Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Berapa Harga 1 Lot Saham Astra?

Salah satu perusahaan ternama di Indonesia yang sahamnya go public di Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah PT Astra International Tbk (ASII). Yap, saham ASII biasa disebut sebagai saham Astra. 


Dengan status perusahaan go public, maka sebagai masyarakat, anda bisa menjadi investor saham Astra. Anda punya hak untuk membeli sahamnya. Pelajari juga langkah2 membeli saham di Bursa Efek disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula.  

Ketika berbicara tentang saham Astra, sebenarnya ada beberapa grup perusahaan Astra yang go public. Anda bisa baca disini daftar perusahaan Grup Astra: Daftar Perusahaan Grup Astra. 

Ada Astra International, ada Astra Agro Lestari yang bergerak di bidan bisnis kelapa sawit (CPO), ada Astra Graphia dan lain2. Semua merupakan perusahaan Astra yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek. 

Namun perusahaan induk grup Astra memang dipegang oleh PT Astra International Tbk (ASII), sehingga saat menyinggung saham Astra, biasanya akan mengacu langsung pada saham ASII. 

Banyak trader dan investor awam yang ingin membeli saham Astra, dan bertanya-tanya: Berapa harga 1 lot saham Astra? Bagaimana caranya supaya saya bisa membeli saham Astra? 

Oleh karena itu, di pos ini kita akan membahas harga 1 lot saham Astra, yaitu saham PT Astra International Tbk. Cara paling mudah dan update mencari harga 1 lot saham Astra bisa anda lakukan dengan cara Googling dan ketikkan: "Harga  saham ASII". 

Maka di halaman pencarian teratas, anda akan menemukan harga saham ASII sebagai berikut: 
Berapa harga 1 lot saham Astra?

Itulah harga 1 lot saham Astra yaitu Rp5.575 per lembar saham. Minimal pembelian saham adalah 1 lot. Jadi kalau anda ingin membeli saham Astra, maka modal minimal yang harus anda keluarkan adalah: 

Rp5.575 per lembar saham x 1 lot x 100 lembar saham = Rp557.500Catatan = 1 lot setara dengan 100 lembar saham. Dan jangan lupa tambahkan fee beli, karena setiap sekuritas menerapkan fee beli, tetapi jumlahnya memang tidak terlalu besar hanya sekitar 0,15-0,20%. 

Anda bisa pelajari cara menghitung fee beli dan fee jual saham disini: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya

Tetapi perlu anda perhatikan juga, bahwa harga 1 lot saham Astra pasti akan berubah-ubah selama jam Bursa saham. Hal ini karena saham ASII pasti diperdagangkan oleh trader selama jam market.

Apalagi Astra termasuk saham yang likuid di Bursa Efek, sehingga harga sahamnya cenderung bergerak dan ber-fluktuatif (naik turun). Jadi anda juga perlu melihat update harga saham Astra secara real time. Anda bisa melihat harga saham Astra melalui: 

1. Google 
2. Software online trading masing-masing 

Nah, sekarang kita coba lihat historis harga saham Astra selama all time Astra melantai di Bursa Efek. Perhatikan chart Astra (ASII) berikut: 

Grafik Saham Astra 

Pada grafik saham Astra diatas, terlihat harga saham Astra cukup fluktuatif, di mana saham Astra bahkan sempat menyentuh harga Rp9.000 per lembar saham, dan juga pernah menyentuh harga Rp4.000 per lembar saham (untuk 1 lot sahamnya). 

Jadi kalau anda ingin melihat harga saham Astra 1 lot, anda juga perlu menyesuaikan dengan harga saham terbaru saat ini (update). Lalu, bagaimana cara membeli saham Astra? 

Bid offer saham Astra

Di dalam perdagangan saham ada yang namanya bid offer. Inilah yang harus anda pahami, supaya anda bisa menempatkan order beli saham. Langkah awal supaya bisa membeli saham Astra, tentu anda harus membuka akun saham di kantor sekuritas atau secara online. 

Anda bisa pelajari cara-caranya disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. Anda bisa pelajari panduan cara membeli saham Astra disini: Panduan Cara Membeli Saham Astra. 

Itulah harga 1 lot saham Astra di Bursa saham. Kalau anda ingin melihat harga saham Astra Group lainnya, caranya sama. Anda bisa ketikkan kode sahamnya dan lihat harga sahamnya melalui Google atau software trading online masing-masing.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.