Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Daftar Perusahaan Grup Astra

El Heze
Perusahaan Astra pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Yap, Astra adalah perusahaan besar yang sangat terkenal di Indonesia. Produk Astra yang paling kita kenal selama ini adalah produk-produk otomotif (produksi kendaraan). 



Perusahaan PT Astra International Tbk juga merupakan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) alias perusahaan go public. Namun perusahaan Astra tidak hanya satu. 

Ada beberapa perusahaan yang berada dalam satu grup, yang seringkali dikenal sebagai Grup Astra, dan perusahaan-perusahaan grup Astra juga merupakan perusahaan go public yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia. Berikut adalah daftar perusahaan grup Astra: 

1. PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), sub sektor perkebunan. 
2. PT Acset Indonusa Tbk (ACST), sub sektor konstruksi bangunan. 
3. PT Astra Graphia Tbk (ASGR), sub sektor jasa komputer & perangkat lainnya. 
4. PT Astra International Tbk (ASII), sub sektor otomotif & komponen.
5. PT Astra Otopart Tbk (AUTO), sub sektor otomotif & komponen. 
6. PT Bank Permata Tbk (BNLI), sub sektor bank. 
7. PT United Tractor Tbk (UNTR), sub sektor perdagangan besar produksi (pengadaan alat berat tambang).  

PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) merupakan perusahaan yang fokus di bidang industri perkebunan kelapa sawit yang memproduksi minyak mentah / Crude Palm Oil (CPO).  

PT Acset Indonusa Tbk (ACST) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pembangunan dan konstruksi, yaitu membangun gedung tempat tinggal, hotel, apartemen, gedung perniagaan, insfrastruktur sipil dan lain2. 

PT Astra Graphia Tbk (ASGR) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan, jasa peralatan kantor, teknologi informasi. ASGR menyediakan solusi dokumen dan teknologi infomrasi termasuk document input, document management, dan document output. Perusahaan melayani penjualan produk Fuji Xerox. 

PT Astra International Tbk (ASII) merupakan perusahaan yang kegiatan utamanya melakukan perakitan, produksi dan penyaluran mobil Toyota, Daihatsu, Izusu, UD Trucks, Peugeot, BMW serta sepeda motor Honda dan termasuk suku cadangnya. Di grup Astra, ASII merupakan perusahaan induk.  

PT Astra Otopart Tbk (AUTO) adalah perusahaan yang kegiatan utamanya memproduksi dan memasarkan berbagai macam produk komponen dan suku cadang untuk kendaraan bermotor roda dua dan roda empat. Beserta penawaran lini produk yang termasuk produk electrical, engine, power train dan lain2. 

PT Bank Permata Tbk (BNLI) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perbankan (bank) seperti halnya Bank BCA, Bank BRI dan lain2. Bank Permata menawarkan rangkaian produk dan jasa perbankan seperti rekening giro, tabungan, deposito, obligasi, reksadana, pinjaman perorangan, kartu kredit dan lain.

PT United Tractor Tbk (UNTR) adalah perusahaan yang menyediakan produk-produk alat berat dari merk-merk ternama seperti Komatsu, UD Truck, Bomad, Komatsu Forest, Tadano, Scania. UNTR adlaah perusahaan yang menyediakan alat-alat berat untuk kegiatan kontraktor pertambangan. 

Karena perusahaan-perusahaan tersebut adalah perusahaan go public, maka anda sebagai masyarakat umum memiliki kesempatan untuk membeli saham-saham perusahaan Grup Astra tersebut. Syaratnya, anda harus sudah membuka rekening efek di kantor sekuritas (atau bisa juga secara online). 

Secara struktur perusahaan, PT Astra International Tbk (ASII) merupakan induk perusahaannya. Sedangkan Kelima Grup Astra lainnya adalah sebagai anak usaha (subsidiary company). Berikut struktur perusahaan Grup Astra jika digambarkan dalam bagan:
Daftar perusahaan Grup Astra
Di Bursa Efek Indonesia, PT Astra International Tbk adalah perusahaan blue chip, yang memiliki kapitalisasi pasar saham paling besar dibandingkan subsidiary company-nya, dan memiliki 6 anak perusahaan dibawahnya yaitu ACST, ASGR, AUTO, BNLI, UNTR dan AALI. 

Karena PT Astra International Tbk adalah perusahaan induk serta memiliki aset yang paling besar, maka Astra International adalah perusahaan yang paling dikenal oleh masyarakat. Jadi, ketika kita berbicara perusahaan Astra, maka Astra International produksi kendaraan adalah perusahaan yang brand image-nya melekat di mindset masyarakat. 

Tapi kalau kita analisa lebih dalam, Astra terdiri dari grup perusahaan (Grup Astra) dan bisa dibagi menjadi beberapa anak perusahaan yang bergerak di berbagai sektor usaha/ bisnis.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.