Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Kegunaan Mengamati Running Trade Saham

Pernahkah anda mengamati running trade saham? Tahukah anda mengapa running trade selalu dipantengin trader? Trader2 kawakan pun pasti selalu mengamati running trade dalam aktivitas trading mereka. Jika anda belum tahu running, berikut adalah contoh runing trade di salah satu software saham. 


Running trade ini terkadang membuat puyeng kepala anda kalau anda tidak terbiasa memantaunya. Karena setiap detik running trade pasti bergerak terus. Running trade menampilkan semua saham2 di Bursa Efek yang sedang ditradingkan pada saat jam Bursa. Baca juga: Jam Trading Bursa Saham IndonesiaLalu apa kegunaan running trade dan mengapa perlu mengamatinya? Ada beberapa alasan.

Pertama, running trade berguna untuk melihat ramai tidaknya perdagangan saham. Perdagangan saham yang ramai tampak dari running trade yang bergerak dengan cepat. Semakin cepat running trade bergerak dan semakin banyak saham2 yang muncul di running trade menunjukkan bahwa pasar saham semakin ramai. Berarti ada banyak aktivitas transaksi saham pada hari itu. Sebaliknya, jika running trade terlihat lambat maka perdagangan saham sedang sepi pada hari itu.

Menyimpulkan pasar sepi atau ramai berdasarkan running trade memang tidak bisa dilakukan dengan mudah. Karena penilaian setiap orang pasti akan subjektif. Kalau anda sudah terbiasa main saham, melalui running trade anda akan tahu dalam keaddan apa pasar saham dikatakan ramai dan sepi.

Kedua, running trade berfungsi untuk melihat saham2 apa yang paling sering diperdagangkan. Semakin sering saham muncul di running trade, maka saham tersebut semakin diminati / semakin banyak ditradingkan. Kalau anda menemukan saham2 yang banyak diperdagangkan, dan menurut pandangan anda saham tersebut memang sudah berada di support dan siap untuk rebound, maka kemungkinan saham tersebut akan diangkat naik. Saham yang banyak muncul di running trade, saham tersebut memiliki kecenderungan untuk lebih menarik diperdagangkan. 

Running trade dan bandarmologi

Dalam aktivitas trading, saya pribadi hanya kadang2 saja memantau running trade. Mengapa demikian? Running trade seringkali dijadikan sebagai sarana "pancingan" bandar untuk menggoreng saham supaya investor ritel terjebak masuk di saham tertentu. Gimana caranya? Bandar akan membeli saham yang akan digoreng dengan cara membeli sedikit demi sedikit tapi dalam frekuensi yang sangat banyak.

Misalnya membeli saham A dengan jumlah 1 lot yang dicicil sampai 120 kali. Dengan cara seperti ini, maka saham A akan menjadi sering muncul di running trade. Sehingga, saham A menjadi tampak lebih menarik. Dengan cara ini bandar sengaja memancing investor ritel supaya ikut masuk membeli sahamnya. Jadi, saham2 yang tampak sering muncul di running trade, apalagi saham yang aneh2, bisa jadi saham tersebut sebenarnya adalah "tempelan" bandar. 

Kira2 itulah cara membaca running trade dan kegunaan running trade saham. Semoga anda mendapat pencerahan.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.