Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

2 Aplikasi Chart Saham Gratis

Para trader yang ingin belajar dan mendalami lebih banyak ANALISIS TEKNIKAL GRAFIK, anda mungkin sedang mencari rekomendasi software atau aplikasi analisa teknikal yang lengkap, yang bisa digunakan untuk analisa teknikal lebih baik. 


Aplikasi chart untuk trading dan analisa teknikal bisa dilakukan menggunakan software online trading dari sekuritas. Jadi anda harus membuka rekening efek terlebih dahulu. Bisa datang langsung ke sekuritas atau melalui online. Baca juga langkah-langkah membuka rekening saham disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula.  

Tetapi mungkin anda belum sempat membuka rekening saham di sekuritas karena anda masih mengumpulkan modal untuk trading. Namun anda ingin belajar analisis teknikal. 

Anda mungkin juga sedang mencari referensi aplikasi analisis teknikal "alternatif" selain aplikasi dari software sekuritas, atau mencari aplikasi teknikal yang fitur-fiturnya lebih lengkap dan tidak ribet untuk digunakan. 

Saya ada dua rekomendasi aplikasi chart saham gratis yang bisa anda pakai, yang fitur-fiturnya lengkap. Anda tidak perlu instal aplikasinya, karena bisa anda buka langsung melalui situs website, dan bisa dibuka melalui PC atau smartphone anda. 

Dua aplikasi saham gratis yang saya rekomendasikan adalah aplikasi INVESTING CHART dan TRADING VIEW. Anda bisa buka langsung link grafiknya disini: 
Investing dan Trading View sebenarnya tampilannya agak mirip, dan menu-menu yang ada di dalamnya juga hampir sama. Anda bisa pilih salah satu yang menurut anda nyaman. Anda bisa baca cara setting grafik di Investing pada pos berikut: Cara Setting Grafik Investing Saham. Silahkan dipelajari supaya setting grafik anda tidak salah. 

Investing dan Trading View cukup lengkap, dan saya juga menggunakannya, khususnya Investing untuk menganalisa teknikal saham-saham tertentu. Jadi selain software online trading sekuritas, ada alternatif aplikasi lain untuk analisa grafik. Investing dan Trading View memiliki kelebihan-kelebihan seperti berikut: 

1. Indikator yang lengkap 

Indikator-indikator di Investing & Trading View sangat lengkap. Indikator2 umum seperti Moving Average, Stochastic, RSI, Bollinger Bands, MACD dan lain-lain bisa ditampilkan, dan anda juga bisa setting time frame indikator sesuai dengan selera masing-masing. 

2. Candlestick historis & real time 

Investing & Trading View bisa menampilkan candlestick historis sampai beberapa bulan sampai tahun-tahun sebelumnya, dan candlesticknya real time (mengikut pergerakan market). Jadi kalau saat closing market, anda lagi malas login ke software trading, anda bisa buka website Investing atau Trading View jika ingin lakukan analisa teknikal. 

3. Setting indikator Fibonacci Retracement 

Buat yang ingin analisa saham dengan Fibonacci, Investing dan Trading View bisa digunakan untuk menampilkan indikator Fibo. Buat anda yang masih bingung dimana letak indikator Fibo, anda bisa lihat tampilan berikut: 

Aplikasi chart saham

Anda bisa pilih menu seperti yang anda lihat pada bagian samping kiri yang seperti gambar garis-garis. Tampilan Fibonacci Retracement pada Investing seperti berikut: 


Itulah tampilan Fibonacci Retracement. Jadi bisa anda gunakan juga untuk analisa Fibo, dan tampilannya juga enak untuk dilihat. Anda bisa perdalam cara analisa Fibonacci Retracement untuk trading saham disini: Trading Saham dengan Fibonacci Retracement PDF.  

4. Horizontal line dan trendline 

Menu horizontal line untuk menentukan titik support resisten saham, maupun trendline untuk analisa garis tren, juga bisa ditampilkan di kedua aplikasi ini. Letak menunya sama seperti tampilan Fibonacci diatas, ada di sisi kiri atas.  

5. Setting time frame

Kalau anda lihat chart Investing diatas, disitu terlihat ada tulisan 5, 15, 1h, 1d, 1m. Itu adalah time frame candlestick. Anda bisa setting time frame candlestick 15 menit, 5 menit, 1 jam, 1 hari dan seterusnya. Untuk default setting-nya adalah 1D alias 1 Day (Candlestick 1 hari). 

6. Bisa save chart 

Anda bisa menyimpan grafik yang anda sudah anda setting, sehingga anda tidak perlu setting grafik lagi dari awal. Untuk menyimpan grafik, ada di menu berikut (Lihat tanda lingkaran): 


Namun untuk bisa simpan grafik, anda harus register dan login terlebih dahulu. Tapi tenang saja, untuk register dan login bisa dilakukan secara gratis. Dengan register dan login, anda bisa menyimpan grafik saham. 

7. Menampilkan semua kode saham

Baik Investing maupun Trading View bisa menampilkan semua kode saham. Jadi bukan hanya kode saham Indonesia, namun kode saham-saham luar negeri seperti saham Apple, saham Facebook, saham Google dan lain2, termasuk bursa luar negeri lainnya seperti saham-saham Jerman, Jepang bisa ditampilkan juga. 

Jadi kalau anda sedang melakukan analisa saham-saham luar negeri, anda yang berniat untuk trading saham luar negeri, kedua aplikasi chart ini bisa dimanfaatkan buat analisa teknikal saham luar negeri. 

Itulah dua aplikasi chart saham gratis yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan analisa teknikal secara komplit. Tetapi untuk aplikasi-aplikasi tersebut, memang tidak bisa menampilkan beberapa hal seperti order book, antrian bid offer.. Hal ini karena antrian-antrian tersebut hanya ditampilkan pada software online trading sekuritas. 

Tapi kedua aplikasi ini cukup komplit, dan fitur-fiturnya sudah sangat lengkap terutama buat pemula yang baru belajar saham. Semoga bermanfaat untuk anda. Salam profit. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.