Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Berapa Harga Saham Bank BCA Per Lembar?

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) adalah salah satu saham yang  go public di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kita semua tahu bahwa Bank BCA adalah perusahaan perbankan yang sangat ternama di Indonesia. 



Mengingat Bank BCA adalah perusahaan go public, maka anda sebagai masyarakat umum memiliki hak untuk memiliki saham BCA tersebut. Banyak rekan pemula yang ingin memulai belajar saham bertanya ke saya: 

Berapa harga saham Bank BCA per lembar?
Bagaimana caranya melihat harga sahamnya BCA? 
Kalau mau lihat harga saham BBCA, apa perlu pakai aplikasi khusus? 

Di pos ini kita akan membahas bersama. Untuk mengetahui berapa harga saham bank BCA per lembar (harga saham BBCA yang terakhir), anda bisa melihatnya melalui situs Google atuapun cek langsung di software online trading anda masing-masing. 

1. Lewat Google 

Caranya sangat gampang. Buka situs Google.com. Kemudian anda ketikkan "Saham BBCA". BBCA adalah kode saham Bank BCA. Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut ini: 
Harga saham BBCA
Di situs Google, akan muncul harga saham BBCA yang terakhir. Pada tampilan diatas, harga saham terakhir BBCA adalah Rp30.600 (tanda lingkaran). 

2. Melalui software online trading 

Jika anda sudah membuka akun saham di sekuritas, anda bisa login melalui software online trading masing-masing dan ketikkan kode saham BBCA. Tampilannya kurang lebih seperti berikut: 

Harga Saham BCA per Lembar
Untuk melihat harga saham BBCA, anda bisa lihat harga saham terakhirnya (Last). Pada tampilan diatas, harga saham terakhirnya adalah Rp30.600. 

Jika anda melihat harga saham BBCA melalui software online tradimg, tampilan harganya akan lebih real time. Karena pada software trading (terutama saat jam trading), harga saham terus bergerak, sehingga anda bisa melihat berapa harga saham terakhirnya. 

Kalau anda belum membuka akun rekening saham, anda bisa cek harga saham BCA langsung melalui situs Google yang paling cepat caranya. 

3. Situs IDX dan Yahoo Finance 

Selain melihat lewat Google, anda sebenarnya bisa melihat harga saham BBCA melalui Yahoo Finance atau situs Idx.co.id. Cara-caranya bisa anda pelajari disini: 

Cara Melihat Harga Saham di IDX 
Cara Melihat Data Harga Saham Yahoo Finance 

Catatan: Harga saham BBCA bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk melihat harga saham real time, anda harus melakukan cross cek sendiri, baik melalui situs Google, IDX, Yahoo Finance maupun software online trading. 

Butuh Modal Berapa untuk Beli Saham BCA? 

Mengacu pada contoh diatas, maka harga saham BCA per lembar adalah sebesar Rp30.600 per lembar saham. Jadi butuh modal minimal berapa untuk bisa beli saham BCA? 

Perlu anda ketahui, minimal pembelian saham adalah 1 lot dan kelipatannya (2 lot, 3 lot, 4 lot dan seterusnya). Lot adalah satuan perdagangan saham, di mana 1 lot = 100 lembar saham. 

Jadi minimal modal yang anda butuhkan untuk beli saham BCA adalah Rp30.600 x 1 lot x 100 lembar saham = Rp3.060.000. Ditambah dengan fee beli sekuritas. Pelajari juga: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya. 

Yap, jadi setidaknya anda butuh modal lebih dari Rp3.000.000 untuk membeli satu lot (100 lembar) saham BBCA. Kok mahal? 

Saham BBCA memang harganya cukup mahal secara nominal. Karena perusahaannya memiliki kinerja fundamental  (keuangan) yang bagus dan brand image yang ternama, maka harga sahamnya pun juga relatif naik terus. 

Namun tidak menutup kemungkinan manajemen perusahaan memutuskan untuk melakukan stock split (pemecahan saham), sehingga harga sahamnya menjadi jauh lebih murah dan terjangkau dengan modal kecil. Pelajari juga: Pengertian dan Ilustrasi Stock Split. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.