Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

2 Aplikasi untuk Screening Saham

Banyak trader yang bertanya: "Pak Heze, apa tool yang bisa digunakan buat screening / memilih saham yang bisa menghasilkan sinyal beli dan jual saham?"  

Well, sebenarnya ada banyak tool ataupun software untuk melakukan screening saham. Tetapi anda harus paham dahulu dengan konsep screening saham. Jangan sampai anda salah melangkah, yang pada akhirnya justru screening saham ini membawa anda pada pemilihan saham yang salah. 

Screening saham biasanya bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu: Manual dan pakai software screener. Mari kita bahas: 

1. Screening saham manual 

Screening saham manual, sesuai namanya berarti anda memilih (screening) saham dengan cara seleksi sendiri, dan mengamati pola2 saham, pola2 teknikal / grafik-nya. 

Software yang digunakan untuk screening manual cukup menggunakan software trading yang anda pakai. Anda nggak perlu pakai software2 khusus screener, atau software2 berbayar yang harganya puluhan juta, karena hal itu sama sekali tidak menjamin screening anda lebih bagus. 

Justru dengan melakukan screening saham manual, anda akan lebih terlatih untuk menghadapi market. Anda akan paham sendiri dengan pola-pola grafik seperti apa yang bagus untuk trading, dan grafik2 seperti apa yang harus dibuang dari daftar trading anda. 

Jadi, screening saham manual inilah adalah screening  utama yang saya sarankan pada anda. Dibawah ini, bisa anda lihat contoh singkat video screening grafik manual. Jadi anda melihat sendiri pola-pola grafik saham, untuk melihat tren, support resisten, dan saham2 yang layak untuk trading.  


Screening saham manual

Sudah lihat videonya? Yap, di video tersebut, anda bisa lihat contoh screening manual, dengan cara memilih saham2 pribadi dengan melihat chart dan pola2nya.  

Itu adalah salah satu contoh screening saham. Tentu saja, dalam screening saham, ada strategi2 yang harus anda terapkan agar bisa menemukan saham yang bagus, sehingga anda bisa meraih profit konsisten. Baca juga: Praktik Memilih Saham Bagus Pemula - Expert. 

Catatan: Sebenarnya videonya ini bisa saya buat lebih panjang, tapi karena di web / blog hanya dibatasi kapasitas video maksimal cuman 100 mb, maka saya crop videonya. Tapi yang penting, anda bisa dapat intinya. 

Strategi2 screening saham, strategi2 memilih saham bagus untuk trading, screening saham untuk mendapatkan profit konsisten, bisa anda dapatkan praktik2nya disini: Ebook Panduan Simpel & Efektif Memilih Saham Bagus.  

2. Screening saham pakai aplikasi / software screener 

Anda juga bisa melakukan screening saham menggunakan aplikasi khusus screening analisa teknikal. Kalau anda pakai aplikasi khusus, berarti anda mengikuti sinyal buy dan sell yang dihasilkan dari software screener tersebut. Berikut contoh software screening saham: 


Klik gambar untuk memperbesar 

Screening saham aplikasi bisa anda baca disini: Software Saham Screener Lengkap untuk Analisa Teknikal. Jadi dalam software screener, software akan memberikan sinyal buy atau sell dari indikator2 yang sudah anda pilih.  

Mana yang lebih baik? Tentu saja, pertama anda harus melakukan screening saham manual. Karena biar bagaimanapun dengan screening saham manual, anda akan lebih memahami analisa2 saham yang sesungguhnya. Screening saham menggunakan software screener sifatnya hanyalah tambahan.

Dua aplikasi / dua cara screening inilah yang bisa anda lakukan ketika anda mau memilih saham-saham untuk trading.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.