Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Langkah-Langkah Cara Menggunakan Trading View

Kalau anda sedang mencari software analisis teknikal GRATIS, software Trading View adalah salah satu fitur analisis teknikal yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan analisa grafik, menampilkan candlestick dan indikator-indikator saham yang cukup lengkap. Yap, dan Trading View bisa anda akses secara gratis.    


Beberapa sekuritas juga menggunakan tampilan Trading View untuk fitur analisis teknikal. Jadi Trading View ini bisa menjadi "jembatan" trader untuk melakukan analisa grafik saham, khususnya buat anda yang belum sempat membuka rekening saham di sekuritas, namun anda ingin mendalami analisa teknikal. 

Pada pos ini, saya akan mengulas aplikasi Trading View dan cara menggunakan Trading View untuk menampilkan analisis grafik. 

Aplikasi Trading View bisa anda download pada Google Playstore. Tetapi anda juga bisa manfaatkan situs Tradingview.com yang bisa dibuka langsung di PC, laptop atau smartphone. 

Berikut langkah-langkah cara menggunakan Trading View melalui situs Tradingview.com (tidak perlu instal software / aplikasi apapun): 

1. Buka situs Id.tradingview.com

2. Masuk ke menu Chart 


3. Kemudian akan muncul menu grafik seperti berikut: 

Cara Menggunakan Trading View

Tidak semua tampilan di Trading View perlu anda gunakan. Hanya ada beberapa menu Trading View penting yang harus anda pahami, terutama buat yang ingin analisa teknikal. Sekarang kita bahas satu per satu. 

Perhatikan nomor 1. Itu adalah menu untuk merubah kode saham yang anda inginkan. Untuk tampilan awal, anda akan melihat tampilan mata uang USD seperti diatas. Anda bisa klik pada menu yang nomor 1, untuk merubah candlestick yang ingin anda cari. Seperti berikut tampilannya: 


Misalnya anda ingin menganalisa grafik saham TLKM. Maka anda bisa ketikkan kode saham TLKM, dan setelah anda klik kode saham-nya, maka tampilan grafiknya akan berubah menjadi saham TLKM seperti berikut: 


Perhatikan nomor 2. Itu adalah menu untuk menampilkan time frame (lihat yang tulisan "D") candlestick. Ada berbagai macam pilihan time frame mulai dari 1 menit, 5 menit, 30 menit, 60 menit, 1 hari, 1 minggu dan seterusnya. 

Untuk analisa candlestick saham, disarankan menggunakan time frame 1 hari, agar bisa lebih mewakili analisa saham anda, karena candle 1 harian langsung menampilkan harga saham OHLC yang terbentuk dalam 1 hari penuh. 

Sebelah tulisan "D", ada gambar candlestick. Itu adalah menu untuk menampilkan jenis grafik yang akan ditampilkan di software Trading View. Anda bisa memilih menu "Candle" untuk menampilkan grafik candlestick. Untuk Trading View, settingannya sudah ditampilkan candlestick, sehingga tidak perlu anda utak-atik lagi. 

Perhatikan nomor 3. Itu adalah menu untuk menampilkan INDIKATOR SAHAM. Kalau anda klik, maka akan muncul beragam pilihan indikator saham seperti berikut: 


Pada trading view, pilihan indikator sahamnya cukup komplit. Indikator-indikator umum seperti Moving Average, MACD, Stochastic, RSI, Bollinger Bands dan lain-lain tersedia pada menu trading view, sehingga Trading View bisa anda manfaatkan untuk uji dan analisa indikator. 

Perhatikan nomor 4. Itu adalah menu untuk menampilkan METRIK / DATA FUNDAMENTAL berdasarkan kriteria tertentu. Tampilannya seperti berikut:  


Jadi pada Trading View, anda juga bisa mencari menu-menu untuk melihat kinerja perusahaan, melalui data metrik fundamental. 

Perhatikan nomor 5. Itu adalah menu untuk menampilkan garis HORIZONTAL. Garis horizontal berguna untuk membantu trader menggambar garis support resisten di dalam grafik, dan bisa digunakan untuk analisa tren. 

Cara menggunakan garis horizontal cukup mudah. Anda hanya perlu menggambar garis manual dengan menghubungkan titik support resisten penting di grafik. 

Ada baiknya anda mempelajari juga cara membaca dan menggunakan support resisten manual dengan garis horizontal agar lebih paham. Anda bisa perdalam disini: Cara Mengetahui Support dan Resistance Saham. 

Perhatikan nomor 6. Itu adalah menu untuk menampilkan analisa-analisa lainnya seperti Fibonacci Retracement, Gann Angle dan lain-lain. Kalau anda ingin menggunakan Fibonacci, maka anda bisa klik pada tampilan nomor 6 tersebut: 


Anda bisa pilih yang bagian Fibonacci Retracement. Untuk yang belum paham cara pakai Fibonacci, bisa pelajari disini: Trading Saham dengan Fibonacci Retracement PDF. 

4. Daftar Pantau Trading View 

Pada bagian kanan atas, anda akan melihat "Daftar Pantau" alias watchlist. Seperti berikut tampilannya: 


Yap, disitu anda bisa edit-edit sendiri daftar saham yang ingin anda masukkan. Dengan cara menambahkan (tanda plus) saham-saham yang ingin anda pantau secara khusus, sehingga anda tidak terluput menganalisa saham-saham yang bagus. 

Itulah langkah-langkah cara menggunakan Trading View. Menu-menu penting tersebut yang paling berguna untuk para pengguna Trading View, dan bisa anda fokuskan untuk utak-atik serta mempelajarinya. 

Anda bisa perdalam lebih banyak full praktik analisis teknikal untuk trading dan memilih saham-saham bagus dengan kombinasi analisis teknikal simpel disini: Buku Saham Full Analisis Teknikal. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.