Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Melihat Bid dan Offer Saham

Bid offer merupakan bagian dari mekanisme perdagagan saham yang harus anda pahami, karena bid offer mencerminkan antrian beli jual saham yang terjadi selama jam perdagangan saham. Bid merupakan permintaan beli, yaitu orang-orang yang ingin membeli saham. 

 

Sedangkan offer merupakan penawaran jual, yaitu orang-orang yang ingin menjual saham. Untuk pemula yang baru belajar saham, anda mungkin masih mencari menu untuk melihat bid offer saham. 

Bid offer saham harus dilihat per kode saham, karena antrian harga untuk setiap saham pasti berbeda-beda. Ibarat toko A, toko B, toko C pasti memiliki jumlah pelanggan yang berbeda-beda setiap harinya. 

CARA MELIHAT BID DAN OFFER SAHAM 

Cara melihat bid dan offer saham cukup mudah, anda bisa melihatnya langsung melalui software online trading masing-masing. Kalau anda sudah buka rekening efek di sekuritas, dan setelah anda download software online trading, anda bisa langsung melihat bid offer saham tertentu. 

Caranya mudah. Ketikkan kode saham yang ingin anda lihat bid offer-nya. Kemudian klik kanan --> Market Depth By Price: 


Kemudian muncul tampilan bid offer saham seperti berikut: 

Cara Melihat Bid dan Offer Saham

Seperti itulah tampilan bid offer di pasa saham. Yang perlu anda pahami, bid offer ada beberapa menu penting yaitu: 
  • Splits: Jumlah orang yang melakukan antrian beli dan jual 
  • Bid Lots: Jumlah lot permintaan beli 
  • Bid / Bid price: Harga antrian setiap permintaan beli 
  • Offer Lots: Jumlah lot penawaran jual 
  • Offer/ Offer price: Harga antrian setiap penawaran jual 
Untuk menu Splits ini tidak setiap software sekuritas menyediakan menunya. Tetapi menu splits sebenarnya tidak terlalu penting. Yang paling penting adalah Bid & Offer Lots serta Bid & Offer price -nya. 

Menu bid offer biasanya ditampilkan untuk beberapa antrian harga, minimal 5 antrian harga pada software trading. Bid dan offer yang paling atas (Pada contoh saham diatas adalah harga 6.200 dan 6.225) disebut dengan Best Bid dan Best Offer. 

Anda harus paham cara membaca bid offer, karena bid offer berkaitan dengan antrian harga saham, yang berguna bagi trader supaya bisa menempatkan order beli dan order jual yang bagus. Anda bisa pelajari cara lengkap membaca antrian bid offer saham disini: 


CARA MELIHAT BID OFFER SAHAM MELALUI APLIKASI RTI 

Buat anda yang belum sempat membuka rekening saham online untuk trading, anda bisa memanfaatkan fasilitas aplikasi RTI gratis, yang bisa anda download di Google Playstore smartphone anda. Baca juga: Cara Daftar RTI Business & Data RTI. 

Cara melihat bid offer cukup mudah. Anda tinggal ketikkan kode saham yang anda inginkan pada menu search di pojok kanan atas. Katakanlah anda ingin melihat bid offer saham INDF. Ketikkan INDF. 

Setelah itu masuk ke menu Overview, lalu anda bisa scroll kebawah. Nanti anda akan menemukan tampilan Market Depth seperti pada contoh berikut: 

Bid offer saham RTI

Yap, itu adalah menu tampilan bid offer pada RTI. Tampilan bid offer RTI sama dengan tampilan bid offer di software online trading, karena tampilan RTI juga mengikuti market real time.

Hanya saja, pada RTI biasanya ditampilkan 5 antrian paling atas. Kalau anda belum sempat membuka rekening efek dan anda ingin belajar saham, analisa teknikal, mekanisme market, anda bisa manfaatkan dulu aplikasi RTI ini secara gratis (free). 

Itulah cara melihat bid dan offer saham. 

KEGUNAAN MELIHAT BID OFFER SAHAM 

Bid offer adalah menu yang harus anda pahami, karena banyak kegunaan mengetahui bid offer saham. Beberapa kegunaan bid offer adalah sebagai berikut: 

1. Memasukkan order trading yang benar 

Bid offer merupakan antrian harga saham. Jadi dengan memahami bid offer, anda bisa memasukkan order trading yang benar, yaitu order beli jual saham. Banyak trader yang salah menempatkan order karena trader tidak memahami cara membaca bid offer. 

2. Analisa tape reading untuk trading harian / intraday 

Bid offer dapat digunakan untuk analisa trading harian, yaitu analisa tape reading. Hal ini karena bid offer bergerak cepat selama jam trading, dan bid offer bisa menggambarkan kekuatan permintaan dan penawaran market dalam jangka pendek. 

Oleh karena itu, buat anda yang ingin menerapkan strategi trading cepat, anda perlu perdalam analisa bid offer dan kombinasi analisa teknikal, momentum market untuk mengambil trading decision yang tepat. 

Pelajari juga analisa dan praktik bid offer (analisa tape reading) khusus untuk mendapatkan profit trading harian disini: Tape Reading Saham PDF. 

3. Menganalisa likuid tidaknya saham 

Bid offer bisa digunakan untuk menganalisa likuid tidaknya suatu saham. Semakin tebal antrian bid offer lot, maka saham tersebut semakin likuid. Demikian juga sebaliknya. Anda juga bisa menganalisa jarak harga (spread) antar fraksi di bid offer.

Sehingga, anda bisa menilai kualitas likuiditas suatu saham dari bid offernya juga. Saham-saham yang sepi transaksi sangat rawan "digoreng" bandar. Maka dari itu, kalau anda menemukan saham yang bid offernya sangat tipis, sebaiknya hindari untuk trading, atau trading dengan porsi sedikit.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.