Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Software Online Trading

El Heze

Seluruh aktivitas beli jual saham, trading, investasi, deposit, withdraw, analisa saham dilakukan melalui software online trading. Jadi sebelum anda memutuskan untuk beli jual saham, anda harus membuka akun saham melalui perusahaan sekuritas. 


Anda juga bisa membuka rekening efek secara online. Langkah-langkah membuka rekening efek secara online step by step dan rekomendasi sekuritas bagus, juga sudah kita bahas pada free ebook berikut: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula.  

Buat para pemula, mungkin anda masih bingung memahami tampilan yang ada pada software online trading. Karena menu-menu di sofware trading cukup banyak. 

Oleh karena itu, di pos ini kita akan membahas tampilan dan menu-menu yang ada pada software online trading, khususnya menu-menu penting yang harus anda pahami. Dalam software trading, ada beberapa menu penting: 

1. Menu Trade / Trading 


Menu Trade atau menu Trading adalah menu yang berguna untuk membeli dan menjual saham, serta melihat transaksi trading yang anda lakukan. Kalau anda ingin beli saham, anda tinggal klik menu Buy. Kalau ingin jual, klik menu Sell kemudian ketikkan kode saham yang ingin anda tradingkan. 

Untuk melihat rincian saham-saham yang sudah anda beli, anda bisa melihatnya melalui menu Order List. Sedangkan anda juga bisa tracing rincian transaksi trading pada hari atau bulan-bulan sebelumnya pada menu Transaction History.  

2. Menu Portofolio 


Menu portofolio memberikan informasi mengenai saham-saham apa yang anda miliki di portofolio. Biasanya ada pada menu Stock atau Equity. Kemudian anda juga bisa melihat berapa modal trading yang sudah anda depositokan, serta sisa modal di portofolio. 

Hal ini bisa anda lihat melalui menu Account Balance. Pada Account Balance biasanya terdiri dari informasi cash balance, current dan opening balance. Untuk memahami perbedaannya, anda bisa pelajari pada pos berikut: Perbedaan Opening Balance, Cash Balance dan Current Balance. 

3. Menu Market 


Menu Market berisi informasi mengenai Running Trade, Top Stocks saham, Market Indices, termasuk berita-berita mengenai saham2 tertentu, aktivitas beli jual saham yang dilakukan setiap perusahaan sekuritas, informasi suspensi saham. 

Kalau anda ingin melihat "rangkuman" pergerakan saham di Bursa Efek, anda bisa utak-atik menu Market. Untuk lebih jelasnya, anda bisa pelajari beberapa pos berikut: Mencari Top Gainer Saham Hari Ini , Kegunaan Mengamati Running Trade Saham, dan Tampilan Running Trade Saham. 

4. Stock / Broker 


Menu ini menampilkan rincian aktivitas beli jual saham yang dilakukan oleh setiap perusahaan sekuritas (Top buyer - top seller). Atau biasanya sering disebut sebagai Broker Summary. 

Dengan Broker Summary, anda bisa melihat apakah saham tertentu sedang banyak dibeli atau dijual oleh top sekuritas (market maker). Analisa saham melalui broker summary kerap kali disebut sebagai analisa bandarmologi. 

Cara membaca broker summary, sudah kita bahas juga pada pos berikut: Cara Melihat & Membaca Broker Summary. 

5. Order Book 
Order Book Saham

Order book berisi informasi tentang pemesanan saham yang menyajikan harga saham dan harga-harga antrian beli jual-nya. Kalau anda ingin membeli saham tertentu, anda pasti akan disajikan tampilan order book seperti contoh diatas. 

Order book berfungsi agar anda bisa menempatkan order beli dan order jual saham sesuai dengan keinginan masing-masing trader. Beberapa contoh cara melihat order book pernah kita bahas pada pos berikut: Panduan Cara Beli Saham BRI.  

6. Bid Offer 
Bid offer 

Bid offer adalah informasi yang menampilkan antrian harga beli (bid) dan antrian harga jual (offer) alias menampilkan banyaknya permintaan dan penawaran suatu saham, termasuk jumlah lot dan orang-orang yang antri beli jual di suatu saham. 

Sebagai trader, anda harus paham cara membaca bid offer, karena tanpa memahami bid offer, anda berisiko menempatkan order trading pada harga yang salah. Bid offer ini juga digunakan untuk melihat order book saham.   

Di web Saham Gain, kita sudah membahas panduan lengkap cara membaca bid offer dalam mekanisme perdagangan. Anda bisa baca pos-posnya disini: 
Bid offer juga bisa digunakan sebagai analisa buat trading harian. Analisa bid offer disebut dengan analisa tape reading. Anda bisa pelajari analisa tape reading lengkap untuk analisa one day trading saham disini: Tape Reading Saham PDF. 

7. Chart Saham

Grafik saham adalah fitur analisis teknikal yang disediakan oleh masing-masing software online trading sekuritas. Berikut tampilan chart saham pada software online trading: 

Grafik saham - Analisis Teknikal

Grafik saham sangat berguna untuk trader sebagai analisa untuk memprediksi saham-saham yang berpotensi naik dalam jangka pendek. Dalam analisa grafik, anda akan mempelajari candlestick, analisa tren, support resisten, chart pattern, indikator dan lain-lain, yang dapat digunakan untuk memilih saham2 bagus di market. 

Anda bisa mempelajari lebih banyak mengenai praktik dan strategi analisis teknikal untuk meraih profit di market, dan cara-cara membaca grafik saham pada Ebook Trading Saham berikut: Ebook Saham Full Analisis Teknikal. 

Itulah beberapa tampilan penting dalam software online trading yang perlu anda pahami. Sebenarnya masih banyak tampilan yang ada di software online trading. 

Namun tampilan-tampilan diatas adalah menu-menu paling penting yang perlu anda pahami, karena berkaitan langsung dengan aktivitas trading yang anda lakukan. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.