Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Daftar dan Jadwal Pembagian Dividen

Dividen adalah salah satu pembagian keuntungan perusahaan kepada investor / pemegang. Nah, anda yang sudah menjalankan trading, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan DIVIDEN. 

Bahkan mungkin anda dan mayoritas trader lain juga mencari saham2 yang rutin membagi dividen. Entah karena anda memang ingin mendapatkan dividen besar, atau anda mengincar kenaikan harga saham sebelum tanggal ex date dividen. Baca juga: Arti dan Ilustrasi Pembagian Dividen. 

Sebagian besar trader seringkali ketinggalan informasi mengenai jadwal pembagian dividen, sehingga trader yang ingin mendapatkan dividen, terlambat membeli saham. Terkadang ketika dividennya sudah masuk di ex-date atau sudah naik tinggi saat cum-date, trader baru mengetahui kalau perusahaan tersebut membagi dividen. 

Maka dari itu, bagi anda yang ingin mencari informasi tentang daftar dan jadwal pembagian dividen terupdate, sebenarnya ada beberapa situs yang menyediakan mengenai jadwal pembagian dividen yang selalu update. 

Yap, anda bisa mencarinya melalui situ RTI dan situs Eddy Elly. Berikut langkah2nya. 

Jadwal dividen melalui situs RTI   

1. Buka situs RTI.co.id

2. Pilih menu Calendar. Perhatikan tampilan dibawah ini 


3. Setelah itu anda pilih bagian Dividen. Perhatikan tampilan dibawah

Klik gambar untuk memperbesar

Anda bisa lihat jadwal pembagian dividen terupdate dan terbaru dari RTI, mulai dari nilai dividennya (Price), cum date, ex date hingga payment date. Sehingga, anda tidak terlambat mengetahui informasi pembagian dividen perusahaan. 

Jadwal dividen melalui situs Eddy Elly 

1. Buka situs eddyelly.com 

2. Pilih menu Jadwal Dividen, seperti dibawah ini


3. Kemudian anda bisa pilih jadwal dividen tahun yang terbaru. 

Di situ Eddy Elly ini jadwal dividennya juga update dan sangat lengkap, karena anda bisa melihat dividen per share perusahaan2 yang membagikan dividen mulai awal tahun hingga akhir tahun, dan juga tahun2 sebelumnya sehingga anda bisa melakukan analisa tentang naik-turunnya dividen perusahaan. 

Saya pribadi juga sering melihat informasi dividen tunai melalui situs Eddy Elly tersebut. Baca juga: Daftar Perusahaan yang Rutin Membagi Dividen. 

Itulah dua situs yang dapat anda jadikan referensi bagi anda yang ingin melihat jadwal dividen secara update. Informasi ini berguna terutama untuk anda para dividend seeker.

Sebagai informasi, biasanya musim dividen banyak dilakukan di bulan Maret sampai pertengahan tahun, karena di antara bulan2 tersebut, banyak perusahaan2 yang merilis laporan keuangan tahunan. 

Umumnya, dividen akan dibagikan setelah perusahaan rilis laporan tahunan tersebut. Jadi sering saja cek website2 tersebut untuk mengetahui update pembagian dividennya. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.