Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Dividen Trap Saham Telkom - Part I

Pembagian dividen merupakan momen yang selalu ditunggu-tunggu trader maupun investor saham. Di sisi lain, pembagian dividen terkadang juga membuat trader saham was-was, karena kita mengenal adanya DIVIDEND TRAP pasca ex dividend. 



Tulisan tentang penjelasan dividend trap bisa anda pelajari disini: Dividend Trap Saham dan Cara Mengatasinya. Dividend trap kerap kali terjadi pada saham-saham blue chip karena saham2 tersebut memiliki kinerja yang bagus dan bisa membagikan dividen besar, sehingga investor / trader pasti akan lebih responsif terhadap pengumuman dividen di saham-saham blue chip. 

Dividend trap biasanya diawali dengan kenaikan harga saham yang cukup signifikan beberapa hari sebelum cum date dividen. Atau bisa terjadi juga, harga saham naik signifikan hanya saat cum date (hari-hari sebelumnya tidak naik). 

Jadi kalau anda menemukan saham yang harganya naik terus sebelum cum date dividen, kemungkinan besar di tanggal ex datenya, akan terjadi dividend trap. Yap, kurang lebih seperti itu teori dan praktikknya. Dan pengujian dividend trap lebih sering terjadi di saham2 blue chip. 

Di pos ini, kita akan bahas dividend trap yang terjadi pada saham TLKM (TLKM adalah sla. Dividen trap saham Telkom seringkali menjadi pembahasan trader / investor. Maka dari itu, kita semua juga perlu mempelajari pola-pola tersebut. 

Sekarang anda bisa perhatikan chart saham TLKM berikut (chart ini saya ambil 2 dua hari sebelum cum date dividen): 

Saham TLKM
Seperti yang kita bahas tadi, potensi dividend trap rentan terjadi kalau harga saham beberapa hari sebelum cum date cenderung naik terus. 

Tapi anda bisa lihat chart TLKM diatas (terutama yang saya beri tanda lingkaran), harga saham TLKM ternyata nggak naik signifikan. Justru ada dua hari di mana TLKm mengalami koreksi drastis karena sebelumnya sudah naik tinggi akibat technical rebound. 

Lalu bisa anda perhatikan tiga candlestick terakhirnya yang warna hijau, TLKM memang ditutup menguat (naik), tetapi harga sahamnya cenderung mendatar, tidak ada kenaikan yang signifikan. 

Berarti nggak akan kena dividend trap saat ex date ya pak Heze? Tanya anda. 

Tunggu dulu. Kita nggak bisa menyimpulkan terlalu cepat, apalagi saham blue chip, dividend trap biasanya rentan terjadi walaupun harga saham sebelumnya tidak naik terlalu signifikan. Sekarang kita perhatikan lagi chart TLKM berikut terutama saat cum date dan ex date: 


Dividen trap saham Telkom
Ternyata di tanggal ex date (tanda panah) terjadi dividend trap pada saham TLKM. Tampak jelas ada gap down (tanda persegi) yang terjadi pada candle terakhir dibandingkan candle sebelumnya (cande sebelumnya, yang ada long upper shadow adalah candle TLKM saat cum date dividen). 

Anda bisa lihat candlestick TLKM saat cum date. Candlestick TLKM membentuk long upper shadow yang cukup panjang dan candle berwarna merah (harga saham turun saat closing). 

Ini menunjukkan bahwa di tanggal cum date banyak trader yang memborong saham sehingga harganya naik. Namun setelah harganya naik, para trader melakukan aksi profit taking yang cukup besar di hari yang sama, sehingga harga sahamnya turun dan membentuk long upper shadow yang artinya harga saham turun jauh dari harga tertingginya. 

Hal tersebut bisa menunjukkan bahwa mayoritas trader saham menyadari bahwa pada saat ex date harga saham TLKM berpotensi jatuh, sehingga banyak trader yang memanfaatkan momen untuk trading harian saat cum date. Pola candlestick TLKM di tanggal cum datenya ini bisa jadi salah satu indikasi dividend trap. 

Dari dividend trap saham Telkom kita bisa menyimpulkan: Saham blue chip sangat rentan terkena dividend trap, walaupun harga sahamnya tidak naik signifikan beberapa hari sebelum cum date.

Pada pola chart TLKM diatas sebelum cum date, justru harga saham TLKM cenderung sideways, walaupun di tanggal cum date ada pola yang menunjukkan indikasi akan terjadi dividend trap. 

Jadi, kalau anda membeli saham blue chip yang sedang mendekati tanggal cum date dividen, anda harus waspadai risiko dividend trap. Ada baiknya kalau anda sudah profit, anda bisa jual sahamnya sebelum ex date. 

Kecuali kalau tujuan anda memang ingin dapat dividen, anda tidak perlu menjual saham anda sebelum ex date. 

Tapi biasanya kalau saham blue chip kena dividend trap, harganya nggak akan sampai kena auto reject bawah (ARB). Selain itu, mayoritas saham blue chip harganya juga relatif lebih cepat pulih setelah turun banyak (tergantung kondisi market juga, karena saham2 blue chip pergerakannya mengikut IHSG).  

Dividend trap memang tidak 100% pasti terjadi di saham blue chip. Tetapi lebih dari 90% saham blue chip yang membagikan dividen, pada saat ex date nyaris selalu terjadi dividend trap. 

Rasanya masih belum komplit kalau kita cuma bahas dividend trap-nya, karena beberapa di web Saham Gain ini, kita sebenarnya sudah beberapa kali bahas dividend trap. 

Jadi bagaimana kalau kita bahas juga pergerakan saham TLKM setelah dividend trap? Tapi kita akan bahas ini untuk beberapa waktu kedepan, karena kita harus melihat chart TLKM selama paling tidak beberapa hari kedepan untuk pengujian. Pelajari lanjutan pos ini: Dividen Trap Saham Telkom - Part II.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.