Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Teknikal Saham FREN

El Heze
Saham PT Smart Telecom Tbk (FREN) merupakan saham di sub sektor telekomunikasi. Yap, pada sub sektor ini juga terdapat beberapa saham seperti TLKM, ISAT, EXCL, di mana TLKM sebagai market leadernya (saham blue chip). 


FREN adalah saham yang cukup menarik untuk trader saham karena saham FREN harganya sangat murah, bisa dijangkau dengan modal kecil, dan volatilitas saham FREN ini cukup tinggi. 

Tapi di satu sisi, saham FREN ini menurut analisa saya pribadi, termasuk dalam saham HIGH RISK, sehingga trader saham yang tidak menyukai risiko tinggi, saham FREN ini kurang saya sarankan. 

Saya juga sering dapat pertanyaan dari trader untuk membahas analisa teknikal saham FREN. Oleh karena itu, di pos ini kita akan bahas charting saham FREN dan strategi tradingnya. Sekarang anda bisa lihat analisis teknikal saham FREN berikut ini:

Analisis teknikal saham FREN

Saham FREN- 1 tahun
Chart pertama adalah analisa chart FREN selama 2 tahun, sedangkan yang bawah selama 1 tahun. Pada chart, kita bisa lihat bahwa FREN adalah saham yang volatilitas harganya sangat tinggi. 

Perhatikan bahwa saham FREN yang awalnya sempat berada di harga gocap, harganya tiba-tiba naik drastis (tanda persegi, chart pertama) dalam kurun waktu sekitar 1 bulan sampai ke harga 300. Namun tidak lama kemudian harga sahamnya anjlok lagi sampai ke 100.  FREN jatuh dari 300 ke 100 dalam waktu cepat.  

Anda bisa perhatikan juga di chart kedua, di mana setelah FREN sempat mengalami fluktuatif yang sangat tajam, FREN kemudian terus bergerak sideways, dengan volume yang sepi transaksi. 

FREN bahkan sempat hampir turun ke 50, namun kemudian harganya balik naik cepat sampai ke 100 lagi. Tetapi pada grafik diatas (grafik kedua), kita bisa perhatikan volume FREN yang sangat tidak stabil. 

Volume FREN terkadang tinggi, namun terkadang volume sangat tipis dan nyaris tidak terlihat. Ini menunjukkan bahwa fluktuatif harga FREN yang tidak stabil. Harga saham bisa ditradingkan oleh banyak pelaku pasar dan bandar dalam waktu tertentu. Namun di waktu lain, sahamnya tidak digerakkan oleh bandar. 

Anda bisa bandingkan volume saham FREN ini dengan saham2 di sektor sejenis seperti EXCL atau TLKM, di mana EXCL atau TLKM memiliki volume transaksi saham yang jauh lebih stabil dibandingkan FREN. 

Apa yang bisa kita pelajari dari chart FREN ini?

pergerakan saham FREN ini mirip dengan pergerakan SAHAM GORENGAN. Anda bisa lihat pola2 pergerakannya yang sangat volatil dan transaksinya yang terkadang tidak stabil. Baca juga: Kenali Saham Gorengan di Indonesia.

Harga saham FREN yang relatif kecil (murah secara nominal) membuat bandar saham lebih mudah untuk menggerakkan saham ini, sehingga volatiliasnya sangat tinggi, dan saham FREN ini bisa naik dan turun puluhan persen hanya dalam sehari. Saham2 seperti ini tentu jarang kita temukan pada saham2 blue chip.  

Anda bisa perhatikan saham-saham yang harga / nominalnya rendah di Bursa Efek, biasanya harga sahamnya memiliki volatilitas yang cukup tinggi. 

Melihat pola pergerakan dan volatilitas saham FREN yang cukup tinggi dan terkadang tidak beraturan, ada beberapa strategi trading di saham FREN yang bisa anda pertimbangkan: 

1. Volatilitas saham FREN bisa anda manfaatkan untuk scalping / trading jangka pendek 

Anda bisa memanfaatkan FREN untuk trading jangka pendek atau memanfaatkannya untuk scalping trading (beli jual saham menitan).

Trik-trik dan strategi membaca sinyal saham untuk scalping trading, bisa anda pelajari juga disini: Cara Trading Cepat 15 Menit - Scalping Trading. 

Mengapa trading jangka pendek? Karena mempertimbangkan volatilitas harga sahamnya, serta historis harga saham FREN yang sudah beberapa kali turun sampai ke level gocap (Rp50, yang merupakan harga saham terendah), cukup berisiko untuk menyimpan saham ini terlalu lama. 

Kalau anda sudah profit, ada baiknya anda segera ambil untung, karena volatilitas harga yang tinggi ini membuat pergerakan FREN ini bisa turun dengan cepat sewaktu-waktu. 

Catatan: Scalping trading cocok untuk anda yang memang memiliki tipikal trading cepat. Kalau anda lebih terbiasa menerapkan buy and hold atau swing trading, anda tidak perlu memaksakan strategi scalping dalam trading anda. 

2. Kalau fundamental perusahaan masih rugi, jangan hold saham terlalu lama 

Saham FREN yang volatil, harga saham rendah, beberapa kali turun sampai ke harga gocap pasti ada penyebabnya. Yap, saham2 yang turun terus biasanya karena fundamentalnya kurang baik (rugi bersih, ekuitas negatif, utang gede, dan lain2). 

FREN sendiri merupakan perusahaan yang laporan keuangannya sering mengalami rugi bersih. Itulah kenapa harga sahamnya juga tidak terlalu bagus, baik dari segi fluktuatif maupun nominal harga sahamnya. 

Nah, selama fundamental perusahaan masih merugi, saran saya jangan hold saham terlalu lama, walaupun tujuan anda untuk trading saham (bukan investasi). Karena risiko menyimpan saham2 seperti ini cukup besar. 

Ingat bahwa harga saham akan kembali ke faktor fundamentalnya. Kalau fundamental perusahaan jelek, harga saham cepat atau lama akan balik lagi mencerminkan fundamentalnya. 

Sebagai contoh, saham2 blue chip. Perusahaan blue chip sekelas BBRI, BBCA, TLKM harga sahamnya cenderung tinggi bahkan mereka pernah stock split. Hal ini karena fundamentalnya bagus, sehingga ketika harga turun, banyak yang beli. 

Tapi kalau fundamental perusahaan kurang baik, sangat mungkin harga sahamnya turun (dijual) dengan cepat. 

"Bung Heze, kira-kira saham FREN bisa naik banyak lagi ndak?" Tanya anda 

Tentu bisa, jika fundamentalnya membaik. Bukan hanya karena harganya diangkat oleh bandar saham. Mengingat FREN (Layanan internet Smartfren) juga masih banyak dibutuhkan, maka ketika fundamental perusahaan membaik, harga sahamnya pasti bisa naik lagi. 

Dalam hal ini, anda harus mencermati perkembangan fundamental maupun teknikal saham FREN. Kalau pola pergerakannya masih sama, tidak ada perubahan seperti sebelumnya, saran saya, jangan hold saham terlalu lama. Manfaatkan saja untuk trading jangka pendek atau scalping trading. 

Ingatlah juga bahwa FREN sudah pernah menyentuh harga gocap secara historis. Hal ini sangat berisiko kalau sewaktu-waktu FREN kembali lagi ke harga gocap, karena saham2 yang sudah dibawah Rp150 per saham, berisiko turun ke gocap. Anda bisa baca sedikit ulasan saya tentang saham gocap disini: Saham BKSL: Turun ke Harga Gocap (Rp50). 

Kita nanti juga coba bahas analisa fundamnetal saham FREN, karena beberapa rekan juga request untuk membahas prospek fundamental FREN. Baca juga: Analisis Fundamental Saham FREN.

2 komentar:

  1. Bagaimana kita bisa tau kalau saham itu mau di goreng...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa lihat dari net-buy sell (broker summary), bid offer dan volume saham

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.