Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Candlestick: Cara Membaca Candle Doji

Kalau anda sedang belajar analisis candlestick, anda pasti sudah tidak asing dengan istilah candlestick DOJI. Dalam praktikknya, candlestick doji merupakan candlestick pattern yang paling banyak ditemukan di grafik saham. Pada pos ini kita akan membahas tentang analisa candlestick doji dan cara membaca candle doji.  


Candlestick doji berbentuk seperti tanda plus pada grafik. Berikut adalah bentuk candlestick doji:
Doji Candlestick

Warna candlestick doji bisa berbentuk hijau ataupun merah. Hijau berarti harga saham ditutup diatas harga pembukaan. Kalau merah berarti harga saham ditutup dibawah / lebih rendah dari harga pembukaan. 

Klik gambar untuk memperbesar

Diatas adalah contoh pola doji yang terbentuk pada grafik saham. Bisa anda lihat, ada banyak doji pattern yang terbentuk pada chart. Hal ini menunjukkan bahwa pola doji adalah pola yang sering terbentuk pada chart. 

ARTI CANDLESTICK DOJI 

Doji menunjukkan adanya keseimbangan tarik menarik antara permintaan (orang-orang yang membeli saham) dengan penawaran (orang-orang yang ingin menjual saham). 

Dengan kata lain, ketika terbentuk candlestick doji di dalam grafik, hal itu menandakan bahwa tidak ada yang lebih dominan antara permintaan beli dan penawaran jual (permintaan dan penawaran berimbang), sehingga harga pembukaan (opening) hampir sama dengan harga penutupan (closing). 

Itulah mengapa candlestick doji bentuk-nya seperti tanda plus dan tidak ada body candlestick-nya, karena adanya keseimbangan tekanan permintaan dan penawaran, membuat bentuk candlestick-nya menjadi terlihat lebih tipis.

JENIS-JENIS DOJI 

Doji dibagi menjadi dua, yaitu SOUTHERN DOJI atau sering disebut sebagai Bullish Doji dan NORTHERN DOJI atau sering disebut sebagai Bearish Doji. Mari kita bahas kedua perbedaannya: 

1. Southern Doji (bullish doji)

Southern doji adalah pola doji yang menunjukkan potensi NAIKNYA HARGA SAHAM (technical rebound). Berikut adalah ciri-ciri southern doji: 
  • Diawali dengan penurunan atau tren turun harga saham
  • Muncul pola doji setelah tren turun
  • Doji bisa berwarna hijau atau merah
  • Merupakan pertanda bahwa harga saham ada potensi rebound / naik 
  • Southern doji menunjukkan bahwa setelah harga saham turun, tekanan beli saham mulai kuat (walaupun masih berimbang dengan tekanan jual), sehingga ini bisa menjadi pertanda bahwa harga saham mulai dibeli setelah turun. 
Berikut adalah contoh pola southern doji pada grafik saham: 

Southern Doji

Perhatikan setelah harga saham turun beberapa hari, dan membentuk pola doji dibawah (perhatikan tanda-tanda lingkaran dan panah merah), tidak lama kemudian harga saham mengalami technical rebound. 

Itulah pola southern doji yang terbentuk setelah tren turun saham. Pola ini menunjukkan sinyal bullish reversal karena adanya tekanan beli atau perlawanan beli setelah terbentuknya tren turun saham. 

2. Northern Doji (bearish doji) 

Northern doji adalah pola doji yang menunjukkan potensi TURUNNYA HARGA SAHAM (koreksi). Berikut adalah ciri-ciri northern doji: 
  • Diawali dengan kenaikan atau tren naik harga saham
  • Muncul pola doji setelah naik 
  • Merupakan pertanda harga saham ada potensi turun / koreksi 
  • Northern doji menunjukkan bahwa setelah harga saham naik, terjadi perlawanan jual, walaupun masih seimbang dengan tekanan beli, sehingga dengan mulai munculnya perlawanan jual, hal ini mengindikasikan harga saham sudah mulai banyak dijual setelah naik.  
Berikut contoh pola northern doji pada grafik: 

Northern Doji

Perhatikan, setelah harga saham mengalami kenaikan, maka terbentuk pola doji di ujung tren naik. Lihat tanda-tanda lingkaran yang saya beri tanda panah merah. Tidak lama kemudian setelah terbentuk pola doji, harga saham mengalami penurunan / koreksi. 

Itulah yang dinamakan dengan northern doji, yaitu pola doji yang terbentuk setelah adanya tren naik / kenaikan harga saham. Northern doji menunjukkan bahwa harga saham mulai sulit naik, karena ada tarik menarik tekanan jual dan beli setelah kenaikan harga saham.   

"ATURAN" CANDLESTICK DOJI 

Ada beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan mengenai doji, yaitu sebagai berikut: 

1. Doji lebih akurat dalam tren saham yang kuat

Pola doji memiliki akurasi yang lebih tinggi apabila terjadi dalam tren saham yang cukup kuat, yaitu saham-saham yang membentuk kenaikan dan penurunan cukup tajam. 

Pada tren sideways panjang, pola doji biasanya lebih sering menipu trader, dan kita sulit membaca sinyal doji pada tren saham yang sideways, karena pada tren sideways tidak ada arah tren bullish atau bearish yang jelas. 


2. Doji tidak 100% akurat

Doji bukanlah pola sempurna. Ada kalanya pola doji juga bisa meleset. Contohnya seperti chart berikut ini:


Perhatikan tanda-tanda persegi merah.. Setelah harga saham naik dan membentuk doji diatas, justru harga saham melanjutkan kembali kenaikannya. Padahal secara teori, ini dinamakan dengan northern doji yang menunjukkan pola bearish reversal. Artinya pola doji bisa meleset juga.  

3. Tidak ada aturan baku mengenai lamanya reversal setelah membentuk doji 

Doji adalah pola reversal yang menunjukkan pembalikan arah setelah terbentuknya doji pada tren naik ataupun turun. Namun pada pola doji, memang tidak ada rumus atau aturan baku mengenai berapa lama-nya reversal akan terjadi. 

Sebagai contoh, setelah terbentuk pola southern doji, harga saham kemudian naik. Nah, disini tidak ada aturan baku apakah saham akan naik dalam 1 hari, 2 hari atau bahkan lebih lama dari itu. 

Hal ini karena ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi cepat lamanya harga saham naik ataupun koreksi. Faktor kualitas / likuiditas saham, momentum market saat itu, kekuatan tren grafik dan faktor-faktor lainnya. 

Mengingat tidak ada aturan baku mengenai reversal doji. Di satu sisi pola doji juga tidak 100% akurat alias juga bisa meleset, maka dalam menganalisa doji, anda juga harus kombinasikan dengan indikator, price action dan analisa-analisa lainnya.  

Anda bisa pelajari lebih banyak tentang praktikal analisa teknikal yang bisa diterapkan langsung untuk memilih saham-saham bagus, kombinasi analisa teknikal akurat & simpel untuk trader disini: Ebook Full Praktik Analisis Teknikal Saham. 

Itulah cara membaca candlestick doji. Semoga bermanfaat untuk anda. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.