Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Contoh Saham Gorengan

El Heze

Dalam trading saham, anda pasti sering mendengar istilah SAHAM GORENGAN. Saham gorengan memiliki market cap kecil, yaitu antara Rp1-3 triliun, atau dibawah Rp1 triliun.



Karena market cap-nya kecil, maka saham-saham ini mudah 'digoreng' bandar, karena tidak membutuhkan modal terlalu besar untuk menaik-turunkan saham-saham dengan market cap kecil. 

Saham gorengan biasanya sering disebut juga sebagai saham small cap. Kalau anda sering berkunjung ke web Saham Gain, sebenarnya kita beberapa kali sudah membahas tentang kriteria saham gorengan. 

Anda bisa pelajari kembali beberapa analisanya disini: Kenali Saham Gorengan di Indonesia dan Saham Small Cap di Pasar Saham. 

Beberapa ciri utama saham gorengan yang mudah kita lihat antara lain: Bid-offer tipis, grafik sahamnya tidak beraturan, pergerakan harga saham tidak stabil (mudah naik turun dalam waktu cepat), volume tidak stabil, harga saham sering sideways namun hampir tidak diperdagangkan.  

Pada pos ini, kita akan membahas lebih dalam contoh saham gorengan dengan melihat langsung pada grafik-grafik sahamnya. Karena salah satu contoh saham gorengan, juga bisa kita lihat pada pola chartnya. 

Berikut beberapa contoh saham gorengan yang bisa anda lihat melalui pola-pola pergerakan grafiknya: 

Saham ADES

Diatas adalah salah satu contoh saham gorengan, di mana pola pergerakannya tidak stabil. Saham ADES memiliki volume transaksi kecil, harga sahamnya nyaris tidak bergerak (lihat tanda-tanda persegi). 

Namun saham ADES beberapa kali mengalami kenaikan cepat, dan tidak lama kemudian mengalami penurunan sangat drastis dalam waktu singkat beberapa hari (tanda lingkaran), setelah itu sahamnya kembali diam di tempat.    

Saham AISA

Perhatikan pola saham AISA, di mana saham AISA cenderung diam di tempat, hampir tidak ada fluktuatif dalam waktu agak lama (lihat tanda-tanda persegi). Tetapi saham AISA bisa naik drastis waktu singkat. 

Setelah mencapai kenaikannya, saham AISA pun terjun bebas dan kembali ke pola sideways awal, dengan volume tipis. 

Saham AKPI

Pola candlestick saham AKPI diatas sebenarnya sudah menunjukkan bahwa saham tersebut sangat tidak likuid, dan sahamnya rentan digoreng bandar (kenaikan harga saham drastis, namun tidak lama kemudian jatuh, lihat tanda lingkaran). 

Anda bisa lihat pola2 candlesticknya yang tipis, seringkali hanya membentuk seperti garis. Hal ini menunjukkan adanya transaksi saham yang sangat rendah pada saham tersebut. 

Saham IKAN

Pola saham IKAN cenderung turun terus dengan bentuk candlestick yang tipis, dan pola cenderung sideways. Kita bisa lihat saham IKAN diatas memiliki pola pergerakan yang kurang atraktif (hampir tidak ada fluktuatif stabil).

Di satu sisi, saham ini juga mengalami kenaikan drastis secara tiba-tiba (tanda lingkaran) dengan volume besar. Tapi tidak lama kemudian sahamnya koreksi, dan nyaris tidak ada volume transaksi. Ini adalah salah satu contoh konkrit saham gorengan di market. 

Idealnya harga saham yang pergerakannya bagus pasti mengalami fluktuatif, sehingga tampak dari pola chartnya seperti contoh saham PGAS berikut:


Pola saham ini PGAS merupakan contoh saham yang punya fluktuatif bagus. Bisa anda lihat ada pola kenaikan dan koreksi yang cukup seimbang. Bisa anda bandingkan dengan pola chart saham2 diatas. 

Itulah cara melihat contoh saham gorengan pada grafik saham. Memang untuk melihat lebih banyak praktik pergerakan saham gorengan, terkadang anda juga perlu melihat fluktuatif bid offernya di market.

Nanti anda akan bisa membedakan lebih dalam contoh-contoh pergerakan saham gorengan dan saham yang likuid.  

Pada pos berikut: Daftar dan Contoh Saham Gorengan, kita juga sudah membahas daftar contoh saham gorengan yang ada di Bursa Efek Indonesia. Anda bisa pelajari kembali. 

KEUNTUNGAN DAN RISIKO TRADING SAHAM GORENGAN 

Trading di saham gorengan ada keuntungan dan risikonya masing-masing. Memang faktanya, saham gorengan punya rasio risk yang lebih besar dari rewardnya. Khususnya untuk teknikalis, saham2 gorengan memang sulit diprediksi dengan analisa teknikal. 

Anda bisa lihat sendiri pola2 grafik saham gorengan yang tidak likuid, harga sahamnya sering bergerak tiba2. Tentu hal ini membuat analisa teknikal sulit menganalisa sahamnya. 

Tetapi beberapa saham gorengan memang juga bisa memberikan profit untuk trader, khususnya untuk scalping trading. Kalau anda ingin trading di saham gorengan, pilihlah saham gorengan yang bisa dianalisa, sehingga bisa anda manfaatkan untuk scalping profit 5-10% harian. 

Anda bisa pelajari strategi2 scalping di saham gorengan disini: Cara Trading Cepat 15 Menit - Scalping Trading Saham. 

Untuk anda yang ingin trading di saham2 gorengan, anda harus tetap perhatikan manajemen modal. Usahakan untuk tetap memprioritaskan saham2 likuid di portofolio anda. Saham2 gorengan bisa anda gunakan modal 5-10% saja maksimal. 

Tipikal pergerakan saham gorengan juga tidak cocok untuk disimpan terlalu lama. Mayoritas saham gorengan bagus untuk strategi trading cepat menitan (scalping).

Semoga pos ini menambah wawasan kita semua tentang pengertian, contoh dan penjelasan lebih banyak tentang saham-saham gorengan, sehingga dengam memahami tipe2 saham, anda juga bisa mengambil keputusan trading lebih baik. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.