Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Pembayaran Dividen Saham

Anda yang ingin dapat dividen, maka anda harus memiliki saham sebelum tanggal ex date dividen. Dengan kata lain, anda harus membeli saham tepat maksimal di tanggal cum date-nya. Apabila anda beli saham di tanggal ex date, anda tidak berhak menerima dividen. 

Kalau anda belum paham istilah cum date dan ex date, anda bisa baca-baca lagi artikel saya disini: Arti dan Ilustrasi Pembagian Dividen. Banyak rekan-rekan trader pemula yang bertanya ke saya:

Bagaimana cara saya dapat dividen saham? Apakah saya harus menghubungi perusahaan atau sekuritas untuk bisa mendapatkan dividen? Dari mana saya tahu kalau saya sudah dapat dividen? Dimana saya bisa melihat nilai dividen yang dibayarkan?

Setiap informasi pembayaran dividen, pasti akan menyertakan tanggal cum date, ex date dan payment date. Misalnya tanggal payment date adalah tanggal 31 Mei, maka itu artinya tanggal 31 Mei dividen akan masuk ke rekening (akun) saham anda. 

Pembayaran dividen PASTI akan masuk secara otomatis dan menambah account balance anda. Jadi anda nggak perlu hubungi sekuritas, hubungi broker anda, hubungi perusahaan dan lain2. Dividen anda akan masuk saat tanggal payment date yang sudah ditentukan. 

Untuk anda yang mau mencari informasi pembayaran dividen, anda bisa cari infonya melalui pos yang saya tulis disini: Daftar dan Jadwal Pembagian Dividen. Kalau saya biasanya cari di situs Eddy Elly.  

Jam berapa dividen masuk rekening saham?

Jam masuk dividen ke rekening saham biasanya variatif. Kadang pukul 10.00 pagi, saham sudah masuk di account balance. Terkadang siang-sore hari baru masuk. Terkadang pukul 16.00-16.15 dividen baru masuk. 

Jadi kalau di tanggal payment date siang harinya anda masih belum menerima dividen, anda tidak perlu khawatir. Tunggu pukul 16.00-16.15, dividen pasti akan masuk ke rekening saham anda. 

Di mana bisa melihat nilai dividen yang anda terima?

Untuk melihat di mana nilai dividen anda anda dapatkan, anda bisa melihat melalui Account Summary di software anda masing2. Penerimaan dividen akan dianggap sebagai 'Deposit' karena menambah modal anda. Maka anda bisa cari di menu Deposit atau Today Deposit. 

Jika Today Deposit jumlahnya bertambah dan anda di hari itu nggak melakukan deposit (suntik modal), maka itulah dividen yang anda terima. Berikut contoh menu Today Deposit di Account Summary:

Today deposit biasanya bertambah sebesar nilai dividen yang anda terima saat payment date

Namun terkadang dividen yang anda terima tidak muncul di Today Deposit, tetapi langsung menambah Account Balance anda, langsung ditambahkan dengan modal trading anda yang ada saat itu. Nah, kalau anda mau melihat khusus berapa jumlah dividen yang anda terima, anda bisa cek melalui menu Transaction History atau Cash Transaction History.. 

Disitulah akan tertera nilai nominal dividen yang dibayarkan perusahaan ke account balance anda. Setiap software trading saham pasti menyediakan menu tersebut. 

Terus bagaimana caranya saya tahu apakah nominal dividen yang saya terima benar atau tidak? 

Nilai dividen yang anda terima jumlahnya sudah pasti benar, dan sudah dipotong pajak final. Fyi, pajak untuk dividen besarnya adalah 10% dari nilai dividen yang anda terima. 

Nah, kalau anda mau tahu berapa dividen yang akan dibayarkan ke anda, maka anda harus tahu dulu berapa dividend per share (DPS) yang akan dibagikan. Anda bisa cek melalui situs2 itu tadi. 

Katakanlah WIKA bagi dividen sebesar Rp49 per saham. Lalu anda punya saham WIKA sebanyak 125 lot. Maka nilai dividen yang anda terima nantinya adalah:

Rp49 x  125 lot x 100 lembar = Rp612.500 - 10% (pajak dividen final) = Rp551.250. Jumlah inilah yang akan dibayarkan ke akun rekening saham anda. 

Oke semoga pos ini cukup jelas untuk menjawab pertanyaan rekan-rekan tentang cara pembayaran dividen saham.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.