Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Daftar RTI Business & Data RTI

Situs atau aplikasi RTI adalah aplikasi yang aplikasi yang berisi data-data saham, baik data analisis teknikal (chart) maupun data-data analisa fundamental dari perusahaan2 yang ada di Bursa Efek. 



Banyak trader dan investor yang sering menggunakan data RTI sebagai kebutuhan analisa tambahan, khususnya buat melihat data-data fundamental seperti Price Earning Ratio (PER), rasio keuangan, data harga saham harian dan lain-lain. 

Sebagai trader saham aktif, saya pribadi juga merasakan manfaat yang besar dari adanya aplikasi RTI. Saya sendiri juga menggunakan aplikasi tersebut untuk melihat beberapa data fundamental yang penting. 

Tetapi banyak trader yang bingung menggunakan tampilan RTI Business, apalagi di RTI mengharuskan anda untuk daftar RTI Business terlebih dahulu, guna melihat lebih lengkap data-data fundamental dan harga saham. 

Maka dari itu, di pos ini saya ingin sharing mengenai cara daftar RTI Business dan data-data RTI yang mungkin penting untuk anda, di mana dengan adanya data-data RTI tersebut, anda nggak perlu repot menghitung data fundamental perusahaan satu per satu. 

Oke, kita mulai. 

1. Masuk ke situs Rti.co.id melalui browser anda

RTI Business 

Itu adalah tampilan awal situs RTI Business... Terkadang RTI Business yang anda buka melalui PC tampilannya cukup membingungkan. Dan kalau anda klik salah satu menu di RTI, misalnya anda coba klik menu Market Overview, maka muncullah tampilan seperti ini: 


Anda akan diarahkan untuk menuju ke situs Analytics2.rti.co.id, dan kalau anda klik link tautannya, maka anda akan dialihkan ke situs: Analytics2.rti.co.id, di mana kalau anda ingin melihat data-data kode saham yang lain, maka anda disuruh login atau register terlebih dahulu: 

RTI Business Register

Well, jadi mau nggak mau anda harus register terlebih dahulu jika ingin menggunakan data-data fundamental yang disediakan oleh RTI. Tapi tenang saja, karena proses register RTI ini nggak sulit kok. Kalau anda beli buka akun, anda bisa klik Register Now.

2. Daftar (Register) RTI Business 

Atau cara register lainnya yang lebih mudah, anda buka situs Rti.co.id lalu klik tulisan 'Login' warna biru yang ada di pojok kanan atas situs RTI: 

Cara Daftar RTI Business

Anda bisa pilih "Register Now", lalu anda isikan data-data sesuai data pribadi anda masing-masing, setelah itu pilih Register: 


Setelah register, anda akan dikirimkan menu / link buat aktivasi ke email anda. Silahkan membuka email untuk melakukan aktivasi. Dan anda bisa login menggunakan username dan password anda.  

3. Menggunakan RTI Business lewat aplikasi 

Saya pribadi lebih suka menggunakan RTI chart pada aplikasi di smartphone. Caranya gampang, anda tinggal buka smartphone anda. Pilih Google Playstore dan cari "RTI Business". 

Setelah anda download, anda bisa buka aplikasi RTI Business di smartphone dan anda bisa login menggunakan username dan password yang sudah anda daftarkan tadi. Ada beberapa menu penting dalam RTI Business yang bisa anda gunakan: 

MARKET INDICES

Dengan market indices, anda bisa melihat seluruh indeks / bursa saham dunia, sehingga anda nggak perlu Googling satu per satu.  

WATCHLIST 

Watchlist bisa anda gunakan untuk memantau saham2 tertentu yang anda inginkan. Anda juga bisa mencari saham-saham tertentu yang ingin anda lihat pergerakan harga dan fundamentalnya melalui menu search di watchlist (tanda lingkaran hijau).

PRICE EARNING RATIO 


Menariknya, di RTI anda bisa melihat PER semua saham yang paling update, sehingga anda tidak perlu menghitung PER saham satu per satu. Anda juga bisa melihat market cap setiap saham. Melihat PER saham ini bisa anda lihat melalui menu Overview di RTI Chart.

Data PER pada RTI ini yang paling sering digunakan untuk analisa valuasi buat anda yang nggak punya banyak waktu mengumpulkan data-data fundamental.  

BID OFFER SAHAM 


Pada RTI, anda bisa melihat data-data bid offer saham secara real time. Buat anda yang ingin menganalisa tape reading atau mengamati pergerakan bid offer suatu saham, anda bisa melihat data-datanya juga pada RTI Business di menu overview. Baca juga: Tape Reading Saham PDF. 

DATA-DATA FUNDAMENTAL 

RTI Fundamental

Pada menu fundamental, anda bisa melihat rangkuman data-data fundamental perusahaan seperti EPS Growth, Revenue, Net Income dan lain-lain. Buat anda yang ingin investasi saham dan butuh data-data fundamental, RTI Business bisa anda jadikan salah satu tools untuk mengumpulkan data2 yang anda perlukan. 

Itulah cara daftar RTI Business dan menu-menu penting yang ada pada RTI. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.