Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Membuat Watchlist Saham

El Heze
Watchlist saham atau daftar saham yang dipantau adalah bagian dari analisa saham.  Anda baik trader saham pemula hingga trader expert harus memiliki WATCHLIST SAHAM pribadi. Di pos ini, kita akan bahas sedikit banyak tentang watchlist saham, karena banyak trader saham yang masih belum memahami pentingnya watchlist. 



Sebagian trader saham biasanya fokus untuk mendapatkan profit besar. Padahal memiliki watchlist / daftar saham pilihan adalah salah satu senjata utama anda agar bisa meraih profit di saham. 

Kenapa watchlist saham itu penting? Bayangkan di pasar saham kita ada banyak sekali jumlah saham. Tentu anda tidak mungkin memantau semuanya. Selain itu, tidak semua saham di Bursa Efek bagus untuk ditradingkan. 

Apalagi kalau anda adalah trader saham yang punya pekerjaan utama, anda orang sibuk, maka melihat semua saham satu per satu untuk dipilih akan sangat membuang banyak waktu.   

Itulah kenapa watchlist saham sangat penting. Tujuan watchlist saham adalah supaya anda memiliki beberapa daftar saham saja yang paling bagus dan layak ditradingkan. Jadi, selama jam trading, anda bisa memprioritaskan saham-saham yang ada di watchlist anda untuk ditradingkan. Artinya, anda tidak perlu melihat semua saham di Bursa Efek satu per satu. 

Praktik-praktik screening saham pilihan untuk mendapatkan watchlist / stock pick saham berkualitas, serta panduan memilih saham yang layak trading, bisa anda pelajari juga praktik-praktikknya disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus (365 halaman). 

Lalu, berapa jumlah saham ideal yang sebaiknya dimasukkan di dalam watchlist saham? Saran saya, anda cukup memiliki 10-25 saham di dalam watchlist. Banyak sedikitnya saham bisa anda sesuaikan dengan karakter trading dan kesibukan anda masing2. 

Kalau anda memiliki lebih sedikit waktu untuk memantau saham, anda bisa pertimbangkan untuk membuat beberapa saham watchlist saja, misalnya 10 saham. Kalau anda ingin memiliki lebih banyak variasi saham yang dipantau, anda bisa tambah watchlist saham sesuai dengan kemampuan masing2.  


Ada beberapa cara melakukan watchlist saham, yaitu dengan cara manual. Kedua melalui software trading.  

1. Watchlist saham manual

Watchlist saham bisa anda lakukan secara manual, yaitu dengan cara menuliskan sendiri melalui excel atau kertas daftar saham-saham apa saja yang mau anda tradingkan buat keesokan hari. 

Anda bisa menuliskan beberapa saham, tidak perlu terlalu banyak, yaitu 3-7 saham, karena saham2 yang anda watchlist secara manual hanya saham2 yang khusus mau anda tradingkan dalam beberapa waktu kedepan karena sinyal buy-nya sudah bagus. Berikut contoh watchlist saham manual: 
Watchlist saham manual
Setelah anda menuliskan watchlist saham manual, yaitu daftar saham yang mau anda tradingkan keesokan harinya, anda bisa fokus untuk memantau analisis teknikal khusus ketujuh saham tersebut. Jadi anda tidak perlu melihat / memantau seluruh daftar saham selama jam trading. 

2. Watchlist saham melalui software trading 

Anda juga bisa melakukan watchlist saham melalui software trading langsung. Setiap software trading bisa digunakan untuk membuat daftar saham pilihan yang ingin anda pantau dengan cara membuat 'watchlist baru'.

Anda bisa menggunakan software trading bawaan sekuritas atau aplikasi saham seperti Investing untuk memasukkan saham2 pilihan kedalam daftar watchlist. Contoh tampilannya seperti ini: 


Klik gambar untuk memperbesar

Itu adalah contoh cara memasukkan daftar beberapa saham buat watchlist. Jadi anda hanya fokus memantau beberapa saham yang sudah anda masukkan di daftar saham pilihan anda. 

Pada software trading, anda juga bisa melakukan watchlist dengan cara screening sinyal-sinyal indikator tertentu. Contohnya seperti yang sudah pernah kita bahas disini: Software Saham Screener Lengkap untuk Analisa Teknikal. Baca juga: 2 Aplikasi untuk Screening Saham. 

Kedua watchlist saham, baik manual maupun melalui software sama-sama bagus. Watchlist saham manual biasanya digunakan untuk tujuan yang lebih spesifik. Watchlist manual khusus untuk memilih beberapa saham yang sudah siap anda tradingkan. 

Sedangkan watchlist melalui software trading khusus anda gunakan untuk memantau saham-saham yang layak untuk ditradingkan, bukan hanya saham2 yang sudah menunjukkan sinyal buy, tetapi juga saham2 yang secara analisa teknikal bagus dan menguntungkan. 


MEMBUAT WATCHLIST SAHAM YANG BENAR

Di dalam trading, anda harus membuat watchlist saham, di mana saham2 yang ada di dalam watchlist harus berisi saham2 yang benar-benar bagus dan layak ditradingkan, supaya hasil trading anda bisa lebih maksimal. 

Saran saya, supaya saham2 yang ada dalam watchlist anda berisi saham2 berkualitas, ada baiknya anda menyeleksi saham2 yang mudah dianalisa dengan analsia chart, dan memiliki pergerakan harga yang baik. 

Contohnya seperti saham2 yang ada di indeks LQ45 atau indeks IDX80. Praktik2 screening dan watchlist saham bagus, bisa anda pelajari juga disini: Ebook Panduan Memilih Saham Bagus Pemula - Expert.  

Jadi dengan adanya watchlist saham, anda tidak perlu bingung ketika menghadapi market. Anda tidak perlu bingung memilih saham. Anda tidak perlu bingung harus beli saham apa dari sekian banyak saham yang ada di Bursa. 

Intinya, watchlist saham bisa mengarahkan supaya anda memiliki arah trading yang lebih baik. Inilah yang menjadi salah satu faktor anda dalam meraih profit lebih maksimal di dalam trading saham. 

Mengingat watchlist saham memiliki banyak manfaat untuk menunjang trading anda, maka anda para trader yang belum punya watchlist saham, segeralah untuk menyusun daftar saham apa saja yang akan anda masukkan di dalam stock pick. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.