan untuk analisis teknikalm data-data fundamental, analisa bandarmologi.  

Pada menu awal portofolio, tampilan awalnya kosong. Anda bisa klik menu Add, yaitu menu tanda plus yang ada di pojok kiri bawah. Lalu anda bisa menambahkan saham-saham yang secara khusus ingin anda pantau. 

Pada contoh diatas, saya mengambil saham AALI. Anda bisa melihat bandarmologi saham AALI, apakah sedang diakumulasi atau didistribusi. Kemudian anda bisa pilih menu analisis teknikal untuk melihat chart, analisa fundamental untuk melihat kinerja rangkuman fundamental selama beberapa tahun. 

2. Screening Saham, Top Stock by Broker, Top Stock  

Di Data Saham Indonesia, pada pojok kiri atas, anda bisa klik tanda persegi dan kemudian anda akan menemukan menu-menu lainnya seperti ini:  


Menu-menu penting di Data Saham Indonesia adalah menu Screener, Top Stock by Broker dan Top Stock. Sekarang kita coba bahas satu per satu. 

2. Screening Saham Data Saham Indonesia 

Cara-cara screening saham lanjutan dan kombinasi screening untuk memilih saham yang berpotensi naik, bisa anda perdalam disini: Ebook Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus.

Screening Data Saham Indonesia

Ketika anda memilih menu Screener, maka tampilan awalnya kosong. Anda perlu tekan tombol Add pada pojok kiri bawah. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti yang anda lihat diatas. 

Data Saham Indonesia sudah menyediakan menu-menu screening. Anda tinggal memilih berdasarkan kriteria screening yang anda inginkan. Caranya, anda bisa pilih Criteria Template (Lihat tanda persegi hijau diatas). Kemudian muncul tampilan seperti berikut ini:  


Anda bisa screening saham misalnya anda ingin melihat saham-saham apa saja yang lagi diakumulasi oleh asing. Maka anda bisa pilih Foreign Net Buy. Atau anda ingin screening saham yang supportnya lebih tinggi dari support kemarin, anda bisa pilih Lower high lower low dan masih banyak menu screeing lainnya yang bisa anda terapkan. 

Disini saya coba memilih screening untuk Net top 5 broker accumulation, yaitu untuk melihat saham-saham yang sedang diakumulasi oleh 5 broker terbesar. Kemudian didapatkan saham-saham seperti berikut:   


Dari hasil screening,  muncullah saham-saham seperti ARTO, BBRO, BMRI dan lain-lain. Itu adalah saham-saham yang lagi diakumulasi bandar berdasarkan hasil screening yang sudah kita pilih sebelumnya. 

Tapi untuk aplikasi screener apapun itu, saham-saham yang masuk dalam screening masih merupakan tahap SELEKSI AWAL. Tidak disarankan untuk langsung membeli saham hanya berdasarkan hasil screening. 

Dari hasil screening, anda perlu melakukan analisis lanjutan untuk melihat saham-saham yang paling bagus, saham-saham akumulasinya paling banyak, dan saham2 yang chartnya bagus dan potensi naik. 

Anda bisa perdalam lebih banyak analisa bandarmologi yang langsung masuk pada full praktik dan cara-cara melihat saham yang potensi naik dengan kombinasi bandarmologi dan analisa chart, bisa anda pelajari disini: Ebook Bandarmologi Saham Pemula - Expert. 

3. Top Stock 

Menu Top Stock pada Data Saham Indonesia menampilkan saham-saham dengan urutan kenaikan tertinggi atau penurunan terdalam di hari itu. Namun menu Top Stock tidak hanya menampilkan itu saja. 

Anda bisa lihat, pada top stock diatas, anda dapat memilih top stock saham-saham berdasarkan Top Foreign Buy, Top Foreign Sell, Top Frequency dan lain-lain. Bahkan pada menu Top Stock, anda juga bisa melakukan screening  dengan Moving Average, misalnya anda ingin melihat saham-saham yang MA-nya sedang memberikan strong buy atau strong sell. 

Atau melihat saham-saham yang MA-nya sedang golden cross. Disini saya coba memilih menu "MA Strong Buy Signal Daily". Muncullah saham-saham yang Moving Averagenya sedang naik / memberikan sinyal potensi bullish: 


Dari saham-saham yang ada diatas tersebut, anda bisa melakukan analisa lanjutan dengan melihat lebih jauh analisis teknikalnya atau bandarmologi. 

4. Top Stock By Broker     


Menu Top Stock by Broker menampilkan broker-broker spesifik, apakah sedang melakukan akumulasi atau distribusi saham tertentu. Misalnya anda ingin melihat saham-saham apa saja yang sedang diakumulasi oleh broker YP. 

Anda bisa ketikkan kode broker YP, lalu setting tanggal tertentu yang  anda inginkan, dan kemudian muncullah saham-saham yang sedang diakumulasi YP dalam rentang waktu tertentu. 

Pada contoh diatas, bisa kita lihat broker YP sedang melakukan akumulasi saham TLKM, UNTR, BBCA, HEAL termasuk rincian value, volume dan frekuensinya. 

Pada menu ini, anda juga bisa melihat saham-saham yang lagi dijual oleh broker tertentu. Sehingga dengan menu ini, anda dapat melihat bandar-bandar besar secara spesifik sedang akumulasi dan distribusi di saham-saham apa saja.  

Perdalam juga analisa bandarmologi full praktik, dan penerapan bandarmologi untuk analisa saham disini: Ebook Bandarmologi Saham Pemula - Expert. 

Itulah aplikasi saham gratis Data Saham Indonesia. Aplikasi ini cukup lengkap menu-menu-nya dan saya katakan unik, karena banyak tampilan menu dan screening yang tidak ada pada aplikasi-aplikasi saham lainnya. 

Anda bisa download aplikasi ini secara gratis, termasuk penggunaannya seperti yang kita sudah bahas di pos ini. Untuk aplikasi Data Saham Indonesia, ada yang premium (berbayar) juga. 

Namun saya pribadi belum pernah menggunakan Data Saham Indonesia dengan fitur premium. Kalau anda mau mencoba-nya untuk menambah fasilitas data tidak ada salahnya. Siapa tahu bermanfaat untuk anda.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.