Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Membeli Saham Astra

Ketika anda mendengar: "beli saham Astra", maka perusahaan apa yang ada dalam benak anda? Perusahaan Astra di Indonesia sebenarnya dibagi menjadi beberapa grup, yang biasa dikenal dengan Grup AstraGrup Astra bisa dibagi menjadi tujuh perusahaan yaitu: 


 
1. PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) di sektor perkebunan
2. PT Acset Indonusa Tbk (ACST) di sektor konstruksi bangunan
3. PT Astra Graphia Tbk (ASGR) di sektor jasa komputer & perangkat 
4. PT Astra International Tbk (ASII) di sektor otomotif & komponen 
5. PT Astra Otopart Tbk (AUTO) di sektor otomotif & komponen 
6. PT Bank Permata Tbk (BNLI) di sektor perbankan 
7. PT United Tractor Tbk (UNTR) di sektor layanan perdagangan & investasi

Jadi perusahaan Grup Astra ada tujuh, dan ada 4 perusahaan yang ada terdapat nama "Astra" yaitu AALI, ASGR, ASII dan AUTO. Tetapi Grup Astra yang paling terkenal adalah PT Astra International Tbk (ASII). 

Yap, karena ASII memang ada induk perusahaan dari semua Grup Astra, sedangkan 6 perusahaan lainnya merupakan anak usaha (subsidiary company) dari Astra International. Jadi ketika kita bicara tentang saham Astra, maka biasanya trader / investor mengacu pada saham ASII, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang otomotif & komponen. 

Jika anda ingin membeli saham Astra, berikut panduan cara membeli saham Astra:

1. Membuka akun saham di kantor sekuritas 

Membeli saham dilakukan melalui software online trading. Oleh karena itu, jika anda belum memiliki akun software online trading, anda bisa buka akun di kantor sekuritas terdekat atau melalui online. 

Di web Saham Gain, saya sudah pernah memberikan panduan cara buka akun sekuritas maupun secara online pada free ebook (33 halaman) yang bisa anda download free disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

2. Login ke software online trading --> Trade --> Buy atau tekan Alt + F2

Setelah anda sudah memiliki software trading dari sekuritas, anda bisa login kemudian masuk ke menu Trade --> Buy. 


Anda juga bisa langsung tekan tombol Alt + F2, yaitu menu untuk membeli saham pada software online trading. Di pos ini, saya menggunakan software trading Danareksa Sekuritas. Secara umum, menu-menu utama software saham sama, hanya ada perbedaan tampilan. Anda bisa menyesuaikan tampilannya pada software trading anda masing2. 

2. Setelah klik menu buy, muncullah tampilan order buy pada software trading: 

Cara membeli saham Astra
Perhatikan nomor 1. Untuk bisa membeli saham Astra, anda harus ketikkan kode sahamnya. Kode saham PT Astra International Tbk adalah ASII (pasar reguler). Setelah itu, akan muncul tampilan harga saham Astra saat ini yang bisa anda lihat melalui bid dan offer (tanda lingkaran). 

Harga saham Astra terakhir adalah 4.860 (harga offer yang paling atas). Kalau anda belum paham cara membaca bid offer antrian harga saham, anda bisa pelajari pada tulisan-tulisan saya disini:   


Perhatikan nomor 2. Anda harus ketikkan harga (price) dan jumlah lot yang ingin anda beli. Lot adalah satuan perdagangan saham, di mana 1 lot = 100 lembar saham. Sesuaikan jumlah saham yang ingin anda beli dengan modal yang anda miliki. 

Jadi katakanlah anda membeli Astra di harga 4.860 sebanyak 10 lot. Maka uang yang harus anda keluarkan untuk membeli saham Astra adalah: Rp4.860 x 10 lot x 100 lembar saha = Rp4.860.000. Ditambah dengan fee beli sekuritas. Baca juga: Fee Beli Jual Saham dan Cara Menghitungnya.

Perhatikan nomor 3. Setelah anda ketikkan harga dan jumlah lot yang anda inginkan, anda bisa tekan tombol BUY. Dan anda sudah dinyatakan memiliki saham Astra. 

3. Analisis saham sebelum membeli

Tujuan kita membeli saham adalah untuk mendapatkan profit yaitu dengan membeli saham di harga rendah dan menjual pada harga lebih tinggi. Oleh karena itu, sebelum anda membeli saham, anda harus melakukan analisis terlebih dahulu. 

Analisis saham yang harus anda gunakan salah satunya adalah analisis teknikal / chart. Lihatlah grafik (chart) saham tersebut, apakah sudah layak dibeli atau belum. 

Grafik Saham Astra - ASII
Anda bisa pelajari juga cara-cara melakukan analisis teknikal untuk mendapatkan profit disini: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

Panduan cara membeli saham Astra ini juga berlaku untuk semua saham di Bursa Efek. Anda hanya perlu ketikkan kode saham yang ingin anda beli, karena setiap perusahaan memiliki kode saham yang berbeda-beda. 

Semoga pos ini bisa memberikan pemahaman untuk rekan-rekan pemula yang ingin memulai belajar saham. Dengan ada pos ini, setidaknya anda yang ingin membuka rekening saham, anda bisa memahami beberapa tampilan utama di software online trading. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.