Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Dividen Trap Saham Telkom - Part II

Sesuai yang kita bahas di Part I sebelumnya: Dividen Trap Saham Telkom - Part I, saya berjanji akan menerbitkan pos lanjutannya. Ini dia pos lanjutan dividend trap saham TLKM. 


Pada part sebelumnya, kita sudah membahas pola dividend trap yang terjadi di saham TLKM, dan memang benar saham TLKM setelah cum date, terkena dividend trap yang membuat harga sahamnya langsung jatuh dalam waktu cepat, sehingga membentuk gap down. 

Di pos ini kita akan bahas bagaimana pergerakan saham TLKM beberapa hari kedepan setelah ex date? Apakah turun terus? Atau sebaliknya, harganya langsung rebound? Perhatikan grafik saham TLKM dua hari setelah dividend trap: 

Saham TLKM
Catatan: Untuk memahami pola chart saham TLKM sebelumnya, ada baiknya anda baca Part I sebelumnya: Dividen Trap Saham Telkom - Part I.

Sehari setelah dividend trap, saham TLKM masih melanjutkan penurunannya, namun penurunannya sudah mulai terbatas. 

Anda bisa lihat penurunan saham TLKM (candle merah yang terakhir sebelum candle hijau panjang) sebenarnya cukup tertahan, karena ada long lower shadow yang artinya harga saham berhasil naik lagi setelah menyentuh harga terendahnya di hari itu.

Di hari kedua, saham TLKM ternyata sudah rebound cukup tinggi (tanda panah), dan TLKM berhasil menutup gap down-nya kembali. Apa yang bisa kita pelajari dari dividend trap saham TLKM? 

Dari pengujian market yang sudah kita lakukan di kedua part tulisan ini, kita bisa menyimpulkan bahwa mayoritas saham blue chip yang terkena dividend trap, biasanya sahamnya akan lebih cepat naik / rebound. 

Kalau nanti ada pengumuman dividen, ada baiknya anda juga perhatikan saham2 blue chip seperti BBRI, BBCA, INDF, ASII dan lain2.. Perhatikan pergerakan sahamnya beberapa hari setelah dividend trap. Umumnya saham2 blue chip tidak butuh waktu lama untuk naik lagi, MINIMAL NUTUP GAP-NYA. 

Sebagai trader saham jangka pendek, gap down yang terbentuk setelah dividend trap sebenarnya juga bisa anda manfaatkan sebagai area resisten untuk take profit, karena saham2 blue chip yang naik setelah dividend trap, biasanya akan naik ke area gap-nya dulu pasca ex date.

Selain itu, penurunan harga saham blue chip setelah dividend trap biasanya juga tidak akan terlalu besar (sampai terkena auto reject bawah misalnya).  

Nah bandingkan dengan saham-saham non blue chip atau bahkan saham gorengan yang setelah kena dividend trap, harganya biasanya butuh waktu sangat lama untuk kembali ke harga awal atau nutup gap. 

Salah satunya seperti dividend trap saham MPMX yang harganya justru turun terus pasca dividend trap. Anda bisa pelajari kembali ulasannya disini: Analisa Saham MPMX dan Dividend Trap. 

Anda mungkin bertanya-tanya: "Berarti kalau saham blue chip sekelas TLKM cuma butuh waktu dua hari buat naik ya Bung Heze?"

Memang tidak ada jawaban yang pasti butuh berapa hari saham blue chip akan naik setelah kena dividend trap. Apalagi tiap saham memiliki tipe yang berbeda-beda. Saham TLKM yang kita bahas di pos ini, belum tentu sama dengan saham2 yang lain. 

Tapi biasanya, saham blue chip nggak butuh waktu lama untuk rebound, paling tidak 2-4 hari atau seminggu, saham2 blue chip sudah mulai bisa naik pasca dividend trap tersebut. 

Yap, jadi kalau anda menemukan saham2 blue chip yang kena dividend trap dan harganya sudah mulai menarik untuk ditradingkan, anda bisa kawal terus sahamnya, karena nggak butuh waktu lama buat naik. 

Namun ada baiknya anda juga perhatikan beberapa analisa berikut, karena analisa2 ini sebenarnya juga sangat mempengaruhi cepat atau tidaknya harga saham blue chip naik setelah dividend trap: 

1. Saham tersebut memang sudah diskon / murah 

Saham yang sudah terdiskon setelah dividend trap, membuat saham tersebut berpeluang tinggi untuk naik lebih cepat. Para pelaku pasar biasanya kerap kali mengincar saham2 blue chip yang harganya sudah diskon. 

Jadi, kalau saham tersebut belum diskon secara teknikal, kemungkinan besar kenaikan harga sahamnya akan relatif lebih lama dibandingkan saham2 blue chip yang memang sudah turun dan diskon. 

Bagaimana cara supaya anda bisa paham apakah suatu saham sudah diskon atau belum? Anda bisa pelajari strategi2 dan praktik mencari saham diskon disini: Full Praktik Menemukan Saham Diskon & Murah. 

2. Kondisi pasar saham yang lagi naik / rebound

Pergerakan saham blue chip biasanya searah / berkorelasi positif terhadap IHSG. Artinya kalau IHSG turun saham blue chip akan ikut turun dan sebaliknya. Jadi saham blue chip yang kena dividend trap biasanya juga akan lebih cepat naik jika didukung dengan IHSG yang rebound / naik di hari itu.  

Apa yang kita bahas di pos ini, bisa anda jadikan acuan analisa untuk trading-trading selanjutnya. Jadi kalau anda menemukan saham-saham blue chip yang kena dividend trap, anda sudah tahu apa yang harus dilakukan.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.