Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisa Teknikal Saham FREN

El Heze

Saham FREN termasuk salah satu saham yang volatilitasnya cukup tinggi di market. FREN berada di sektor telekomunikasi, sama seperti saham TLKM, EXCL, ISAT.  Seperti kita ketahui, harga saham FREN cukup murah hanya di kisaran Rp150, dan tentu sangat terjangkau dengan modal kecil.


FREN adalah saham harga murah yang analisa teknikalnya cukup menarik, karena biasanya saham-saham murah likuiditasnya kurang bagus. Kalau anda sering cermati pergerakan saham FREN, likuiditasnya bagus dan chartnya juga bisa dianalisa. 

Saham FREN sendiri market cap-nya sebenarnya cukup besar, yaitu di kisaran 40-45 triliun. Tetapi kalau kita melihat historis harga saham FREN, saham FREN sempat turun sampai ke harga gocap (Rp50). 

Padahal FREN sempat naik menyentuh level harga Rp350. Tapi dengan cepat saham FREN turun ke Rp50. Walaupun akhirnya bisa naik lagi. Perhatikan historis pergerakan harga saham FREN berikut: 

Saham FREN

Secara historis, volatilitas saham FREN sangat tinggi. Dan kita bisa lihat juga saham FREN beberapa kali mendatar di harga Rp50 (tidak banyak diperdagangkan), terutama tren awal FREN sebelum terlihat naik, sahamnya tidak diperdagangkan di harga gocap. 

Biasanya, saham-saham yang sudah pernah turun sampai ke gocap, apalagi dalam waktu lama, sahamnya cukup berisiko untuk trading. Tetapi karena saham FREN sudah bangkit dari level gocap dan likuiditasnya bagus, maka FREN tetap bisa dipertimbangkan untuk trading. 

Intinya, kita harus lebih fleksibel dalam trading. Jangan anti terhadap saham tertentu. Sebaliknya, jangan terlalu menyukai saham tertentu. Analisa teknikal akan membuat kita lebih objektif untuk memilih suatu saham. 

ANALISIS TEKNIKAL SAHAM FREN 

Analisis Teknikal Saham FREN

Saham FREN terlihat memiliki fluktuatif yang jelas, di mana ada pola-pola rebound koreksi beraturan. Setelah koreksi 2-3 hari, saham FREN akan rebound lagi 2-3 harian. Pola ini sering terjadi berulang kali (Lihat tanda lingkaran). Di satu sisi, fluktuatif saham FREN juga cukup cepat. 

Sehingga saham ini bisa dimanfaatkan untuk trading cepat, baik untuk trading harian sampai trading dibawah 1 minggu. Yap, anda bisa manfaatkan pola rebound koreksi 2-3 hariannya. 

Untuk mendalami lebih banyak strategi intraday dan trading cepat, anda bisa perdalam full praktikknya disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Bid offer saham FREN juga bagus, di mana terdapat antrian lot yang sangat tebal untuk setiap antrian harga. Perhatikan bid offer saham FREN berikut: 


Bid offer saham yang bagus adalah bid offer dengan antrian lot minimal ribuan untuk satu antrian harga. Namun saham FREN memiliki antrian lot yang sangat tebal, di mana satu antrian harga terdiri dari ratusan ribu lot. 

Hal ini menunjukkan bahwa likuiditas saham FREN cukup tinggi. Walaupun sahamnya secara nominal sangat murah dan chartnya terkesan saham gorengan, tetapi likuiditas tinggi dan market cap yang cukup besar membuat saham FREN lebih bagus untuk ditradingkan, dibandingkan saham2 murah yang tidak likuid. 

SAHAM FREN UNTUK SWING TRADING 

Kalau anda amati pola saham FREN, terkadang kenaikan saham FREN bisa terjadi dalam waktu yang lebih lama, terutama ketika FREN bisa breakout dari resisten pentingnya: 


Saham FREN yang awalnya sideways akhirnya berhasil breakout (Lihat tanda lingkaran) dengan volume besar (panah merah) dan bisa membentuk pola uptrend lebih panjang. Hal ini menunjukkan bahwa saham FREN juga bisa dimanfaatkan untuk swing trading jika sudah koreksi tajam. 

Pelajari cara-cara menentukan tren dan analisa support resisten untuk swing trading disini: Panduan Simpel & Efektif Screening Saham Bagus + Swing Trading. 

PERUBAHAN TREN SAHAM FREN 

Perlu anda perhatikan juga bahwa saham FREN cukup sering mengalami perubahan tren, baik dari tren naik ke tren turun, ataupun sebaliknya. Oleh karena itu, untuk anda yang ingin trading FREN, manfaatkan untuk trading jangka pendek, mengingat volatilitas harganya yang juga cukup tinggi. 

Di web Saham Gain bagian: Rekomendasi Saham, kita juga sudah sering membahas ulasan saham FREN untuk trading di kisaran support dan resistennya, dan saham fluktuatif saham FREN cukup bagus untuk dimanfaatkan trading.   

Anda bisa manfaatkan FREN untuk trading harian ataupun swing trading. Jika ada tanda-tanda perubahan tren kearah bearish, segera take profit. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.