Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Analisa Saham MPMX dan Dividend Trap

Sebelum saya menulis analisa MPMX, saya mohon maaf dulu pada rekan-rekan, karena saya agak telat menulis pos ini. Soalnya banyak sekali teman-teman yang request bahas tentang MPMX (sebenarnya juga sudah saya jawab secara singkat melalui FB, WA, email), tapi saya belum sempat nulis yang lebih panjang dan detail di web Saham Gain. 

Dibawah ini adalah salah satu pertanyaan rekan trader di WA tentang saham MPMX: 


Yap, saya nulis analisa MPMX ini di tanggal ex date dividennya. Tapi itu nggak masalah. Soalnya tulisan ini bakalan terus berlaku sampai kapanpun, dan anda nantinya juga bakal menemukan kasus-kasus yang serupa di saham lain. Trust me... 

Lalu kenapa harus saham MPMX?  Sekarang mari kita bahas... 

Saham MPMX sempat menjadi bahan perbincangan di kalangan pebisnis saham. Kalau kita melihat pergerakan chart MPMX, memang ada yang aneh dengan saham ini karena naik terus selama 2 mingguan. 

Di satu sisi, nggak ada yang spesial dengan saham maupun emiten ini. Fyi, MPMX kode saham dari PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk, yang kegiatan usaha utamanya sebagai penyalur sepeda motor Honda (platform penjualan kendaraan). 

Ternyata setelah saya lihat penyebab naiknya MPMX, ada dua hal yang menyebabkan pelaku pasar terus membeli saham ini, yaitu: 

1. Laba bersih MPMX melonjak tajam

Perhatikan laporan keuangan laba rugi konsolidasi MPMX dibawah ini: 


Laba bersih MPMX per 31 Desember 2017 cuma sekitar Rp412 miliar. Namun per 31 Desember 2018 labanya melonjak menjadi Rp3,7 triliun. Dengan kata lain, kenaikan laba bersihnya sekitar 798%.. 

Tapi masalahnya, laba sebesar ini bukanlah didapatkan murni dari aktivitas operasionalnya. Kita bisa lihat 'Penjualann Bersih' MPMX cuma naik sekitar 7% dari Rp14 triliun ke Rp15 triliun, atau naiknya hanya sekitar 7%.  

Dan justru akun 'laba neto dari operasi yang dilanjutkan' ini mengalami penurunan cukup tajam (karena kenaikan beban). Kalau kita jeli mengamati lagi, laba MPMX yang melonjak ini dikarenakan MPMX mendapatkan 'angin segar" dari 'Laba Neto dari Operasi yang Dihentikan'.

Kalau anda mau lihat rincian  'Laba Neto dari Operasi yang Dihentikan', anda bisa download LK-nya disini: Laporan Keuangan MPMX dan buka catatan 32. 

Di tahun 2017 hanya sekitar Rp285 miliar. Tahun 2018 naik menjadi Rp3,6 triliun... Sehingga, inilah yang akhirnya menyebabkan laba bersih secara keseluruhan langsung meroket.

Seharusnya perusahaan yang fundamentalnya bagus itu, adalah perusahaan yang mampu menaikkan laba dari operasi usahanya dan bisa terus kontinu. 

Masalahnya, laba dari operasi yang dihentikan sifatnya cuma temporer, maka kemungkinan besar perusahaan hanya akan mendapatkannya di periode itu saja. 

Setelah itu, pada periode selanjutnya ketika nggak ada lagi laba tersebut, dan operasional perusahaan tetap di situ-situ saja, maka ya sudah, labanya akan kembali seperti sebelumnya. 

So, nggak ada yang spesial kan sebenarnya? 

Tapi jangan heran dengan kebiasaan pelaku pasar. Ketika ada berita laba MPMX naik tajam, maka sebagian besar pelaku pasar akan menginterpretasikan: Fundamentalnya mulai bagus, sehingga waktunya beli saham. 

Momen seperti ini juga akan dimanfaatkan oleh bandar: Pemain-pemain besar (bandar), akan menggoreng berita "positif" (laba naik, dividen naik) dengan cara mendongkrak / menggoreng saham, sehingga bandar ini sebenarnya juga bermaksud untuk menjebak kita trader ritel agar ikutan beli sahamnya.

2. MPMX mau bagi dividen jumbo

Nah, karena MPMX berhasil memperoleh laba segede gaban ini, akhirnya manajemen memutuskan untuk membagikannya dalam bentuk dividen, di mana nilai dividend per share nya adalah Rp480 per saham. Dan dividend yieldnya luar biasa: 33%! Padahal saham sekelas Indofood saja dividend yieldnya cuma sekitar 3%-an.. 

Sehingga, ketika MPMX sudah mulai naik 2 mingguan, MPMX ini jadi trending topic. Banyak sekali trader yang mau beli MPMX karena mau dapat dividen, karena dividend yieldnya besar.. 

Banyak juga trader yang mau beli MPMX dan jual di tanggal cum datenya, sehingga trader cuma incar capital gain.. Nggak dapat dividen nggak apa2.. 

Di grup FB Saham Gain, MPMX ini juga banyak diperbincangkan. Beberapa hari sebelum tanggal cum date MPMX, ada seorang rekan yang membahas tentang dividen MPMX. Dan saya merespon (di kolom komentar) seperti ini: 

Klik gambar untuk memperbesar

ANALISA DIVIDEN SAHAM MPMX 

Karena MPMX sudah naik jauh2 hari sebelum dividen (MPMX juga mau bagi dividen jumbo) maka inilah yang harusnya diwaspadai karena risiko dividend trapnya sangat besar. Apalagi fundamental MPMX ini juga nggak ada yang spesial, bahkan kenaikan labanya "tidak jelas". Baca juga tentang dividend trap disini: Dividend Trap Saham dan Cara Mengatasinya

Ternyata benar, saat tanggal ex datenya, MPMX langsung anjlok 24% saat opening.. Anda bisa lihat bid-offer serta grafik MPMX saat ex date dibawah ini:

Turun 24%, langsung auto reject bawah

Gap down yang sangat besar saat ex date, padahal volume saham sebelumnya sangat tipis

Tentu saja, kalau anda ngotot beli dividen sehari sebelum cum date, maka anda akan terkena dividend trap secara telak.

Jadi kesimpulannya, kalau anda mau mengincar dividen, nggak peduli anda trader atau investor, anda harus perhatikan tips-tips berikut: 

1. Perhatikan fundamental perusahaan 

Dividen besar belum tentu fundamental perusahaan bagus. Jika anda mau lebih aman, tenang secara psikologis, maka incarlah perusahaan yang bagi dividen dan fundamentalnya bagus... Misalnya seperti saham2 blue chip. 

Di FB tadi, juga sudah saya tuliskan bahwa saya nggak berani incar saham MPMX ini karena fundamentalnya nggak ada yang spesial sebenarnya. 

Artinya, saya nggak peduli mau ada dividen sebesar apapun. Mau sahamnya rame dibicarakan. Tapi kalau fundamental perusahaan nggak jelas, maka ya risikonya seperti MPMX ini jadinya... 

Jangan mudah terjebak dengan kata-kata 'dividen besar', dividen jumbo', 'untungnya besar'.. Kalau ada perusahaan yang mau bagi dividen besar, dan anda belum kenal dengan perusahaan dan sahamnya, cross check dulu laporan keuangannya. 

2. Cari perusahaan yang bagi dividen besar dan STABIL

Kalau ada perusahaan bagi dividen besar sekali di tahun ini, tapi tahun sebelum dividennya sangat kecil atau bahkan nggak bagi dividen, harusnya saham2 seperti itu patut dipertanyakan. 

Bukankah lebih aman jika anda mengincar saja perusahaan yang bagi dividen besar dan stabil (selalu membagi dengan payout ratio yang konsisten)? Perusahaan2 yang fundamentalnya bagus ini pun, sahamnya bakalan balik naik lagi meskipun di tanggal ex datenya jatuh. 

3. Perhatikan faktor teknikal  

Grafik saham itu penting. Kalau ada perusahaan yang bagi dividen besar, tapi volume sahamnya tipis, saham tidak likuid, maka saham2 ini risikonya besar, dan sangat mungkin kenaikan saham di tanggal2 sebelum cum date itu adalah JEBAKAN BANDAR, supaya anda ikut masuk di saham tersebut. 

Di tanggal ex date, saham tersebut akan 'dibanting', sehingga trader2 yang sudah terlanjur beli, akan terjebak dengan penurunan yang tiba2.. Walaupun anda dapat dividen, tapi dividen anda belum menutup (unrealized) capital loss anda.  

Apakah MPMX bakal turun terus? Apakah nggak bisa naik lagi? Tentu bisa, semua kemungkinan pasti ada.  

Tapi daripada anda spekulasi beli saham-saham seperti ini, anda nggak tenang, anda cek terus sahamnya karena kepikiran, bukankah lebih baik anda incar saham yang lebih pasti secara fundamental dan teknikal?

Itulah mengapa seperti yang saya tuliskan tadi, saya nggak peduli dan bakalan mengabaikan saham2 yang bagi dividen besar, ramai dibicarakan, di mana orang2 yang awalnya nggak tahu apa-apa soal saham ini, lalu ikut nyemplung. Karena justru disinilah ada perangkap bandar yang berbahaya. 

Karena bagi saya, baik trading maupun investasi, kita harus mendapatkan valuenya. Value itu bukan hanya profit, tapi psikologis yang tenang. Jangan sampai aktivitas saham menghambat aktivitas2 kita yang lain. 

Seperti yang saya tuliskan di awal-awal paragraf tadi, bahwa kedepan kemungkinan anda bakal menemukan saham2 seperti MPMX. Dan nantinya saham2 seperti itu pasti bakal ramai di kalangan trader, bahkan trader2 pemula akan ikutan beli sahamnya tanpa tahu analisanya.  

Oleh karena itu, saya mengulas saham MPMX ini cuku detail beserta seluk beluk dividen, agar jika sewaktu-waktu anda menemukan saham yang mirip dan anda tergiur, anda tahu apa yang harus dilakukan. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.