Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Tape Reading Saham untuk Trading Harian

El Heze
Sebagai trader saham, anda pasti tidak asing dengan istilah TAPE READING SAHAM. Tape reading merupakan bagian dari analisa saham, untuk melihat seberapa kuat permintaan beli, penawaran jual dari suatu saham.



Singkatnya, tape reading adalah analisa untuk membaca BID OFFER / antrian saham, dan tape reading ini pada umumnya dilakukan selama jam trading saham.  

Lalu apa pentingnya analisa tape reading? Dalam hal apa analisa tape reading dipakai untuk trading? 

Kalau anda melakukan analisa tape reading, anda bisa melihat apakah suatu saham cenderung lebih banyak yang beli, atau sebaliknya, cenderung lebih banyak penawaran jual. 

Bid offer itu sendiri terjadi atau berlangsung selama jam trading (live trade), sehingga analisa tape reading sangat bagus untuk membeli saham-saham yang berpotensi naik dalam jangka waktu harian (intraday).

Jika suatu saham di jam trading banyak yang berminat untuk membeli, artinya saham tersebut punya potensi naik dalam jangka waktu singkat, beberapa jam mendatang sampai tiga harian. Sebaliknya, jika sautu saham banyak penawaran jual, maka saham tersebut berpotensi turun atau sideways dalam jangka pendek.   

Dasar-dasar tape reading/ analisa bid offer, sebenarnya juga sudah pernah kita bahas bersama di web Saham Gain. Kalau anda ingin paham basic tape reading, anda bisa pelajari beberapa tulisan seri tape reading disini:


Kemudian anda bertanya: "Pak Heze, kalau cuma membaca bid offer apa gunanya? Kan setiap kali kita mau beli saham, pasti kita melihat bid-offernya dulu" 

Jangan salah, analisa tape reading bukan sekedar membaca bid offer. Tape reading lebih ke praktik aplikatif yang digunakan untuk memilih saham-saham apa yang berpotensi naik di hari yang sama. Baca juga: Teknik Beli Saham Pagi Jual Sore - Trading Cepat. 

Analisa tape reading khusus untuk praktik intraday trading, dan memaksimalkan profit dari trading harian, bisa anda terapkan strategi-strateginya disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham (357 halaman). Berikut cover ebook intraday dan analisa tape reading:

Klik cover untuk memperbesar

Di dalam trading harian, analisa tape reading memegang peranan penting untuk mengetahui saham-saham yang mudah naik dalam jangka pendek, dan punya potensi menghasilkan profit harian. 

Tetapi tentu saja tape reading bukanlah satu-satunya analisa untuk trading cepat. Artinya, tape reading harus anda kombinasikan dengan beberapa analisa teknikal dan analisa momentum, analisa market untuk menghasilkan analisa saham yang bagus. 

Jadi, kalau anda ingin praktik analisa tape reading untuk trading harian, di Ebook Intraday & One Day Trading yang saya terbitkan di web Saham Gain, anda sudah mendapatkan full praktiknya. 

Selain anda praktik tape reading, kita juga praktikkan kombinasi analisa-analisa simpel yang bisa anda terapkan langsung untuk memilih saham bagus harian secara otodidak. 

Apa yang kita praktikkan di ebook intraday trading ini, ada banyak trik-trik dan strategi trading yang tidak ada di buku-buku saham diluar, sehingga anda bisa mendapatkan ilmu baru dan full praktik yang bisa anda terapkan untuk trading pribadi anda.  

Jika anda ingin trading cepat, jangan melewatkan analisa tape reading untuk memilih saham. Ingat, bahwa analisa tape reading bukan hanya sekedar membaca bid-offer, tetapi tape reading dapat digunakan sebagai analisa untuk melihat kecenderungan market dan psikologis pasar saat itu. 

Dengan melihat apa yang pelaku pasar (trader) inginkan melalui kekuatan permintaan (bid) dan penawaran (offer), anda akan lebih memahami arah harga saham jangka pendek, apakah cenderung bullish atau bearish. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.