Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Kepemilikan Manajerial di Laporan Keuangan

Kepemilikan saham adalah salah satu data yang banyak dicari, baik untuk sekedar melakukan penelitian, maupun para fundamentalist / investor saham. Para investor saham mencari kepemilikan saham untuk melakukan analisis investasi lebih jauh. 



Salah satu kepemilikan saham adalah KEPEMILIKAN MANAJERIAL. Sesuai namanya, kepemilikan manajerial adalah kepemilikan saham oleh para DIREKSI dan KOMISARIS (Manajemen perusahaan)Baca juga: Perbedaan Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional. 

Untuk analisis fundamental, terkadang anda perlu mengetahui informasi ini untuk mengetahui siapa manajemen perusahaan yang memiliki saham perusahaan. Dari sini anda juga bisa searching bagaimana track record manajemen yang mengelola perusahaan tersebut.

Mungkin sebagian dari anda masih bingung bagaimana cara mencari kepemilikan manajerial. Maka dari itu, di pos ini, kita akan mencari bersama data kepemilikan manajerial perusahaan. Kepemilikan manajerial sebenarnya bisa anda cari dengan mudah di laporan keuangan. 

Berikut cara mencari kepemilikan manajerial di laporan keuangan: 

1. Download laporan keuangan di situs idx.co.id

Untuk langkah-langkah cara download laporan keuangan di idx, tidak akan saya bahas di pos ini, karena sudah pernah kita bahas langkah-langkahnya disini: Cara Mendapatkan Laporan Keuangan Perusahaan. Anda bisa pelajari kembali. 

2. Masuk ke laporan keuanga neraca / laporan posisi keuangan --> masuk ke bagian EKUITAS

Setelah anda selesai download laporan keuangan perusahaan yang ingin anda analisa, anda bisa langsung masuk ke laporan keuangannya di bagian neraca. Terus masuk ke menu EKUITAS. Muncullah tampilan sebagai berikut (Disini saya menggunakan contoh laporan keuangan PT Sariguna Primatirta Tbk / CLEO):  


Untuk mencari kepemilikan manajerial, anda bisa melihatnya melalui Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) di bagian Modal Saham. Pada menu ekuitas di laporan neraca, Modal Saham dijelaskan pada CALK nomor 20 (lihat tanda persegi dan lingkaran biru). 

Jadi, anda harus masuk ke CALK nomor 20 di laporan keuangan CLEO. Baca juga: Pengertian dan Contoh Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK).

3. Mencari Kepemilikan Manajerial  

Setelah itu, pada CALK bagian modal saham, anda bisa mencari kepemilikan manajerial. Sesuai definisinya, kepemilikan manajerial adalah kepemilikan saham oleh Direksi dan Komisaris. 

Jadi, carilah Direksi dan Komisaris perusahaan yang memiliki saham perusahaan tersebut. Pada laporan CLEO tampak laporan kepemilikan perusahaan adalah sebagai berikut: 


Pada laporan CLEO tidak terlihat adanya kepemilikan manajerial, hanya kepemilikan perusahaan. Tetapi kalau anda perhatikan lebih lanjut keterangan modal saham CLEO, maka ada keterangan lanjutan seperti pada laporan CLEO berikut (lihat tanda lingkaran): 


Disitu dituliskan anggota Komisaris dan DIreksi yang memiliki saham Perusahaan.... Dan seterusnya... Setelah itu (masih tetap di bagian modal saham), ada keterangan sebagai berikut: 

Perhatikan yang saya beri tanda persegi. Itulah kepemilikan manajerial perusahaan CLEO. Jadi kepemilikan manajerialnya adalah:
  • Caroline Novilia (Komisaris), memiliki 19.440.000 saham atau 0,16%  kepemilikan
  • Belinda Natalia (Direksi), memiliki 50.000.000 saham atau 0,42%  kepemilikan.
  •  Melisa Patricia (Direksi), memiliki 50.000.000 saham atau 0,42% kepemilikan.
Bagaimana kalau suatu perusahaan tidak ada data kepemilikan manajerialnya? Apakah mungkin? 

Mungkin saja. Kalau di laporan keuangan, tidak diberikan informasi Direksi dan Komisaris yang memegang saham perusahaan, itu artinya di perusahaan tersebut memang tidak ada Direksi dan Komisaris yang punya kepemilikan saham perusahaan alias nggak ada kepemilikan manajerialnya? 

Hal ini karena tidak semua perusahaan, di mana Direksi dan Komisarisnya memegang saham. Contohnya? Bisa anda lihat perusahaan PT HM Sampoerna Tbk (HMSP).. Perhatikan laporan kepemilikan perusahaan HMSP berikut pada bagian Modal Saham di CALK: 


Kepemilikan saham HMSP sebanyak 92,5% dipegang langsung oleh PT Philip Morris Indonesia. Dan sisanya 7,5% dimiliki oleh masyarakat / publik. Jadi tidak ada Direksi dan Komisaris yang memiliki saham HMSP.

Itulah cara mencari kepemilikan manajerial di laporan keungan. 

2 komentar:

  1. berarti kalau tidak ada saham direksi dan komisaris gaperlu ditulis ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang tidak ada, tidak perlu ditulis. Tapi setiap perusahaan pasti ada direksi dan komisaris yang memiliki saham perusahaan. Mungkin bisa coba diteliti lagi CALK-nya untuk mencari kepemilikan manajerialnya

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.