Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Beli Saham BRI

El Heze
Salah satu perusahaan perbankan terbesar di Indonesia adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Kita semua tahu nama besar Bank BRI, dan para pengguna (nasabah) BRI sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Fyi, bank BRI adalah bank dengan jumlah aset, ekuitas dan laba bersih yang paling tinggi di Indonesia. Yup, nilai aset bank BRI lebih besar daripada bank-bank besar Indonesia lain seperti Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN. 

Karena BRI sahamnya sudah melantai di Bursa Efek alias sudah go public, maka anda sebagai masyarakat memiliki kesempatan untuk membeli saham BRI. Bagaimana caranya? Berikut adalah panduan cara beli saham BRI

1. Sebelum beli saham, anda harus buka akun saham di kantor sekuritas

Perdagangan saham sekarang dilakukan melalui software online trading. Jadi kalau anda mau beli saham BRI, anda harus punya akun saham terlebih dahulu, di mana untuk memiliki akun trading saham (software online trading), anda harus buka akun di kantor sekuritas. 

Buka akun di kantor sekuritas bisa dilakukan secara online. Anda nggak harus datang ke kantor sekuritas. Disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula, saya sudah memberikan langkah2 membuka akun saham, beserta sekuritas rekomendasi yang bagus. Anda bisa download free ebooknya.

2. Anda bisa beli saham BRI melalui akun software trading. Caranya klik tombol Trade --> Buy  


Setelah itu muncul tampilan seperti dibawah ini:

Cara Beli Saham BRI
Untuk beli saham BRI, ketikkan kode saham bank BRI yaitu 'BBRI'. Kemudian muncul tampilan harga saham BBRI seperti diatas (perhatikan lingkaran orange). Itu adalah harga saham bank BRI pada saat itu, yaitu di harga best bid price (paling atas) 4.230 dan best offer price (offer paling atas) di 4.240. 

Jika anda mau beli saham BRI dan langsung mendapatkan sahamnya, anda bisa beli di harga 4.240. Namun jika anda ingin dapat di harga lebih murah, anda bisa beli di 4.230, 4.220 dan seterusnya, tetapi anda harus antri harga. 

Kalau anda belum paham tentang cara membaca bid-offer, anda bisa baca lagi pos saya disini: Permintaan dan Penawaran (Bid-Offer) di Pasar Saham - Part I.

Setelah itu ketikkan harga saham yang ingin anda beli, ketikkan jumlah lot yang ingin anda beli, lalu tekan 'Buy' (nomor 3). 

Fyi, 1 lot saham = 100 lembar. Jadi kalau anda beli saham BRI di harga 4.230 sebanyak 50 lot, maka uang yang harus anda keluarkan untuk membeli saham BRI adalah Rp4.230 x 50 lot x 100 lembar = Rp21.150.000. 

Anda bisa menambah atau mengurangi jumlah lot sesuai dengan modal yang anda miliki. minimal pembelian saham adalah 1 lot. 

3. Analisa grafik saham BRI

Sebelum membeli saham, anda harus menganalisa chart / saham BRI. Berikut adalah grafik saham BRI: 

Grafik Saham BRI
Tujuan menganalisa saham BRI adalah supaya anda bisa mendapatkan harga beli yang bagus. Terkait konsep dan praktik analisa teknikal, anda bisa terapkan strateginya disini: Buku Saham. 

Itulah panduan cara beli saham BRI. Semoga menjawab pertanyaan rekan-rekan semua. 

3 komentar:

  1. keuntungan kita punya saham dimana gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Capital gain (harga jual - harga beli). Misalnya anda beli saham BRI di harga 3.000 sebanyak 10 lot (1 lot = 100 lembar saham). Saham anda naik menjadi 3.200 dan anda jual saham BRI. Maka keuntungan anda adalah Rp200.000 (belum dikurangi fee sekuritas).

      2. Dividen. Untuk dapat dividen pilih perusahaan yang kinerjanya bagus, karena tidak semua perusahaan bagi dividen ke pemegang saham

      Delete
  2. Thank's blog ini membantu untuk yang baru belajar tapi jika boleh tanya berapa modal untuk masuk ke permainan saham ini ? Haruskah punya saldo puluhan juta dulu baru bisa tanam saham

    ReplyDelete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.