Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Teknikal Saham untuk Pemula

Bicara tentang analisa teknikal, ada banyak sekali analisis teknikal yang bisa digunakan secara aplikatif untuk menganalisa dan trading saham. Analisa teknikal itu sangat luas, mulai dari analisis yang paling basic sampai kombinasi-kombinasi analisa teknikal simpel hingga yang paling rumit. 


Kalau anda sering-sering membaca ulasan analisa teknikal, baik dari media online, ataupun pendapat-pendapat trader tentang teknikal saham tertentu.. Setiap trader bisa memiliki analisa dan cara pandang saham yang berbeda-beda, walaupun analisa yang dipakai sama: Analisa teknikal. 

Ada trader yang suka menggunakan analisa candlestick. Ada yang hanya mengandalkan chart pattern. Ada yang suka pakai parabolic SAR, MACD, atau MA, maupun Fibonacci dan lain-lain. 

Banyaknya ulasan-ulasan saham yang sangat variatif, justru membuat trader pemula bingung: Analisis teknikal mana yang harus saya pakai dan pelajari terlebih dahulu? 

Analisis teknikal yang digunakan trader serta analis-analis saham belum tentu cocok untuk diaplikasikan sesuai dengan karakter trading pribadi anda. Apalagi untuk adna yang masih pemula, analisa teknikal yang kompleks masih belum saya sarankan 

Oleh karena itu, sebagai trader saham pemula, anda harus analisis-analisis teknikal utama sebagai 'batu lompatan' anda untuk memahami analisis teknikal ke level selanjutnya. Berikut adalah analisis teknikal saham untuk pemula, yang harus anda pahami terlebih dahulu: 

1. Membaca candlestick dasar 

Inti dari analisis teknikal adalah candlestick. Grafik saham terbentuk dari candlestick. Chart pattern juga terbentuk dari candlestick. Demikian juga, indikator bisa memberikan sinyal karena ada candlestick2 historis yang terbentuk di grafik selama time frame tertentu. 

Artinya, kalau anda belum paham cara membaca candlestick dasar, jangan harap anda bisa menggunakan analisis teknikal untuk praktik trading. Sebagai pemula, pahami dulu cara membaca candlestick. 

Candlestick basic terdiri dari harga Open, High, Low dan Close (OHLC) serta terdiri dari dua warna yaitu candlestick hijau (saham naik) dan candlestick merah (saham turun). 

Saya juga jelaskan juga lebih detail pos-pos mengenai cara membaca candlestick disini: Belajar Candlestick Saham: Profit dari Candlestick dan Analisis Harga Saham: Open, High, Low, Close. 

Kalau anda trader saham pemula, baru saja belajar saham dan anda berkunjung ke tulisan ini, pelajari tulisan2 yang saya ulas tentang membaca candlestick dasar tersebut. Jangan terburu membaca indikator apalagi nekad beli saham kalau anda masih belum bisa membaca candlestick dasar.  

2. Indikator saham untuk pemula

Setelah anda sudah bisa membaca candlestick dasar, barulah anda saya sarankan untuk mempelajari indikator saham. Indikator saham adalah analisa saham yang cukup mudah dipahami pemula, karena membaca indiktor saham tidaklah sulit. 

Anda yang bukan dari basic ekonomi atau sekolah pasar modal pun saya yakin anda pasti mampu membaca indikator. Anda para trader pemula yang kritis kemudian bertanya:

"Tapi Bung Heze, indikator kan ada buanyaaak banget.. Masa kalau pemula harus pelajari semua. Kalau mau trading, mana yang harus dipilih dulu?"

Berhubung indikator saham itu ada banyak sekali, mulai dari yang cara bacanya relatif mudah sampai rumit, maka untuk trader pemula, saya sarankan anda menggunakan indikator analisis teknikal yang PALING SERING DIGUNAKAN TRADER. 

Pelajari dulu, serta terapkan dalam trading indikator saham yang paling umum, karena indikator yang paling umum dan paling sering dipakai para trader, adalah indikator2 yang cenderung lebih mudah dianalisa, dan bisa dikombinasikan lebih bagus denan analisa2 teknikal lainnya. 

Ada 5 indikator saham yang saya sarankan untuk dipelajari terlebih dahulu bagi trader pemula. Anda bisa pelajari analisa-analisanya disini: 5 Indikator Teknikal Saham yang Sering Digunakan Trader.  

3. Analisa support resisten saham

Sebagai trader pemula, anda harus mampu untuk menentukan, menganalisa dan menarik garis support resisten saham. Support adalah batas bawah harga saham. Sedangkan resisten adalah batas atas harga saham. 

Inti dari chart saham adalah kemampuan anda untuk menentukan harga-harga yang penting, krusial, paling sering tersentuh, sehingga titik2 support resisten tersebut bisa anda gunakan untuk dasar trading anda. Hal ini bisa anda lakukan jika anda paham cara menentukan titik support resisten. 

Grafik saham analisis teknikal
Pada chart diatas, apa yang bisa anda analisa? Kalau tidak ada indikator maupun chart pattern di chart tersebut, maka untuk menentukan titik-titik harga pentingnya, anda harus menentukan support resistennya. 

But don't worry, menentukan support resisten saham, terutama basic-basicnya untuk pemula tidaklah sulit. 

Aplikatif untuk menentukan support dan resisten saham yang simpel untuk pemula, saya bahas pada pos berikut: Cara Menentukan Support Resisten yang Benar dan Cara Khusus Menentukan Support Resisten Saham. Anda bisa pelajari kembali, sehingga trader pemula bisa mengaplikasikan analisis teknikal lebih baik.  

Setidaknya ada tiga analisis teknikal saham yang perlu anda pahami untuk seorang pemula. Kalau anda sudah paham ketiganya, anda sudah memiliki basic membaca grafik harga saham, sehingga kedepan anda lebih mudah untuk mengembangkan analisa-analisa teknikal untuk praktik trading yang lebih mendalam.  

ANALISIS TEKNIKAL TINGKAT LANJUT - PRAKTIK TRADING 

Jika anda sudah banyak belajar dan mempraktikkan analisis-analisis teknikal dasar, barulah anda saya sarankan untuk mengembangkan pemahaman analisis teknikal lebih dalam, khususnya untuk praktik dan memilih saham bagus. 

Di dalam trading saham, anda harus bisa menggunakan kombinasi-kombinasi analisa teknikal yang simpel, sesuai dengan karakter trading anda untuk meraih profit maksimal. 

Analisis teknikal tingkat lanjut untuk praktik trading, bisa anda pelajari chart pattern, pola-pola candlestick, menentukan support-resisten lanjutan untuk trading, kombinasi2 analisa teknikal untuk memilih saham murah dan layak trading. 

Analisis teknikal untuk full praktik & strategi trading, juga bisa anda pelajari, serta terapkan disini: Ebook Saham Full Praktik Analisis Teknikal. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.