Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Menghitung Price Earning Ratio (PER) dari Laporan Keuangan

Price Earning Ratio (PER) merupakan analisa rasio keuangan yang digunakan untuk menghitung valuasi saham sederhana. PER adalah rasio valuasi saham yang cukup populer dan sering digunakan, karena cara perhitungannya yang simpel. 


Seperti kita ketahui rumus Price Earning Ratio adalah Harga Saham / Earning Per Share (EPS). Earning per Share atau laba per saham didapatkan dari perhitungan: Laba Bersih / Jumlah Saham Beredar. Baca juga: Makna dan Fungsi Rasio Earning per Share. 

Saya beberapa kali menerima pertanyaan dari rekan-rekan yang baru belajar membaca laporan keuangan: "Pak bagaimana cara hitung Price Earning Ratio dari laporan keuangan?" 

Sebagian angka PER memang mengacu pada angka-angka di laporan keuangan. Jadi pada pos ini, kita akan membahas cara mencari angka PER pada laporan keuangan. 

Cara Menghitung Price Earning Ratio dari Laporan Keuangan 

Tidak semua angka PER bisa anda cari melalui laporan keuangan. Untuk informasi Harga Saham tidak ada di laporan keuangan perusahaan. Apalagi harga saham selalu berfluktuatif. 

Sehingga untuk informasi harga saham yang lebih up-to-date, anda bisa melihatnya pada software trading masing-masing, atau bisa anda lihat informasinya melalui Google (Buka Google lalu ketikkan kode sahamnya, nanti akan muncul harga saham ter-update). 

Namun untuk Earning Per Share, bisa anda cari angka lengkapnya pada laporan laba rugi perusahaan. Earning Per Share ditampilkan setelah angka laba bersih (Laporan laba rugi bagian bawah sendri). 

Berikut contoh tampilan Earning Per Share pada laporan keuangan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP): 

Cara Menghitung Price Earning Ratio dari Laporan Keuangan

Perhatikan EPS ICBP pada laporan keuangan ditampilkan dalam dua tahun, yaitu sebesar Rp565 dan Rp432 per saham. Sehingga untuk angka Earning Per Share anda tidak perlu menghitungnya secara manual, karena sudah ditampilkan di laporan keuangan perusahaan. 

Katakanlah anda ingin mencari Price Earning Ratio (PER) saham PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP).. Misalnya harga saham ICBP saat ini adalah 8.700. Maka PER ICBP adalah sebesar: 8.700 / Rp565 = 15,39 kali.  

Itulah cara menghitung Price Earning Ratio dari laporan keuangan. Selain melalui laporan keuangan, anda juga bisa mencari angka PER melalui RTI Business. Anda bisa baca pos-nya disini: Cara Daftar RTI Business & Data RTI. 

KEGUNAAN PER UNTUK INVESTOR SAHAM  

Dalam praktikknya, ada banyak PER merupakan analisa valuasi saham yang digunakan untuk melihat mahal murahnya harga saham secara fundamental. PER seringkali dipakai oleh investor saham, karena perhitungannya yang mudah diterapkan dan simpel.

Dibandingkan anda melakukan perhitungan metode-metode valuasi yang rumit, PER adalah metode analisa valuasi saham yang mudah untuk diterapkan. Selain itu, menghitung PER juga bisa dilakukan melalui laporan keuangan langsung.   

PER yang murah pada umumnya dibawah 10 kali. Namun ada baiknya anda juga melihat rata-rata PER dengan sektor industri sejenis. Kalau PER saham perusahaan berada dibawah rata-rata industrinya, maka dapat dikatakan valuasi saham masih murah. Demikian pula sebaliknya. 

Selain analisa PER, ada juga analisa valuasi saham yaitu Price to Book Value (PBV). PBV bisa anda kombinasikan dengan PER untuk menganalisa valuasi harga saham. Baca juga: Analisis Fundamental Saham: Price to Book Value (PBV).  

Dalam analisa fundamental, PER hanyalah salah satu ukuran analisa yang digunakan untuk melihat mahal murahnya saham secara fundamental. Anda juga harus melakukan analisa fundamental lainnya, seperrti ROE, DER dan lain-lain 

Setiap sektor industri juga memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga selain menggunakan PER, anda juga harus menganalisa ukuran2 lainnya. Misalnya untuk sektor industri perbankan, PER tidak bisa 100% dijadikan patokan, karena anda juga harus menganalisa risiko kredit macet-nya.  

Anda bisa baca lebih banyak tentang cara menganalisa dan interpretasi PER pada pos berikut: Analisa Fundamental Saham: Price Earning Ratio (PER) dan Valuasi Saham: Price Earning Ratio & Price to Book Value. 

Dan untuk anda yang ingin mendalami lebih banyak analisa fundamental untuk investasi saham, analisa sektoral, analisa laporan keuangan, anda bisa pelajari disini: Ebook Investasi Saham Pemula - Expert. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.