Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Sekuritas untuk Day Trading

Saya sering dapat pertanyaan dan request dari para trader untuk memberikan rekomendasi sekuritas yang bagus untuk day trading (trading harian / intraday). 

  

Sebelum kita masuk lebih jauh, anda perlu pahami dahulu apa itu day trading saham. Sesuai namanya, day trading adalah trading harian / intraday trading, yaitu trading saham dengan jangka waktu harian: Beli jual saham di hari yang sama sampai sekitar 3 harian trading.  

Anda juga bisa menerapkan full praktik cara-cara memilih saham yang fluktuatifnya bagus dan mudah naik dalam waktu harian disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham (358 halaman). 

Dari sini kita bisa menyimpulkan kalau day trading adalah trading dengan jangka waktu yang relatif singkat. Karena jangka waktunya pendek, otomatis FREKUENSI TRADING lebih banyak. 

Dalam day trading, anda akan lebih aktif melakukan transaksi trading. Walaupun day trading tidak harus dilakukan setiap saat, namun suka tidak suka, anda pasti akan lebih banyak trading dibandingkan swing atau positioning trader.  

Jadi, apakah ada software saham dari sekuritas yang secara khusus bisa lebih mendukung untuk trading harian? 

Semua software saham, rata-rata memiliki menu-menu umum yang sama. Dalam trading yang terpenting adalah kemampuan anda untuk melakukan analisa dan memilih saham. 

Sebenarnya nggak ada software sekuritas khusus yang harus digunakan buat day trading. Artinya, semua software sekuritas bisa digunakan buat trading harian. 

Akan tetapi, buat anda yang punya keinginan untuk trading harian, anda mungkin bisa tetap mempertimbangkan beberapa aspek fasilitas sekuritas yang cocok buat day trading.  

Berikut beberapa hal yang bisa anda pertimbangkan terkait aspek-aspek sekuritas untuk day trading: 

1. Cari software sekuritas saham yang fee-nya rendah 

Seperti yang kita bahas tadi, kalau anda memutuskan trading harian, otomatis frekuensi trading anda bakalan lebih banyak. Oleh karena itu, saran saya pilihlah sekuritas yang fee beli & jual-nya rendah.

Pilihlah sekuritas yang fee beli dan jualnya TIDAK LEBIH BESAR DARI 0,18% (fee beli) dan 0,28% (fee jual). Pilih sekuritas yang minimal fee-nya 0,15-0,17% dan 0,25-0,27%. 

Setiap transaksi trading dikenakan fee beli dan jual. Semakin banyak transaksi trading, maka besarnya fee akan semakin berpengaruh apalagi kalau anda melakukan trading harian. 

Contoh sekuritas yang fee beli jualnya rendah adalah Sinarmas Sekuritas & Mirae Sekuritas (Fee beli dan jual adalah 0,15% & 0,25%). Atau anda bisa memilih perusahaan sekuritas yang fee-nya hanya 0,17% dan 0,27% seperti Danareksa Sekuritas, BNI Sekuritas. 

Tapi kalau anda bertujuan untuk swing trading atau investasi saham, kemungkinan besar fee sekuritas nggak akan terlalu berpengaruh pada anda. Fee sekuritas akan memberikan pengaruh jika anda melakukan transaksi trading dalam frekuensi lebih banyak.   

2. Software sekuritas yang tidak delay data 

Day trading membutuhkan data real time market, karena anda harus lebih sering memantau pasar saham. Trading harian seringkali juga mendukung ketika dilakukan di awal sesi market. 

Oleh karena itu, pilihlah sekuritas yang datanya real time (tidak ada delay chart misalnya delay 10-15 menit). Beberapa sekuritas yang tidak ada delay contohnya seperti Mirae, BNI Sekuritas, Danareksa. 

Sebagai tambahan, untuk meyakinkan apakah software saham ada delay data atau tidak,  anda bisa download fasilitas virtual trading pada masing-masing software sekuritas. Dengan demikian, anda bisa melihat apakah software online trading dari sekuritas yang bersangkutan memiliki data real time market atau tidak. 


3. Software yang bisa menampilkan bid offer lengkap 

Day trading seringkali membutuhkan analisa tape reading untuk melihat saham-saham yang akan naik harian. Pelajari juga: Tape Reading Saham untuk Trading Harian. 

Karena dengan analisa tape reading (bid offer), anda bisa melihat kekuatan bid offer market selama jam trading. Analisa bid offer seringkali memberikan gambaran saham2 yang fluktuatifnya bagus dan potensial untuk trading cepat. 

Jadi, carilah sekuritas software online trading yang menampilkan data-data bid dan offer (ask) lengkap. At least, pilihlah sekuritas yang dapat menampilkan: Bid, Splits (jumlah orang yang antri saham), Offer, Bid Lots dan Offer Lots. 

Contoh seperti pada software Danareksa Online (D'One) berikut, di mana software tradingnya menampilkan data-data bid offer secara lengkap dan real time:  

Sekuritas untuk Day Trading

Itulah beberapa kriteria sekuritas untuk day trading yang bisa anda pertimbangkan buat trading harian saham. Sekali lagi, tidak ada sekuritas yang secara khusus digunakan untuk trading harian. 

Semua software online trading dari sekuritas bisa dipakai untuk trading harian, tergantung dari analisa yang anda lakukan. Namun jika anda memang benar2 ingin memilih sekuritas buat trading cepat, pilihlah sekuritas dengan tiga kriteria itu tadi: Fee rendah, tidak delay data, dapat menampilkan bid offer lengkap.    

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.